iPhone 12: Bocoran Harga & Spesifikasi, Cara Nonton Peluncurannya

Oleh: Ibnu Azis - 13 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Live streaming peluncuran iPhone 12 bisa disaksikan di situs web Apple dan YouTube. Diduga kuat jajaran iPhone 12 meluncur dalam 4 versi.
tirto.id - Apple akan menggelar "Apple Event" di Apple Park yang dapat disaksikan secara live streaming pada Rabu (14/10/2020) pukul 00.00 WIB. Dihelat di Apple Park, California, AS, acara ini diduga kuat sebagai panggung kelahiran jajaran iPhone 12.

Apple memang tak menebar aneka teaser jelang pengumuman iPhone 12. Meski begitu, bocoran harga dan spesifikasi jajaran iPhone 12 telah santer terdengar sepekan terakhir. Diprediksi, Apple bakal mengumumkan lebih dari satu versi.

Sebagaimana dirangkum dari laman The Verge, Selasa (13/10/2020), Apple disebut telah menyiapkan empat versi iPhone 12, yaitu iPhone 12 reguler, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max. Dilaporkan pula bahwa iPhone 12 akan menjadi seri iPhone pertama yang mendukung jaringan 5G.

Pada layar, seri iPhone 12 diduga kuat tidak mengalami perubahan besar terkait desain, yang diprediksi masih tersemat notch. Terkait diagonal panel, iPhone 12 Mini disebut berukuran paling kecil dengan layar 5,4 inci, sedangkan versi Max berukuran 6,7 inci. Layar seri iPhone 12 juga masih pakai tipe OLED.


Masih dari layar, laman Macrumors mengutip analis Ming-Chi Kuo melaporkan, panel iPhone 12 diprediksi tidak mendukung refresh rate 120Hz. Pertimbangannya lantaran konsumsi baterai. Ini bisa jadi nilai minus lantaran kompetitornya, seri Galaxy S20, misalnya, sudah mengadopsi fitur panel yang kondang di kalangan gamer itu.

Untuk kamera, tak banyak informasi yang bisa digali, bagaimana Apple akan memanjakan pengguna iPhone 12 terkait kebutuhan fotografi. Namun ada fitur besar terkait itu yang disebut bakal hadir di jajaran iPhone 12 yaitu LiDAR (Light Detection and Range).

Fitur LiDAR telah ada di iPad Pro 2020 yang berfungsi untuk menilai kedalaman dan jarak mode potret serta pengalaman augmented reality. Meski begitu, LiDAR disebut tak tersedia pada semua jajaran iPhone 12 melainkan versi Pro saja, sebagaimana dilaporkan Bloomberg.

Belum banyak diketahui soal chipset yang tertanam di seri iPhone 12, tapi jika seturut tradisi, iPhone generasi terbaru semestinya menggunakan prosesor yang lebih gegas.

Diduga kuat, Apple bakal membekali seri iPhone 12 dengan chipset A14 Bionic yang sudah tertanam di iPad Air (2020). Sementara pendahulunya, jajaran iPhone 11, masih menggunakan chipset A13 Bionic.


Meski iPhone 12 akan menjadi seri iPhone pertama yang mendukung jaringan 5G, GSM Arena menyebut dukungan teknologi jaringan paling mutakhir itu kemungkinan besar baru tersedia di AS. Diperkirakan pula hanya tertanam pada versi Pro, bisa jadi cuma Pro Max.

Terkait harga, jajaran iPhone 12 disebut dibanderol mulai 649 dolar AS untuk seri termurah, iPhone 12 Mini (64GB), sedangkang paling mahal yaitu iPhone 12 Pro Max (512GB), seharga 1.399 dolar AS. Untuk versi Pro varian terendah mulai 12GB, sedangkan versi reguler varian tertinggi mentok 256GB.

Apple hingga hari ini tak banyak bersuara soal kehadiran generasi terbaru iPhone andalannya. Harga dan spesifikasi lengkap serta ketersediannya pun bakal diumumkan saat "Apple Event" berlangsung.

Adapun acara peluncuran jajaran iPhone 12 dapat disaksikan secara live streaming melalui situs web resmi Apple via tautan ini. "Apple Event" juga disiarkan melalui laman Apple di YouTube pada tautan ini. Acara tersebut dimulai tepat pukul 00.00 WIB nanti malam.


Baca juga artikel terkait IPHONE 12 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight