Menuju konten utama

Fungsi Iklan Bagi Pemerintah dan Perusahaan, serta Masyarakat

Bagaimana fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan serta apa saja tujuan iklan untuk masyarakat itu sendiri? Ini penjelasannya.

Fungsi Iklan Bagi Pemerintah dan Perusahaan, serta Masyarakat
Ilustrasi iklan baris. FOTO/Wisegeek

tirto.id - Bagaimana fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan serta apa saja tujuan iklan untuk masyarakat itu sendiri?

Iklan merupakan media promosi yang sering digunakan oleh suatu perusahaan untuk memasarkan produknya. Iklan seperti ini bisa Anda temukan di mana pun, baik itu koran, televisi, internet, bahkan di pinggir jalan dalam bentuk banner atau baliho.

Iklan dapat diartikan sebagai pesan atau pemberitahuan kepada banyak orang tentang barang/ jasa yang sedang ditawarkan.

Selain untuk memperkenalkan produk, iklan juga bertujuan untuk mendorong atau membujuk konsumen agar mau membeli produk yang diiklankan.

Itulah kenapa iklan dibuat semenarik mungkin agar mencuri perhatian calon konsumen. Namun perlu diketahui bahwa pembuat iklan bukan hanya perusahaan komersial yang bergelut dalam hal jual beli.

Tujuan iklan pun tidak hanya sebatas mendorong orang untuk membeli suatu produk.

Pemerintah sering menggunakan iklan sebagai media penyampaian informasi-informasi penting, contohnya iklan layanan masyarakat. Dari sini dapat disimpulkan bahwa iklan bertujuan untuk menarik perhatian khalayak sekaligus membujuk pembacanya untuk memenuhi permintaan si pembuat iklan.

Fungsi Iklan Secara Umum

Iklan memiliki lima fungsi utama, yaitu sebagai pemberi informasi, alat untuk membujuk pembacanya, pengingat, pemberi nilai tambah, dan juga sebagai bantuan upaya lain dari perusahaan yang bersangkutan. Berikut penjelasan mengenai kelima fungsi iklan tersebut:

  • Informing (memberi informasi)
Iklan dapat membuat konsumen sadar akan adanya produk atau merek baru. Selain itu, iklan juga mengedukasi konsumen tentang segala hal yang berkaitan dengan produk, seperti cara pakai, keunggulan, atau bagaimana cara mendapatkan produk tersebut.

  • Persuading (membujuk)
Iklan berfungsi sebagai alat untuk membujuk konsumen agar mau membeli dan menggunakan produk yang diiklankan.

  • Reminding (pengingat)
Iklan dibuat agar produk atau suatu merek bisa terus melekat di benak konsumen. Jadi ketika konsumen membutuhkan barang, ia bisa langsung ingat dengan merek tertentu sehingga terjadi pembelian kedua dan seterusnya.

Iklan yang efektif bisa meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang pernah ia pakai, bisa juga mendorongnya membeli merek yang sebelumnya tidak pernah ia pilih.

  • Adding value (penambah nilai)
Iklan bisa menambah nilai suatu produk dan membentuk persepsi konsumen terhadap produk tersebut. Jika iklan efektif, konsumen akan memandang produk yang ditawarkan punya keunggulan dibandingkan produk yang sama dari merek berbeda.

  • Bantuan untuk upaya lain dari perusahaan
Iklan berfungsi untuk membantu mendampingi atau memfasilitasi upaya lain yang dilakukan perusahaan dalam hal pemasaran produk.

Fungsi Iklan Bagi Perusahaan dan Pemerintah

Khusus bagi perusahaan dan pemerintah, iklan memiliki fungsi sebagai berikut:

1.Fungsi iklan bagi perusahaan

  • Menjual barang maupun jasa
Iklan merupakan sarana promosi untuk memperkenalkan produk, menggaet pembeli, dan meningkatkan angka penjualan agar perusahaan mendapat keuntungan.

  • Mendapatkan karyawan
Iklan juga berfungsi sebagai alat untuk menjaring karyawan, misalnya melalui iklan lowongan kerja.

2. Fungsi iklan bagi pemerintah

Iklan berfungsi untuk menyebarkan informasi penting kepada masyarakat luas. Informasi yang disampaikan pun bisa beragam, contohnya sebagai berikut:

  • Edukasi kesehatan, misalnya tentang protokol kesehatan selama pandemi, informasi pencegahan demam berdarah, atau yang berkaitan dengan Keluarga Berencana (KB).
  • Himbauan, misalnya ajakan untuk menghemat air dan listrik, mematuhi peraturan lalu lintas, atau melakukan penghijauan.
  • Pemberitahuan tentang layanan masyarakat, misalnya informasi pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) dan pembayaran pajak.
  • Promosi tempat wisata dan mengajak masyarakat untuk mengunjunginya.
  • Informasi terkait kinerja atau pencapaian pemerintah, misalnya keberhasilan suatu daerah meraih penghargaan Adipura.

Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan lainnya dari Erika Erilia

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani