Dave Grohl Menjadi Sutradara Film Dokumenter "What Drives Us"

Oleh: Dede Mudopar - 14 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Dave Grohl Menjadi Sutradara Film Dokumenter What Drives Us. Dave Grohl merupakan mantan drummer Foo Fighters.
tirto.id - Mantan penggebuk drum Nirvana sekaligus vokalis Foo Fighters, Dave Grohl, akan menyutradarai film dokumenter yang berjudul What Drives Us.

Trailer film tersebut telah dirilis pada kanal YouTube milik Foo Fighters pada Senin (12/4/2021).

Sebagaimana dilansir dari Deadline, dalam film dokumenter tersebut Grohl menghadirkan wawancara dengan musisi dunia seperti Ringo Starr, Brian Johnson dari AC/DC, Steven Tyler dari Aerosmith, St. Vincent, Slash dan Duff McKagan dari Guns & Roses, U2, Red Hot Chili Peppers, Lars Ulrich dari Metallica serta banyak lagi musisi lainnya.

Film dokumenter yang berisi tentang para musisi mempromosikan dirinya dari mobil van ini akan tayang pada 30 April 2021 secara eksklusif pada platform langganan berorientasi musik yang tersedia melalui Amazon Prime Video dan akan tersedia di luar AS melalui layanan streaming Amazon.

Proyek ini menandai akuisisi saluran Coda Collection yang didukung Sony yang telah memperoleh hak global.

“Film ini adalah surat cinta saya kepada setiap musisi yang pernah melompat ke dalam van tua bersama teman-teman mereka dan meninggalkan semuanya untuk hadiah sederhana bermain musik,” jelas Grohl seperti dikutip dari Deadline.

Dikutip dari Billboard, Grohl menggunakan ikon galaksi rock, pop dan punk untuk film tersebut.

Menampilkan wawancara dengan rekan band Taylor Hawkins, Nate Mendel, Chris Shiflett, Rami Jaffee dan Pat Smear serta musisi lainnya.

Film ini menampilkan wawancara dan menceritakan kisah-kisah musisi terbesar di industri musik. Mengenang romansa dan petualangan serta kegilaan mereka sendiri waktu di jalan.

Film ini juga mengeksplorasi apa yang diperlukan untuk mengubah van menjadi rumah dan bagaimana trik perdagangan ini telah diturunkan selama beberapa dekade sebelum era digital.

Saat itu, para pemain band harus membawa musik ke pertunjukan orang dan satu perjalanan semalam.

Selain menampilkan wawancara dengan musisi dunia, film What Drives Us juga mengikuti band muda RadKey dan Starcrawler dalam mewujudkan impiannya menjadi band terkenal.

Di sektor produksi, Grohl dibantu oleh Roswell Films/Therapy Studios serta John Ramsay, James A Rota, Mark Monroe, Foo Fighters diedit oleh Dean Gonzalez.

Jessica Young bertindak sebagai direktur fotografi dan Brandon Kim merupakan desainer suara dan mixer dalam proyek film tersebut.

Sebelum terlibat dalam penyutradaraan film ini, Dave Grohl memulai debutnya sebagai sutradara film dokumenter pada Sundance 2013 berjudul Sound City.

Film ini bercerita tentang studio Van Nuys CA yang merupakan tempat Nirvana merekam Nevermind pada tahun 1991.

Selain itu, Grohl juga pernah menyutradarai delapan bagian dari serial dokumenter HBO berjudul Foo Fighters: Sonic Highways, yang ditayangkan perdana pada tahun 2014. Film dokumenter ini berhasil memenangkan dua dari empat nominasi Emmy tahun 2015.



Baca juga artikel terkait WHAT DRIVES US atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Penulis: Dede Mudopar
Editor: Dhita Koesno
DarkLight