Gempa Banten: RSUD Kalideres & Kantor Wali Kota Jaktim Rusak Ringan

Oleh: Riyan Setiawan - 14 Januari 2022
RSUD Kalideres mengalami keretakan pada bagian dinding. Sementara Kantor Walikota Jakarta Timur terjadi kerusakan pada dinding toilet dan keramik terlepas.
tirto.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mengatakan Gempabumi tektonik Magnitudo 6,7 di Selatan Banten mengakibatkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kalideres dan Kantor Wali Kota Jakarta Timur terdampak.

RSUD Kalideres mengalami keretakan pada bagian dinding. Sementara Kantor Walikota Jakarta Timur terjadi kerusakan pada dinding toilet dan keramik terlepas.

"RSUD Kalideres retak sebagian dinding. Kantor Walikota Jakarta Timur, kerusakan pada dinding toilet kondisi keramik terlepas," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan (Kapusdatin) BPBD Jakarta M Insaf melalui keterangan tertulisnya.

Hingga saat ini, BPBD DKI masih mendata kerugian dan korban yang terdampak akibat Gempabumi tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) mengatakan terjadi gempabumi dengan magnitudo 6,7 mengguncang wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (14/1/2022) pukul 16.05 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis pusat gempabumi itu berada di 7.01 LS dan 105.26 BT pada kedalaman 10 meter.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, gempabumi itu dirasakan kuat selama 4-5 detik di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten.

"Warga sempat berhamburan keluar rumah saat merasakan kuatnya guncangan," kata Abdul Muhari, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB melalui keterangan tertulisnya.


Baca juga artikel terkait GEMPA BANTEN atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight