Menuju konten utama

Filosofi Bunga Matahari hingga Bunga Tulip Melambangkan Apa?

Bunga tulip dianggap sebagai lambang keberuntungan sehingga lebih banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari daripada jenis bunga lainnya.

Filosofi Bunga Matahari hingga Bunga Tulip Melambangkan Apa?
Bunga tulip. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Setiap bunga memiliki makna dan filosofinya masing-masing, di antaranya bunga matahari dan bunga tulip. Bunga matahari melambangkan kesetiaan dan pemujaan.

Sementara tulip melambangkan amal bakti dan cinta yang dalam. Lebih dari itu, bunga matahari dan bunga tulis juga memiliki warna yang berbeda-beda.

Dengan begitu, kedua bunga tersebut juga memiliki makna yang berbeda-beda sesuai dengan warnanya. Lantas, bagaimana filosofi bunga matahari dan bunga tulip?

Filosofi Bunga Matahari

Filosofi dilihat dalam mitologi Yunani yang menceritakan bahwa bunga matahari berawal dari seorang nimfa, salah satu jenis makhluk legendaris yang berwujud wanita dan diasosiasikan dengan lokasi atau tempat tertentu bernama Clytie yang jatuh cinta kepada Apollo, Dewa Matahari.

Semula, Apollo juga mencintai Clytie namun keduanya justru berpaling ke nimfa lainnya. Oleh karena perasaan cemburu, Clytie memberi tahu ayah nimfa lain untuk mengubur putrinya hidup-hidup sebagai hukuman.

Mengetahui hal itu, Apollo sangat marah lalu mengubah Clytie menjadi bunga matahari. Namun karena cinta Clytie yang begitu kuat, ia melihat Apollo bergerak melintasi langit setiap hari layaknya bunga matahari yang mengikuti matahari.

Dikutip dari laman Bloom & Wild,sebenarnya bunga matahari mempunyai makna yang berbeda-beda di setiap budaya. Bunga matahari melambangkan umur panjang dan keberuntungan di Cina.

Sementara di Amerika, bunga matahari melambangkan panen dan rezeki. Kendati demikian, di mana pun itu bunga matahari selalu membawa sukacita bagi banyak orang.

Ditambah lagi warna yang cerah dari bunga matahari bisa membantu mengurangi perasaan stres, cemas, dan membantu mengatasi depresi. Maka itu tidak jarang, bunga matahari dijadikan sebagai bahan dalam teh, minyak mandi, minyak pijat, bahkan masakan.

Makna Bunga Matahari Sesuai Warnanya

Berikut makna bunga matahari sesuai dengan warnanya:

1. Bunga matahari kuning

Dengan warnanya yang klasik, bunga matahari mempunyai makna keabadian, kebenaran, dan kebaikan.

2. Bunga matahari merah

Biasanya bunga matahari merah mempunyai kelopak warna merah tua yang mengelilingi bagian tengahnya yang berwarna hitam. Bunga matahari merah mempunyai makna kekuatan dan kebaikan.

3. Bunga matahari oranye

Bunga matahari oranye seringkali menarik perhatian lebah. Makna dari bunga ini adalah energi, kebahagiaan, dan keberuntungan.

4. Bunga matahari putih

Tidak benar-benar berwarna putih, bunga berwarna kuning pucat ini mempunyai bagian tengah warna hitam. Makna dari jenis bunga ini ialah kemurnian, kedamaian, kelahiran kembali, dan cocok untuk diberikan kepada seseorang yang memulai babak baru dalam hidupnya, seperti pernikahan.

5. Bunga matahari merah muda

Bunga matahari merah muda sebenarnya mempunyai warna merah muda gelap dengan ujung berwarna merah muda terang. Makna dari bunga matahari merah muda adalah kepolosan dan kesehatan yang baik.

6. Bunga matahari ungu

Bunga matahari ungu mempunyai makna kekayaan dan kemuliaan.

Filosofi Bunga Tulip

Bunga tulip dianggap sebagai lambang keberuntungan sehingga lebih banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari daripada jenis bunga lainnya. Kala itu pada abad ke-14 terjadi pertempuran berdarah di antara Serbia dan Turki.

Kemudian, medan yang berlumuran darah merah sehingga diibaratkan sebagai ladang yang penuh dengan bunga tulip. Mulai dari situ, bunga tulip memiliki peran penting dalam budaya, mulai dari puisi, dekorasi rumah, hingga pakaian.

Lalu, ketika Sultan Sulaiman berkuasa pada abad ke-16 tulip mempunyai makna yang lebih luas karena apresiasinya terhadap bunga ini. Tidak hanya menikmati atau memujanya, Sultan Sulaiman bahkan selalu menerima bunga tulip secara rutin begitu pula dengan pakaiannya yang selalu dipenuhi dengan motif bunga tulip yang mewah, dikutip dari laman Urbanstems.

Makna Bunga Tulip Sesuai Warnanya

Berikut makna bunga tulip sesuai dengan warnanya:

1. Bunga tulip kuning

Bunga tulip kuning melambangkan keceriaan bahkan pada zaman Victoria kuno bunga ini dianologikan sebagai orang dengan "senyum sinar matahari" yang cemerlang.

2. Bunga tulip putih

Bunga tulip putih melambangkan duka cita dan belasungkawa atau untuk mengekspresikan penyesalan seseorang terhadap kesalahan yang telah dibuatnya.

3. Bunga tulip merah muda

Bunga tulip merah muda melambangkan kebahagiaan, cinta, sukacita, keberuntungan, dan harapan.

Baca juga artikel terkait LIVING atau tulisan lainnya dari Ega Krisnawati

tirto.id - Gaya hidup
Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Nur Hidayah Perwitasari