tirto.id - Yamaha Completely Built Up (CBU) yaitu MT-07 dan MT-09 resmi diluncurkan di Indonesia dengan harga mulai Rp243 juta untuk Yamaha CBU MT-07.
Sementara Yamaha MT-09 versi 2020 dijual Rp290 juta, keduanya berstatus on the road Jakarta.
"Hari ini saya sangat bersemangat untuk meluncurkan produk CBU baru kami yaitu MT-07 dan MT-09 di Indonesia. Kunci dari CBU Yamaha adalah selalu Made in Japan," kata Minoru Morimoto, President Director, CEO Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, dalam siaran pers, Jumat (28/8/2020).
"Kami sangat bangga bahwa produk line up MT kami mulai dari 155cc sampai 900cc sekarang sudah lengkap."
Spesifikasi dapur pacu Yamaha MT-07 yakni 2 Silinder inline berjenis Crossplane dengan ukuran 689 CC. Dilengkapi teknologi berpendingin cairan dan mampu menghasilkan Torsi Maksimal Hingga 68 Nm pada 6500 RPM dengan total 73,7 Horse Power.
Sementara Yamaha MT-09 bermesin 847cc dan sudah dilengkapi fitur dan teknologi D-Mode, Assist & Slipper Clutch, Quick Shift System (QSS), Traction Control System (TCS) dan YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle) yang menjadikan motor memiliki kemampuan dapat menyesuaikan dengan keinginan riding pengendara.
Keduanya motor baru Yamaha ini dilengkapi platform "Crossplane Crankshaft Concept" yang menghasilkan tenaga dan performa maksimal.
Konsumen dapat memilih MT-07 dan MT-09 dengan tiga pilihan warna yaitu Ice Fluo, Icon Blue, dan Tech Black. MT-07 dan MT-09 akan didistribusikan ke seluruh Indonesia melalui diler resmi CBU Yamaha, yang dilengkapi layanan after sales emergency 24 jam Yamaha Executive Service (YES24).
Fitur Canggih Yamaha CBU MT-07 dan MT-09
1. Crossplane Crankshaft
MT-09 dan MT-07 hadir dengan crossplane crankshaft yaitu teknologi crankshaft Yamaha yang mengadopsi teknologi dari YZR-M1 (Yamaha MotoGP). Konstruksi crossplane pada MT-09 adalah jarak crank pin 120 derajat, sedangkan MT-07 adalah 270 derajat.
Crossplane crankshaft membuat interval pembakaran di dalam mesin menjadi lebih dekat sehingga mengeliminir daya inersia yaitu daya yang terjadi setelah pembakaran sehingga torsi pembakaran dan torsi kombinasi (torsi yang diteruskan ke roda belakang) menjadi linear. Power yang selaras putaran throttle menghasilkan performa dan akselerasi maksimal.
2. D-Mode
Fitur D-Mode pada MT-09 memberikan keleluasaan kepada pengendara untuk memilih karakter performa mesin optimal yang diinginkan. Tersedia tiga mode berkendara yang terletak pada satu tombol di stang kanan yaitu Mode Standard yang sesuai untuk berbagai kondisi jalan.
Selanjutnya Mode A untuk mendapatkan respons mesin yang lebih sporty/cepat pada rpm rendah sampai medium dibandingkan Mode Standard, dan Mode B untuk respon yang lebih lembut dibandingkan Mode Standard.
3. Yamaha Chip Controlled Throttle (YCCT)
Sistem kontrol throttle (fly by wire) pada MT-09 dengan YCCT yang berfungsi mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin lebih presisi atau sesuai kebutuhan agar performa maksimal.
4. Quick Shift System (QSS)
Untuk mendukung akselerasi lebih cepat pada MT-09 disematkan QSS agar perpindahan gigi (shifting-up) lebih mudah dan cepat tanpa perlu mengoperasikan tuas kopling.
5. Assist & Slipper Clutch
MT-09 juga sudah dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch. Fitur Assist membuat pengoperasian kopling sangat ringan sehingga pengendara semakin nyaman ketika mengoperasikan kopling.
Sedangkan Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah torsi balik ke mesin dari roda belakang saat deselerasi (perlambatan kecepatan). Fitur Assist & Slipper Clutch juga membuat pengendara lebih percaya diri saat melakukan down shift (menurunkan gigi) secara cepat saat memasuki tikungan.
6. Traction Control System (TCS)
Sistem yang dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi, yang terdapat pada MT-09.
7. Antilock Braking System
Daya rem maksimal dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System) pada MT-09 dan MT-07 membuat motor semakin aman dan stabil saat pengereman.
8. Upside Down Suspension Full Adjustable
MT-09 ditunjang suspensi Upside Down Full Adjustable yang menjadikan handling lebih sempurna, motor lebih stabil, dan terlihat semakin gagah saat berkendara.
Editor: Agung DH