Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Tanjungpinang Hari Ini

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 17 Mei 2018
Masjid agung Tanjungpinang, Masjid Al-Hikmah dibangun dengan cara menjual botol bekas untuk membeli material bangunannya.
tirto.id - Tanjungpinang adalah ibu kota Provinsi Kepulauan Riau yang terletak di Pulau Bintan. Pulau Penyengat jadi salah satu ikon pariwisata yang membuat Tanjungpinang dikenal dunia. Berpenduduk sekitar 204 ribu jiwa, dengan mayoritas penduduk atau 70 persennya memeluk agama Islam.

Saat Ramadan, di Pulau Penyengat diadakan Tahlil Jamak atau Kenduri Ruah yang rutin dilakukan masyarakat menyambut bulan suci Ramadan. Kenduri Ruah yang tepatnya dilakukan pada bulan Syaban jelang Ramadan tersebut memiliki keistimewaan berupa doa kebaikan yang diberikan anak kepada almarhum orang tuanya atau sesama muslim yang lebih dulu meninggalkan dunia.

Terdapat masjid dengan proses pembangunan yang cukup mengesankan di Tanjungpinang, yaitu Masjid Agung Al-Hikmah. Dalam pembangunannya, jemaah masjid mengumpulkan botol minuman untuk membeli material. Botol itu kemudian dijual ke Singapura dan hasilnya penjualannya digunakan untuk membangun 8 tiang besar yang ada di masjid agung saat ini.

Masjid ini didirikan pada tahun 1956 oleh masyarakat suku Keling (India), sehingga dulunya masjid ini lebih di kenal dengan nama Masjid Keling. Tahun 1965 Masjid ini mengalami perubahan dari bangunan fisiknya yang dulu bangunan panggung menjadi bangunan permanen.

Bagi masyarakat Tanjungpinang yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Magrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.

Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH 2018 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
a