UEFA Nations League 2020

Jadwal UNL 2020 Liga A Grup 3: Portugal, Perancis, Swedia, Kroasia

Oleh: Wan Faizal - 1 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
UEFA Nations League (UNL) atau Liga Negara Eropa 2020 segera dimulai akhir pekan ini.
tirto.id - UEFA Nations League (UNL) atau Liga Negara Eropa 2020 segera dimulai akhir pekan ini. Persaingan menarik akan terjadi di Liga A yang dihuni mayoritas tim kuat. Utamanya di Grup 3 yang menjadi tempat berkumpulnya finalis Piala Dunia 2018 dan Piala Eropa 2016.

Perancis, Portugal, Kroasia, dan Swedia adalah para penghuni Liga A Grup 3. Perancis merupakan juara Piala Dunia 2018 sekaligus runner-up Piala Eropa 2016. Portugal berstatus sebagai juara bertahan UEFA Nations League dan kampiun Piala Eropa 2016. Sedangkan Kroasia hadir dengan predikat finalis Piala Dunia 2018.

Di partai pertama, Portugal akan berhadapan dengan Kroasia. Laga bakal digelar di Estadio Do Dragao pada Minggu (06/09/2020) pukul 01.45 WIB. Di waktu yang sama, Perancis bertandang ke Swedia dalam laga yang rencananya akan diadakan di Stadion Friends Arena.

Prediksi UNL 2020: Swedia vs Perancis

Tantangan besar tentu akan dihadapi oleh Swedia. Bisa dikatakan mereka adalah ‘bukan siapa-siapa’ di grup ini. Namun di sisi lain, berada di grup berat seperti ini akan menjadi kesempatan bagus bagi pelatih Janne Anderson dan skuadnya untuk membuktikan kemampuan mereka.

“Tidak ada tim yang buruk di Liga A, jadi kami sudah siap untuk berada satu grup dengan tim manapun. Kami akan menjalani enam pertandingan menantang dan menjajal kemampuan melawan tim terbaik di Eropa dan dunia,” kata Andersson di situs resmi UEFA.

Andersson memanggil para pemain terbaiknya jelang dua pertandingan pekan ini. Para pemain andalan seperti Victor Lindelof, Robin Olsen, Albin Ekdal, Dejan Kulusevski, dan Emil Forsberg semua masuk ke dalam tim yang dibawa oleh Andersson.

Sedangkan Perancis pun tak kalah bagus persiapannya. Meski tanpa Paul Pogba, namun Didier Deschamps masih punya barisan pemain terbaik di skuadnya. Belum lagi masuknya nama Eduardo Camavinga, gelandang 17 tahun yang digadang akan menjadi bintang Les Bleus berikutnya.


Perancis vs Kroasia: Ulangan Final Piala Dunia 2018

Satu hal yang menarik dari Grup 3 pekan ini adalah akan terjadinya ulangan Final Piala Dunia 2018. Perancis akan berhadapan dengan Kroasia di Stade de France, Rabu (09/09/2020) pukul 01.45 WIB.

Pertemuan keduanya dipastikan akan berjalan menarik. Terutama melihat bagaimana Kroasia bereaksi atas kekalahan di Moscow dua tahun lalu.

“Kami akan berhadapan dengan dua tim hebat. Dalam waktu tiga hari saja kami akan melawan juara Eropa dan juara dunia. Kami menaruh rasa hormat pada mereka. Tapi kami juga akan berusaha keras meraih kemenangan untuk memutus tren buruk saat berjumpa kedua tim tersebut,” kata pelatih Kroasia, Zlatko Dalic.

Tugas berat memang menanti Kroasia. Selain ingin membalas kekalahan tahun 2018 lalu, sebelumnya mereka akan berhadapan dengan Portugal, tim yang belum pernah mereka kalahkan selama ini. Dari catatan pertemuan, Kroasia kalah empat kali dan imbang sekali versus Seleccao.

Sedangkan di waktu yang sama dengan laga Perancis vs Kroasia, hadir juga laga yang tak kalah seru. Yakni ketika Swedia menjamu Portugal dalam laga yang akan dimainkan di Friends Arena.

Jadwal UEFA Nations League Liga A Grup 3

Minggu, 6 September 2020

01.45 WIB: Portugal vs Kroasia
01.45 WIB: Swedia vs Perancis

Rabu, 9 September 2020

01.45 WIB: Perancis vs Kroasia
01.45 WIB: Swedia vs Portugal

Baca juga artikel terkait JADWAL UNL 2020 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight