Piala AFF U-18 2019

Hasil Timnas Indonesia U18 vs Myanmar Skor 1-1, Garuda Juara Grup A

Oleh: Beni Jo - 14 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Timnas Indonesia U-18 vs Myanmar berakhir dengan skor imbang 1-1 sehingga Garuda menjadi juara Grup A Piala AFF U-18 2019.
tirto.id - Hasil pertandingan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-18 vs Myanmar U-18 dalam babak grup Piala AFF U-18 2019 berakhir dengan skor imbang 1-1. Sempat tertinggal, Garuda Nusantara menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas Rizky Ridho Ramadhani dalam laga pada Rabu (14/8/2019) di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh, Vietnam.

Dengan hasil imbang ini, Timns Indonesia U-18 berhasil menjadi juara Grup A Piala AFF U-18 2019. Garuda mengoleksi poin yang sama dengan Myanmar, yaitu 13 angka. Namun, pasukan Fakhri Husaini unggul dalam selisih gol.

Timnas Indonesia U-18 sudah dipastikan lolos ke semifinal Piala AFF U-18 2019. Namun, lawan yang akan dihadapi di babak tersebut belum diketahui. Pasalnya, masih ada tiga tim yang berpeluang lolos sebagai runner-up Grup B, yaitu Malaysia, Australia, dan Vietnam. Laga terakhir Grup B baru digelar pada Kamis (15/8/2019).

Timnas Indonesia banyak melakukan perubahan dalam susunan pemain utama. Mampu menciptakan beberapa peluang emas pada babak pertama, penggawa Garuda Nusantara tidak mampu memaksimalkan menjadi gol.

Fajar Fathur Rachman yang mengisi sayap kanan, beberapa kali mengirim bola ke depan gawang. Menerima umpannya, Bagus Kahfi lantas memberikan bola kepada Beckham Putra. Tetapi, tembakan Beckham masih melenceng ke sisi kanan gawang.

Pada menit ke-45, Fajar juga sempat mengirim bola ke depan mulut gawang. Namun, Rendy Juliansyah yang sudah di depan kiper Myanmar, tidak mampu melesakkan bola. Tendangannya masih saja melebar ke sisi kiri.

Sementara Myanmar sendiri tidak terlalu melakukan ancaman yang membahayakan gawang Indonesia pada babak pertama. Usaha mereka dalam melakukan serangan selalu gagal memasuki area pertahanan Indonesia. Bek timnas juga berhasil menghalau umpan para pemain lawan.

Memasuki babak kedua, Myanmar unggul pada menit ke-50. Diawali umpan silang dari sisi kanan gawang Indonesia, bola disambut dengan sontekan oleh Hein Htet Aung. Tendangannya membobol gawang yang dikawal Muhammad Adisatryo. Skor berubah 0-1.

Menit ke-68 Indonesia berhasil menyamakan kedudukan dari bola mati. Menerima umpan Beckham Putra, Fajar Fathur Rachman yang melakukan akselerasi dijatuhkan di depan kotak 16.

Wasit akhirnya memberikan hadiah tendangan bebas. Eksekusi tembakan langsung yang dilepaskan oleh Rizky Ridho Ramadhani sukses menjebol gawang Myanmar yang dijaga Pyae Phyo Thu. Kedudukan menjadi imbang 1-1.

Hingga babak kedua berakhir dan wasit meniup panjang peluitnya, skor imbang 1-1 tetap bertahan. Kedua tim berbagi satu angka. Indonesia dan Myanmar sama-sama lolos ke semifinal Piala AFF U-18 2019, dan menunggu lawan di babak tersebut.



Pencetak Gol: Hein Htet Aung '50 (Myanmar), Rizky Ridho Ramadhani '68 (Indonesia)

Daftar Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-18 (4-3-3): Muhammad Adisatryo; Muhammad Salman Alfarid, Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho Ramadhani; Beckham Putra Nugraha, Khairul Imam Zakiri, Brylian Negiehta Dwiki Aldama ; Muhammad Fajar Fathur Rachman, Rendy Juliansyah, Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri.

Cadangan: Ernando Ari Sutaryadi, Muhammad Risky Sudirman, Komang Teguh Trisnanda, Bayu Mohamad Fiqri, Mochammad Yudha Febrian, Muhammad Fadhil Adhitya Akshah, Theo Fillo Da Costa Numberi, Mochammad Supriadi, David Maulana, Braif Fatari, Sutan Diego Armandoondriano Zico, Saddam Emiruddin Gaffar

Myanmar U-18 (4-3-3): Pyae Phyo Thu; Thet Hen Soe, Naung Naung Soe, Kaung Khant Kyaw, Pyae Phyo Aung; Moe Swe, Ye Min Kyaw, Khun Kyaw Zin Hein; La Min Hwe, Aww Bar Kha, Hein Htet Aung.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-18 2019 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight