Fakhri Husaini Bangga dengan Pencapaian Timnas U-16 Indonesia

Oleh: Hendi Abdurahman - 7 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Timnas Indonesia U-16 berhasil menjadi juara Grup A Piala AFF U-16 2018.
tirto.id - Timnas Indonesia bermain apik sepanjang babak penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2018. Bermain di pertandingan terakhir penyisihan Grup A melawan Kamboja, Senin (6/8/2018) malam, tim asuhan Fakhri Husaini itu menang meyakinkan dengan skor 4-0. Hasil tersebut membuat sang pelatih bangga karena berhasil menyapu bersih 5 laga dengan kemenangan.

"Pertama syukur alhamdulillah kami bisa meraih poin tiga lagi di pertandingan terakhir penyisihan grup. Tentu ini membanggakan sekali karena 'di pertandingan penyisihan grup, lima kali main kami bisa meraih nilai sempurna, ujar Fakhri Husaini seperti dikutip di akun media sosial resmi PSSI.

Kemenangan atas Kamboja menggenapkan raihan positif Garuda Asia di babak penyisihan grup. Tak hanya itu, pada Piala AFF U-16 kali ini, Indonesia hampir dipastikan menjadi tim dengan produktivitas paling tinggi dengan memasukkan 21 gol dan hanya kemasukan 3 gol. Bagus Kahfi dan kawan-kawan rerata menciptakan 4,2 gol per laga.

Fakhri juga mengaku bangga karena kemampuan para pemain di skuatnya semakin merata. Meski berkali-kali mengalami rotasi, terbukti Timnas U-16 Indonesia mampu menorehkan hasil positif.

"Terlepas dari itu, perubahan komposisi pemain tidak berdampak signifikan terhadap cara main kami. Kami bermain dengan cara yang sama, menekan juga, gol-gol yang lahir juga melalui proses yang cukup baik," sambung sang pelatih.

Pada laga melawan Kamboja, striker andalan Indonesia, Bagus Kahfi menciptakan hattrick. Ia berhasil membobol gawang Kamboja pada menit 21, 34, dan 42. Tambahan 3 golnya membuat ia semakin kukuh berada di posisi pertama sebagai pencetak gol terbanyak dengan raihan 11 gol. Saingan terdekatnya, Dinh Thanh Trung dipastikan takkan mampu melampaui catatan gol Bagus setelah Vietnam gagal melaju ke semifinal meski di pertandingan terakhir kala menghadapi Myanmar memborong dua gol.

Sementara itu, Myanmar mengunci tiket semifinal untuk mendampingi Indonesia setelah bermain imbang 2-2 kala berhadapan dengan Vietnam. Meski kedua tim memiliki poin sama, Myanmar berhak lolos karena memiliki selisih gol lebih baik. Dengan hasil tersebut, tim asuhan Nyi Nyi Latt kemungkinan besar akan berhadapan dengan Thailand yang diprediksi akan menjadi juara Grup B.

Di partai semfinal, Indonesia diprediksi akan bertemu antara Laos atau Malaysia yang masih memperebutkan satu tiket semifinal. Keduanya akan bertanding pada Selasa (7/8/2018) petang di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan