Piala AFF U-18 2019

Hasil Timnas Indonesia U-18 vs Laos Skor Akhir 2-1, Lolos Semifinal

Oleh: Beni Jo - 12 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Timnas Indonesia U-18 vs Laos berakhir dengan skor 2-1. Meski sempat tertinggal, Garuda Nusantara berhasil membalikkan kedudukan lewat Bagus Kahfi dan bunuh diri Anoulack Vannalath.
tirto.id - Hasil pertandingan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-18 vs Laos dalam gelaran Piala AFF U-18 2019 berakhir dengan skor 2-1. Sempat kebobolan lewat gol Alounnay Lounlasy menit ke-69, kemenangan Garuda ditentukan oleh gol Bagus Kahfi menit ke-72 dan bunuh diri Anoulack Vannalath pada injury time yang berawal dari umpan Bagas Kaffa.

Bermain di Stadion Thong Nhat pada Senin (12/8/2019), Timnas Indonesia U-18 sukses meraih kemenangan keempat beruntun di Piala AFF U-18 2019. Dengan demikian, pasukan Fakhri Husaini kini mengoleksi 12 poin, dan ada di puncak klasemen Grup A. Mereka otomatis lolos ke semifinal, karena perolehan poin Garuda tidak dapat dikejar lagi oleh Laos atau Timor Leste.

Pada babak pertama menghadapi Laos, Timnas U-18 tidak mampu membobol gawang lawan. Indonesia hanya bisa beberapa kali mampu menciptakan peluang emas, tetapi penyelesaian akhir tidak memadai. Sebaliknya, Laos yang cukup sukses menahan gempuran, juga sempat memberikan tekanan pada ujung paruh pertama.

Memasuki babak kedua, Indonesia langsung tampil menekan. Amiruddin Bagus Kahfi melepaskan tembakan pada menit awal. Namun, bola masih melayang di atas mistar gawang.

Beberapa menit kemudian, Garuda Nusantara mendapatkan hadiah tendangan bebas. Bola eksekusi Beckham Putra Nugraha yang menuju ke mulut gawang, masih saja bisa ditangkap oleh Solasak Thilavong, kiper Laos.

Laos tidak kalah mengancam. Striker mereka, Chony Wenpaseth melepaskan tembakan on target yang bisa ditangkap oleh Ernando Ari Sutaryadi.

Bagus Kahfi yang terus melakukan akselerasi, juga mampu menciptakan kemelut di area penalti. Namun, usahanya kembali gagal membobol gawang Solasak.



Terus melakukan serangan, Indonesia justru kebobolan terlebih dahulu. Alounnay Lounlasy mendapatkan umpan di luar kotak 16. Sempat mengecoh pemain Timnas, dirinya melesakkan tendangan jarak jauh yang mampu menjebol gawang Ernando pada menit ke-69. Skor 0-1 untuk keunggulan Laos.

Indonesia tidak butuh waktu lama guna menyamakan kedudukan. Berawal dari bola yang ditahan oleh Sutan Zico di dalam area penalti, Bagus Kahfi mengambil bola. Penyerang bernomor punggung 20 itu melepaskan tembakan hingga tercipta gol. Kedudukan menjadi imbang 1-1 pada menit ke-72.

Pada injury time, timnas Indonesia akhirnya mampu membalikkan keadaan. Amiruddin Bagas Kaffa menyisir sisi kanan dan melepaskan umpan ke depan mulut gawang. Bola sempat menyentuh Bagus Kahfi dan jatuh di kaki Anoulack Vannalath. Namun, bola memantul dan justru masuk ke gawang Laos. Skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Garuda Nusantara.

Hingga babak kedua berakhir, tidak tercipta gol tambahan. Skor 2-1 menutup laga untuk kemenangan Indonesia U-18 atas Laos.

Pencetak Gol: Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri '72, Anoulack Vannalath '90+1, bunuh diri (Indonesia) / Alounnay Lounlasy '69 (Laos)

Daftar Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-18 (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi; Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi, Riski Ridho Ramadhani, Alfeandra Dewangga, Muhammad Salman Alfarid; Brylian Negiehta Dwiki Aldama, David Maulana, Braif Fatari; Mochammad Supriadi, Sutan Diego Armandoondriano Zico, Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri.

Cadangan: Muhammad Risky Sudirman, Muhammad Adisatryo, Komang Teguh Trisnanda, Bayu Mohamad Fiqri, Beckham Putra Nugraha, Muhammad Fajar Fathurrahman, Mochammad Yudha Febrian, Muhammad Fadhil Adhitya Akshah, Theo Fillo Da Costa Numberi, Khairul Imam Zakiri, Rendy Juliansyah, Saddam Emiruddin Gaffar

Laos U-18 (4-4-2): Solasak Thilavong; Khamsanga Phimmansone, Anoulack Vannalath, Saleunxay Phommavong, Channichone Chanthavong; Thanouthong Kietnalonglop, Bounmy Pinkeo, Phouvieng Phounsavath, Alounnay Lounlasy; Akkhom Thoranin, Chony Wenpaseth.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-18 2019 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Beni Jo
DarkLight