Jadwal TVRI Rabu 20 Mei 2020, Belajar di Rumah saat Libur Lebaran

Oleh: Yulaika Ramadhani - 20 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal TVRI Belajar dari Rumah, Rabu 20 Mei 2020
tirto.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah terdampak masa pandemi COVID-19 melalui Program Belajar dari Rumah.

Tayangan dalam Program Belajar dari Rumah meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan.

"Pembelajaran dalam Program Belajar dari Rumah ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi," tulis pihak Kemendikbud.

Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

"Tetap belajar dari rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan pakai masker agar kita mencegah penyebaran COVID-19," lanjutnya.

"Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat COVID-19,"
ujar Mendikbud Nadiem Makarim pada telekonferensi Peluncuran Program Belajar dari Rumah di Jakarta, pada Kamis (9/4/2020).

Jadwal TVRI Belajar dari Rumah, Rabu 20 Mei 2020

  • 08.00-08.30: Jalan Sesama: Klub Membaca Tantan (PAUD dan sederajat)
  • 08.30-09.00: Si Kumbi Anak Jujur: Sayap Kecil Remi & Bermain Bola (SD Kelas 1-3 dan sederajat)
  • 09.00-09.30: Anti-Corruption Film Festival: Zhafran & Dompet Imajinasi (SD Kelas 4-6 dan sederajat)
  • 09.30-10.00: Festival Film Edukasi: Pancawasikta - Salam (SMP dan sederajat)
  • 10.00-10.30: Blogger Putih Abu-abu: Laris Manis Bisnis Sandal (SMA dan sederajat)
  • 10.30-11.00: Keluarga Indonesia: Saat Bencana Latih Anak Tanggap Bencana, Tas Siaga Bencana, Isinya Apa Saja, Ya? (Orang tua dan guru)
  • 19.00-21.00: Film Nasional Musik dari Pesisir

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama mengisi libur sekolah dengan program edukasi penguatan karakter. Kerja sama ini dilakukan KPK dan Kemendikbud melalui program Belajar dari Rumah di TVRI yang merupakan inisiatif Kemendikbud.

Setiap Senin-Jumat tanggal 18-29 Mei 2020, fillm-film KPK yang ditayangkan akan membuat anak sekolah tetap teredukasi dan terhibur selama libur Idulfitri.

“KPK dan Kemendikbud menginginkan selama masa liburan, apalagi masa pandemi, anak-anak tetap mendapat tayangan yang menghibur sekaligus mendidik. Belajar antikorupsi bisa dilakukan dengan senang dan gembira, sambil nonton film dan bermain," kata Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono.


Selain materi pembelajaran untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga pendidikan menengah, Belajar dari Rumah juga menayangkan materi bimbingan untuk orang tua dan guru. Serta program kebudayaan di akhir pekan, yakni setiap Sabtu dan Minggu.

Materi program diambil dari berbagai sumber. Sebagian besar materi sudah diproduksi Kemendikbud melalui Televisi Edukasi (TVE) maupun produksi dari pihak Dicontohkan sumber materi dari luar Kemendikbud, yakni Jalan Sesama untuk jenjang PAUD.

Terkait hal ini Kemendikbud merilis Panduan Pembelajaran minggu ke-3 April 2020. Panduan ini berisi Jadwal Pembelajaran dari PAUD hingga SMA dan sederajat, agenda acara program parenting setiap harinya, sampai dengan daftar pertanyaan yang diajukan setiap program.


Baca juga artikel terkait JADWAL TVRI atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH
DarkLight