Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Banyuwangi Hari Ini

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 17 Mei 2018
Masyarakat Banyuwangi punya tradisi Resik Lawon jelang Ramadan.
tirto.id - Kabupaten Banyuwangi adalah kabupaten di Provinsi Jawa Timur dan terletak di ujung paling timur Pulau Jawa. Kabupaten ini merupakan yang terluas di Jawa Timur sekaligus menjadi yang terluas di Pulau Jawa.

Di pesisir Kabupaten Banyuwangi, terdapat Pelabuhan Ketapang, yang merupakan perhubungan utama antara pulau Jawa dengan pulau Bali (Pelabuhan Gilimanuk). Kabupaten ini berpenduduk sekitar 1,6 juta jiwa berdasarkan survei pada 2016.

Jelang Ramadan, masyarakat Banyuwangi melakukan tradisi turun temurun yaitu Resik Lawon, yaitu mencuci dan mengganti kain kafan penutup petilasan Ki Buyut Cungking yang memiliki panjang mencapai 110,75 meter.

Konon, Buyut Cungking adalah orang sakti dan penasehat Prabu Tawangalun pada masa kerajaan Blambangan sebagai cikal bakal Kabupaten Banyuwangi.

Selain itu, Pemkab Banyuwangi juga mengadakan agenda unik saat Ramadan. Misalnya tahun lalu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengajak seluruh warganya untuk menyenangkan orang tua.

Bagi masyarakat Banyuwangi yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Magrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.


Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
a