Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Demak Hari Ini

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 17 Mei 2018
Masjid Agung Demak yang didirikan Raden Pateh dipercaya pernah menjadi tempat berkumpulnya Walisongo.
tirto.id - Demak adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berpenduduk sekitar 1 juta jiwa. Demak memiliki beberapa julukan, di antaranya Kota Wali, Kota Belimbing, Kota Jambu, dan Kota Beramal.

Demak menjadi tempat yang pernah ditinggali Walisongo, para ulama yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Mereka tinggal di tiga wilayah penting pantai utara Pulau Jawa, yaitu Surabaya-Gresik-Lamongan-Tuban di Jawa Timur, Demak-Kudus-Muria di Jawa Tengah, dan Cirebon di Jawa Barat.

Terdapat sejumlah peninggalan yang menjadi jejak sejarah perkembangan Islam di Demak, yaitu Masjid Agung Demak, Masjid Kadilangu, Makam Sunan Kalijaga, dan makam-makam raja Demak lainnya yang menjadi magnet umat Islam untuk berziarah di Demak.

Masjid Agung Demak dipercaya pernah menjadi tempat berkumpulnya Walisongo. Pendiri masjid ini konon adalah Raden Patah, yaitu raja pertama dari Kesultanan Demak sekitar abad ke-15 Masehi.

Masyarakat Demak mempunyai tradisi Megengan untuk menyambut Ramadan. Dalam ritual ini sejumlah acara kesenian rakyat ditampilkan, seperti tari zippin khas pesisir, sendratari Haryo Penangsang Mbalelo, dan sendratari Suko-suko megengan.

Megengan dalam bahasa Jawa bermakna menahan. Artinya, sebagai suatu peringatan memasuki bulan Ramadan, di mana umat Islam diwajibkan untuk berpuasa.Selain hiburan kesenian rakyat, dalam acara megengan juga digelar aneka kuliner tradisional.

Bagi masyarakat Demak yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Magrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.

Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
a