Piala AFF U-18 2019

Jadwal Timnas Indonesia U-18 vs Myanmar: Penentuan Juara Grup A

Oleh: Wan Faizal - 12 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal Timnas Indonesia U-18 vs Myanmar di Piala AFF U-18 2019 pada Rabu (14/8/2019) pukul 15.30 WIB.
tirto.id - Jadwal Timnas Indonesia U-18 vs Myanmar akan digelar di Stadion Thong Nhat pada Rabu (14/8/2019) pukul 15.30 WIB. Laga ini bisa menjadi kesempatan bagus bagi anak asuh Fakhri Husaini untuk mengakhiri fase Grup A Piala AFF U-19 2019 dengan lima kemenangan dari lima pertandingan yang dijalani.

Dalam sejarah partisipasinya di Piala AFF U-18 atau U-19, Timnas U-18 memang belum pernah sekali saja melakukan sapu bersih alias meraih kemenangan di semua laga fase grup. Bahkan saat menjadi juara pada 2013 lalu, Indonesia pernah sekali kalah di babak grup yakni saat berjumpa Vietnam.

Tahun lalu ketika bermain di kandang sendiri, Indonesia hanya menjadi runner-up grup setelah kalah bersaing dari Thailand. Satu-satunya kekalahan yang mereka derita saat itu adalah ketika berjumpa Thailand di laga terakhir fase grup. Sebuah kekalahan yang pada akhirnya gagal membuat Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan menjadi juara grup.

Begitu juga pada turnamen setahun sebelumnya, tepatnya pada 2017 di Myanmar. Meski berhasil menjadi juara grup, namun skuad asuhan Indra Sjafri saat itu sempat menelan satu kekalahan melawan Vietnam. Bahkan saat itu, skuad Garuda Nusantara harus rela dibantai dengan skor 0-3.

Tahun 2016, Indonesia yang berada di Grup B bersama Thailand, Australia, Myanmar, Kamboja, dan Laos harus rela tidak lolos dari babak grup. Tiga kekalahan diderita saat itu oleh anak asuh Eduard Tjong yakni melawan Myanmar, Thailand, dan Australia. Meski di dua laga terakhir bisa mengalahkan Kamboja dan Laos, hal itu tetap tak mampu menyelamatkan Indonesia.



Pencapaian tak kalah buruknya terjadi pada 2014. Tim asuhan Rudolf Nere saat itu berada satu grup dengan Myanmar dan Thailand saja ketika Piala AFF U-18 hanya diikuti enam tim. Sayangnya, Indonesia gagal berbicara banyak setelah dibantai Thailand 2-6 dan ditumbangkan Myanmar 3-0 untuk menjadi juru kunci grup.

Pencapaian di empat turnamen sebelumnya pun sama saja. Tak ada catatan sapu bersih kemenangan ketika bermain di babak grup. Tahun 2011, Indonesia menelan dua kekalahan atas Vietnam dan Myanmar yang menjadi faktor terbesar mereka gagal lolos dari babak grup.

Sementara tahun 2005, ada satu kekalahan yang diderita berbanding dua kekalahan di 2003. Satu lagi, ada tiga kekalahan saat mengikuti turnamen ini untuk pertama kalinya pada 2002 lalu.

Berbagai catatan yang tidak terlalu bagus tersebut tentu akan coba dihapus sejarahnya oleh generasi saat ini. Skuad Fakhri Husaini sedang dihuni para pemain dengan kualitas jempolan yang difavoritkan untuk membalas segala dendam atas Myanmar dan memastikan diri menjadi juara Grup A.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-18 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Wan Faizal
DarkLight