tirto.id - Indonesia berhasil menarik perhatian banyak warga negara Kroasia dalam Place2Go, pameran pariwisata terbesar Kroasia, dan terpilih sebagai The Best Country Visual Representation, dalam keikutsertaannya untuk pertama kali pada pameran tersebut.
"Promosi ini kami lakukan untuk meningkatkan jumlah turis ke Indonesia, khususnya dari Kroasia dan dari kawasan Eropa Tenggara pada umumnya,” kata Widjoseno Sastroamidjojo, Konselor Ekonomi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Zagreb, dalam keterangan tertulis yang diterima oleh kantor berita Antara di Jakarta, Senin, (21/3/2016),
Pernyataan Widjoseno tersebut didukung oleh Duta Besar RI untuk Republik Kroasia Alexander Litaay yang mengatakan bahwa dengan penghargaan ini, diharapkan warga Kroasia lebih mengenal Indonesia dan potensi daerah tujuan wisatanya.
Ia menyatakan KBRI Zagreb siap mendukung program pemerintah RI untuk mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada 2019.
Pesona wisata Indonesia dalam pameran itu diwakili oleh beberapa agen perjalanan dan hotel. Ikut serta pula agen perjalanan asal Kroasia yang menjual paket-paket wisata ke Tanah Air. Pameran berlangsung di Kota Zagreb, pada 18-20 Maret 2016.
Menurut Alexander, dengan populasi penduduk berjumlah sekitar 4,2 juta jiwa, Kroasia mampu mendatangkan lebih dari 12 juta wisatawan setiap tahunnya. Ia mengatakan jumlah ini merupakan target pasar potensial yang dapat dijaring Indonesia.
Selain mempromosikan paket wisata, KBRI Zagreb yang bekerjasama dengan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Budapest juga mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia seperti kopi, gula kelapa organik, dan air kelapa kemasan. Stand Indonesia juga memperkenalkan beberapa makanan ringan khas Indonesia.
Selama pameran, pengunjung stand Indonesia dihibur dengan tarian tradisional dan hiburan interaktif lainnya.
Agar wisata Indonesia semakin dikenal, KBRI Zagreb secara khusus telah mengadakan workshop di salah satu hotel di Kota Zagreb, bertemakan Wonderful Indonesia. Acara tersebut dihadiri oleh 29 agen perjalanan asal Kroasia. Setelah acara workshop usai, acara dilanjutkan dengan Business to Business Meeting dan Networking.
Selain itu, KBRI juga juga melakukan dua kali presentasi mengenai pariwisata Indonesia, yaitu di panggung utama Place2Go dan dalam acara Cocktail Reception dengan media dan agen perjalanan asal Kroasia.
"Diharapkan pada tahun 2016 akan terjadi kenaikan yang cukup signifikan sejalan dengan mulai kembali tumbuhnya perekonomian Kroasia dan telah bebasnya visa kunjungan wisata ke Indonesia,” kata Widjoseno pasca promosi. (ANT)