tirto.id - Universitas Tidar (UNTIDAR) membuka jalur pendaftaran Seleksi Mandiri 2021 dari tanggal 7 Juni hingga 7 Juli. Sementara tes seleksinya dilaksanakan pada tanggal 14 hingga 18 Juli 2021.
Seleksi Mandiri Ujian Tertulis Universitas Tidar (SMUT-UNTIDAR) adalah penerimaan mahasiswa baru secara mandiri dengan jalur ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UNTIDAR.
SMUT-UNTIDAR ditujukan untuk menjaring calon mahasiswabaru yang mempunyai kualitas akademik baik sehingga calon mahasiswa mampu menyelesaikan studi tepat waktu.
Seleksi ini diperuntukkan bagi program pendidikan Sarjana dan Diploma UNTIDAR. Naskah soal ujian tertulis SMUT-UNTIDAR adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).
Menurut laman resmi Untidar, persyaratan untuk mendaftar dalam Seleksi Mandiri 2021, yaitu:
- Memiliki Ijazah Lulusan SMA, MA, SMK, MAK atau yang setara pada tahun 2019, 2020, dan 2021.
- Bagi lulusan tahun 2021 yang belum memiliki Ijazah, wajib melampirkan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas foto yang bersangkutan dan dicap.
- Lulusan paket C dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus (SKL) dan fotokopi rapor 3 (tiga) tahun terakhir.
- Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar di UNTIDAR (khusus kelompok program studi Saintek tidak buta warna).
Jadwal pendaftaran Seleksi Mandiri Untidar
1. Pendaftaran Online: 7 Juni – 7 Juli 2021
2. Pelaksanaan Ujian: 14 – 18 Juli 2021
3. Pengumuman Hasil Ujian: 22 Juli 2021
4. Registrasi Online : 26 – 30 Juli 2021
Tata cara pendaftaran
1. Pendaftaran dilakukan secara online dengan pengisian formulir pendaftaran pada laman https://smart.untidar.ac.id
2. Peserta mencetak kartu pembayaran.
3. Peserta membayar biaya pendaftaran melalui Bank Jateng atau Bank BTN non Syariah. Panduan pembayaran KLIK DISINI gunakan kode pembayaran sebagai ganti NIM/No Pendaftaran.
4. Peserta login pada laman https://smart.untidar.ac.id dan mengisi data pendaftar.
5. Calon peserta harus menyiapkan file foto/scan :
- Bukti Pembayaran
- Kartu Identitas (KTP/SIM) yang berlaku
- Ijazah/tanda lulus atau Surat Keterangan Lulus (SKL)
- Pas foto resmi (terbaru) bewarna
6. Peserta mengisi biodata pribadi, dan program studi yang dipilih. Semua informasi yang diisikan dalam borang/formulir ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang/formulir ini berakibat pembatalan penerimaan peserta.
7. Pada kartu tanda peserta ujian tercantum nomor pendaftaran (sebagai nomor ujian), nama peserta, program studi yang dipilih, dan jadwal ujian.
8. Peserta menyimpan file kartu tanda peserta seleksi dan dicetak sebanyak 1 lembar.
9. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut. Kartu ini harus disimpan dengan baik. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa ketika mengikuti ujian dan ketika peserta dinyatakan lulus untuk registrasi mahasiswa baru.
10. Lokasi dan ruang ujian peserta akan diumumkan pada tanggal 12-13 Juli 2021.
11. Perlengkapan yang harus dibawa saat ujian:
- Kartu tanda peserta ujian dan fotokopi ijazah yang telah dilegalisir, bagi peserta lulusan Tahun 2019 dan 2020
- Kartu tanda peserta ujian dan Surat Keterangan Lulus (SKL) bagi peserta lulus tahun 2021
12. Peserta diwajibkan patuh pada protokol Kesehatan COVID-19.
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Yandri Daniel Damaledo