Indonesian Idol 2019 dan ke Mana Para Juara dari Masa ke Masa Itu?

Oleh: Alexander Haryanto - 15 Oktober 2019
Dibaca Normal 3 menit
Bagaimana karier para juara Indonesian Idol yang sudah ada sejak 2004 ini?
tirto.id - Sepanjang sejarah ajang pencari bakat di tanah air, Indonesian Idol bisa terbilang awet dan bertahan lama. Untuk tahun ini, acara tersebut digelar sejak 7 Oktober 2019 dan ditayangkan langsung di stasiun televisi RCTI, dengan jadwal setiap hari Senin sampai Selasa setiap pukul 21.00 WIB.

Ketika industri televisi sedang jaya-jayanya, ditambah belum banyaknya hiburan seperti saat ini, kehadiran Indonesian Idol pernah disambut bak primadona. Dalam waktu yang sangat singkat, finalis yang masuk 10 besar bisa cepat menjadi idola hingga memiliki banyak penggemar.

Tapi ketika para finalis itu tersingkir dari gemerlap dan megahnya panggung--bahkan ketika acara itu selesai digelar--sorotan media yang mengarah kepada mereka meredup dengan drastis. Para finalis itu harus kembali bertarung dalam kejamnya industri hiburan, hingga menyisihkan sedikit orang yang benar-benar mampu bertahan. Lantas bagaimana karier para pemenang usai tak lagi di Indonesian Idol?

1. Joy Tobing dan Delon


Indonesian Idol dimulai sejak tahun 2004, yang kala itu dimenangkan Joy Destiny Tobing, sementara urutan kedua adalah Delon Thamrin. Karier Joy Tobing sendiri tidak terlalu cemerlang, setelah lama tak tersiar kabar, baru-baru ini masuk dalam jajaran finalis ajang pencarian bakat Golden Memories Asia Indonesia, yang melibatkan 24 penyanyi dari 6 negara.

Sementara Delon juga demikian, ia berbelok ke lagu-lagu religi dengan mengeluarkan "Aku Ingin Kembali". Atas lagu ini, nama Delon masuk dalam daftar nominasi Anugrah Musik Indonesia (AMI Award) 2019 dalam kategori Karya Produksi Lagu Berlirik Spiritual Nasrani Terbaik.

2. Mike dan Judika


Pada musim kedua Indonesian Idol 2005, pemenangnya Mike Mohede dan Judika. Kedua nama ini cukup mencuat dalam industri musik. Mike, sebelum meninggal dunia pada 2016 lalu, sempat diundang secara spesial oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk bernyanyi di acara 40 tahun pernikahannya. Sebab, menurut SBY, Mike adalah salah satu penyanyi favoritnya.

Namun, dari sekian banyak kontestan Indonesian Idol, yang paling moncer adalah Judika. Berkat lagu-lagu hitsnya serta ditambah dengan kemampuan bernyanyinya, Judika bahkan mampu duduk sejejer di kursi juri ajang pencari bakat bersama musisi-musisi senior lainnya. Tahun ini, Judika juga dipercaya menjadi salah satu juri Indonesian Idol 2019.

3. Ihsan dan Dirly


Tahun ketiga penyelenggaraannya, Indonesian Idol 2006 memberikan tiket pemenang kepada Ihsan Tarore dan Dirly Sompie sebagai juara dua. Namun, nama kedua pemenang ini juga kurang harum di industri musik.


Ihsan sendiri pernah naik berkat single lagunya berjudul "Bunga (Karena Aku Lelaki)", yang dirilis pada 2009 lalu. Meski tak secemerlang dulu. Sampai saat ini ia masih mengeluarkan lagu yang dirilis tiga minggu lalu berjudul "Cobalah Bertahan".

Meski pernah melambung berkat singlenya berjudul "Sampai ke Ujung Dunia" (2009), nama Dirly juga tidak terlalu tenar di industri musik. Kabar terakhir darinya adalah ia berbelok menjadi bermain di film Kurindu Natal Keluarga (KNK). Ia juga pernah mencalonkan diri sebagai calon legislatif lewat Perindo di dapil Sulawesi Utara.

4. Rinni dan Wilson


Pemenang Indonesian Idol 2007 adalah Rinni Wulandari dan Wilson Maiseka sebagai runner up. Nama keduanya juga tidak terlalu moncer. Namun, baru-baru ini Rinni mengeluarkan single lagu berjudul "Crazy Over You". Single ini membuatnya masuk dalam nominasi AMI Award 2019 sebagai Artis Solo Pria/Wanita Soul/R&B Terbaik.

Sementara kabar buruk datang dari Wilson Maiseka. Ia sempat berurusan dengan polisi karena tersangkut kasus dengan seorang gadis berinisial AG pada 2010 lalu. Ia terakhir kali mengeluarkan single pada tahun 2014 lalu berjudul "Cerita Kita".

5. Aris dan Gisella


Aris Runtuwene adalah pemenang Indonesian Idol 2008 dan pemenang kedua adalah Gisella Anastasia. Langkah Aris yang berhasil memenangkan ajang pencari bakat itu cukup menarik karena ia memulainya dari seorang pengamen. Namun, kini kariernya meredup, bahkan sempat ditangkap polisi terkait penyalahgunaan narkoba pada Januari 2019 lalu.


Berbeda dengan Aris, karier Gisel justru menanjak. Meski tak harum-harum amat di dunia musik, nama Gisel kerap menjadi pembicaraan di media, mulai perceraiannya dengan Gading Marten, hingga tentang berbagai aktivitas yang ia lakukan. Gisel juga pernah menjadi penyanyi latar untuk acara Opera Van Java.

6. Igo dan Citra


Sempat vakum dua tahun, Indonesian Idol kembali digelar pada 2010. Ajang itu memenangkan Igo Pentury dan Citra Scholastika. Karier keduanya juga bisa dibilang tak terlalu sukses. Meski demikian, keduanya tetap merilis lagu. Sekitar September 2019 lalu, Igo merilis lagu berjudul "Hancur". Sementara Citra juga demikian, meski ia baru saja merilis lagu religi berjudul "SertaMu".

7. Regina dan Kamasean


Digelar kembali pada 2012, Indonesian Idol dimenangkan dua kontestan, yakni Regina Ivanova dan Kamasean Matthews. Meski kariernya tak seterang dulu, Regina tetap merilis lagu, terakhir ia mengeluarkan lagu berjudul "Cerita Baru".

Sebenarnya, lagu Kamasean berjudul "I Will Wait" yang baru saja ia rilis cukup bagus dan berbeda dari lagu-lagu yang pernah dirilis oleh mantan pemenang Idol lainnya. Tapi, entah kenapa lagu ini kurang mendapat sambutan hangat, padahal bagus dari sisi kualitas.

8. Nowela dan Husein



Indonesian Idol 2014 dimenangkan oleh Nowela Elizabeth Auparay dan Husein Alatas. Karier Nowela sendiri tidak terlalu cemerlang, ia juga terakhir kali merilis lagu pada tahun lalu berjudul "Memilikimu adalah Segalanya". Sementara karier Husein juga demikian, ia sempat merilis lagu sekitar tiga tahun lalu berjudul "Menangis Tanpa Air Mata".

9. Maria dan Abdul

Vakum empat tahun, Indonesian Idol kembali lagi di tahun 2018, dengan Maria Simorangkir sebagai pemenang utama dan Ahmad Abdul juara kedua. Karier Maria juga tak terlalu memukau, ia pernah mengeluarkan single lagu "Yakin Bahagia" pada 2018 lalu. Sementara Abdul justru mendapat tempat yang lumayan baik. Lagunya berjudul "Coming Home" cukup mendapat sambutan hangat.


Baca juga artikel terkait INDONESIAN IDOL atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight