Hari Penglihatan Sedunia 2021: Tema 14 Oktober dan Cara Peringati

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 13 Oktober 2021
Dibaca Normal 2 menit
Tema Hari Penglihatan Sedunia 2021 dan cara memperingatinya.
tirto.id - Hari Penglihatan Sedunia 2021 atau World Sight Day adalah hari peringatan tahunan yang diadakan pada hari Kamis kedua bulan Oktober. Tahun ini, Hari Penglihatan Sedunia akan berlangsung pada 14 Oktober 2021.

Hari ini dibuat untuk memusatkan perhatian global pada gangguan penglihatan, termasuk kebutaan. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengangkat tema: Cintai Matamu atau Love Your Eyes.

Secara global, setidaknya 1 miliar orang memiliki gangguan penglihatan jarak dekat atau jauh yang dapat dicegah atau belum ditangani. Gangguan penglihatan mempengaruhi orang-orang dari segala usia, dengan mayoritas berusia di atas 50 tahun.

Gangguan penglihatan dan kebutaan dapat memiliki efek besar dan tahan lama pada semua aspek kehidupan, termasuk aktivitas pribadi sehari-hari, berinteraksi dengan masyarakat, sekolah, peluang kerja. dan kemampuan untuk mengakses layanan publik.

Katarak yang tidak dioperasi dan kelainan refraksi yang tidak dikoreksi adalah penyebab utama gangguan penglihatan. Penyebab lain seperti degenerasi makula terkait usia, glaukoma, retinopati diabetik, penyakit infeksi mata, dan trauma yang tidak dapat diabaikan dan perlu ditangani.

Baru-baru ini di Majelis Kesehatan Dunia ke-74, PBB mengadopsi dua target global baru untuk perawatan mata pada tahun 2030 yaitu untuk mengatasi refraksi dan katarak. Target-target ini akan memainkan peran kunci dalam meningkatkan cakupan perawatan mata global di masa depan dan memberikan layanan berkualitas.


Cara Memperingati Hari Penglihatan Sedunia 2021


Untuk memperingati Hari Penglihatan Sedunia ini, Anda bisa melakukan beberapa cara, sesuai tema, yaitu Love Your Eyes. Untuk melakukan perawatan mata Anda, lakukan hal-hal berikut ini, seperti dilansir WebMD.

1. Makan makanan bergizi

Kesehatan mata dimulai dengan makanan. Nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, zinc, dan vitamin C dan E dapat membantu menangkal masalah penglihatan terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak. Perbanyak makan makanan sayuran hijau, ikan, telur, kacang-kacangan, jeruk, dan lain-lain.

2. Berhenti merokok

Merokok membuat Anda lebih mungkin terkena katarak, kerusakan saraf optik, degenerasi makula, dan masalah kesehatan mata lainnya.

Infografik SC Hari Penglihatan Sedunia
Infografik SC Hari Penglihatan Sedunia 2021. tirto.id/Fuad


3. Pakai kacamata hitam saat berada di bawah sinar matahari

Kacamata akan membantu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV) matahari. Terlalu banyak paparan sinar UV meningkatkan kemungkinan katarak dan degenerasi makula.

4. Gunakan kacamata pelindung

Jika Anda menggunakan bahan berbahaya yang bisa terbawa udara di tempat kerja atau di rumah, kenakan kacamata pengaman atau kacamata pelindung.

Olahraga seperti hoki es, bola raket, dan lacrosse juga dapat menyebabkan cedera mata. Pakai pelindung mata. Helm dengan masker pelindung wajah atau kacamata olahraga akan melindungi mata Anda.

5. Jaga jarak dengan layar

Menatap layar komputer atau ponsel terlalu lama dan terlalu dekat dapat menyebabkan beberapa masalah seperti mata tegang, penglihatan kabur, kesulitan fokus, mata kering, sakit kepala, dan lain-lain.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan kacamata khusus yang bisa digunakan di depan layar. Atau, Anda bisa juga mengurangi paparan di depan layar dan menjaga jarak mata dengan layar.

6. Kunjungi dokter mata secara teratur

Setiap orang membutuhkan pemeriksaan mata secara teratur, bahkan anak kecil. Ini membantu melindungi penglihatan Anda dan memungkinkan Anda melihat yang terbaik.

Pemeriksaan mata juga dapat menemukan penyakit mata lebih awal, seperti glaukoma, yang tidak memiliki gejala. Penting untuk mengenalinya sejak dini, sehingga lebih mudah diobati.


Baca juga artikel terkait HARI PENGLIHATAN SEDUNIA 2021 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Penyelia: Addi M Idhom
DarkLight