STOP PRESS! Setya Novanto Dijebloskan ke Rutan KPK

Gedung LBH Jakarta Kembali Jadi Sasaran Pendemo

Gedung LBH Jakarta Kembali Jadi Sasaran Pendemo
Massa mengepung kantor LBH, Jakarta, Minggu (17/9/2017). tirto.id/Dieqy Hasby
17 September, 2017 dibaca normal 1 menit
Massa yang berjumlah ratusan orang berkumpul di depan gerbang gedung LBH Jakarta, malam ini.
tirto.id - Pada Minggu malam (17/9/2017) gedung LBH Jakarta kembali jadi sasaran aksi massa pendemo. Massa yang berjumlah sekitar 100-an orang berkumpul di depan gerbang gedung LBH Jakarta, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Sebagian dari massa meminta perwakilan LBH menemui mereka. Kejadian bermula saat LBH Jakarta sedang mengadakan acara Asik Asik Aksi: Indonesia Darurat Demokrasi. Acara selesai menjelang pukul 22.00. Usai acara, beberapa orang mulai mendatangi gedung LBH dan berteriak-teriak tentang "bahaya PKI." 

"G30S itu kejam!"

“Ganyang PKI!”

Pihak LBH lantas melakukan evakuasi terhadap pengunjung acara dan membuat barikade di dalam gedung. Mereka adalah manula, perempuan, kelompok rentan LGBT, dan pengunjung lain.

Aditya Wardana, salah seorang pengunjung acara, berkata sebelum acara selesai ada beberapa orang yang datang untuk menanyakan acara ini.

"Tiba-tiba dari arah Jalan Diponegoro ada suara takbir, lalu polisi menutup pagar, dan suasana jadi tegang," katanya kepada reporter Tirto.

Suasana makin memanas karena kelompok yang masih belum diketahui asalnya ini memaksa masuk dan menuduh LBH membantu penyelenggaraan "acara PKI." Sampai berita ini diturunkan, konsentrasi massa masih berlangsung.

Sementara itu, di luar gedung, anggota TNI, Brimob, dan Polri berpakaian lengkap bersiaga menghalangi massa aksi.

Fauzul (32), salah seorang bagian dari massa, mengatakan ia mendatangi gedung LBH lantaran beredar kabar di grup Whatsapp bahwa sedang ada rapat Partai Komunis Indonesia di Gedung LBH.

"[Kami] gabungan dari seluruh Jakarta. Tadi ada sms, [kami] diminta ke sini. Di Whatsapp juga infonya beredar. Laskar semua ke sini karena ada PKI," ungkapnya.

Dari pantauan reporter Tirto di lapangan, jumlah massa terus bertambah dan berkumpul di depan gerbang samping LBH di Jalan Mendut.

Sesekali mereka meneriakkan takbir dan menyanyikan lagu "Indonesia Raya" seraya meminta orang-orang yang berada di dalam gedung LBH keluar.

Kondisi Jalan Diponegoro, di depan gedung LBH, tersendat akibat aktivitas massa antidemokrasi. Kemacetan terlihat mulai mengular hingga di depan kantor pusat PDI Perjuangan.

Sebelumnya, Sabtu siang lalu, gedung LBH Jakarta juga didemo oleh massa, yang merangsek meminta penghentian acara seminar soal peristiwa 1965. Selain itu, aparat kepolisian juga memasuki gedung LBH untuk membubarkan kegiatan.

Baca juga artikel terkait G30S atau tulisan menarik lainnya Arman Dhani
(tirto.id - dan/dra)

Keyword