Semifinal Piala AFC U-20 2019

Hasil Timnas Indonesia vs Afghanistan Skor 0-1 di Babak Pertama

Oleh: Fitra Firdaus - 20 Juni 2019
Hasil Timnas Futsal Indonesia vs Afghanistan di babak pertama semifinal Piala AFC U-20 2019 masih dalam skor 0-1.
tirto.id - Tim nasional (Timnas) futsal Indonesia U-20 sementara tertinggal dengan skor 0-1 dari Afghanistan di babak pertama Piala AFC U-20 2019. Gol tunggal Seyed Hosein Mousavi di Shahid Poursharifi Arena, Tabriz, Iran membuat tim Merah-Putih mesti membalas di babak kedua.

Pada awal babak pertama, Timnas Indonesia berupaya menggunakan kecepatan untuk menembus pertahanan Afghanistan. Namun, peluang tidak kunjung didapatkan. Sebaliknya, lawan bisa mengirim tembakan melalui Hassan Ali Jafari.

Afghanistan berupaya memanfaatkan perbedaan kekuatan fisik untuk mendesak Indonesia. Mereka sukses merepotkan kiper Ahmad Habibie, tetapi tidak menghasilkan peluang mutlak. Hanya saja, Indonesia tampak mulai mengikuti ritme dan permainan lawan.



Malapetaka terjadi pada menit ketujuh. Ketika itu Indonesia gagal memenangi perebutan bola di tengah lapangan. Akibatnya, mudah saja Afghanistan memainkan umpan. Morteza Haidari yang tinggal berhadapan dengan Habibie membelokkan bola, dan Seyed Hosein Mousavi memastikan gol perdana bagi lawan.

Timnas Indonesia berupaya membalas gol kelima Mousavi sepanjang turnamen, baik melalui kerjasama maupun aksi individual. Namun, beberapa umpan terbuang percuma. Menjelang akhir babak pertama, kedua tim saling mengunci. Afghanistan hanya bisa memaksakan dua tembakan kencang dari sisi kiri yang tidak menemui sasaran.

Indonesia yang terus ditekan, sempat memiliki kesempatan ketika Firman Adriansyah lolos dari kawalan lawan. Namun, posisinya yang membelakangi gawang Mohammad Javad Safari membuat dia kehilangan momentum.

Babak pertama tersisa dua menit, Afghanistan nyaris menambah gol. Umpan silang Dawood Yousufi tidak dapat dimaksimalkan meski gawang Indonesia kosong. Sampai turun minum, kedudukan tidak berubah, tim Merah Putih tertinggal satu gol.

Pencetak Gol: Seyed Hosein Mousavi


Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus