Daftar Tim Berpeluang Raih Treble di 2020: Bayern, Juventus & PSG

Oleh: Beni Jo - 17 Juni 2020
Dibaca Normal 2 menit
Tiga klub Eropa saat ini masih berpeluang meraih treble winners pada musim 2019/2020. Ketiganya ialah Bayern Munchen, Juventus dan PSG.
tirto.id - Bayern Munchen, Juventus, dan Paris Saint-Germain (PSG) saat ini menjadi tiga klub Eropa yang berpeluang meraih treble winners alias tiga gelar sekaligus pada musim 2019/2020. Sedangkan dua raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona, dipastikan sudah tertutup peluangnya.

Munchen baru saja memastikan diri sebagai juara Bundesliga Jerman 2019/2020. Kemenangan 0-1 atas Werder Bremen pada Rabu (17/6/2020), membuat mereka kini mengoleksi 76 poin. Die Roten dipastikan tetap tetap menghuni puncak klasemen hingga akhir musim, meski masih tersisi 2 laga.

Tim besutan Hansi Flick saat ini unggul 10 poin atas Borussia Dortmund di posisi kedua. Meskipun Dortmund, masih mempunyai sisa tiga pertandingan, mereka dipastikan tidak akan bisa menyamai perolehan poin Bayern. Pasalnya, angka maksimal yang bisa diraih hanya 9 poin.

Selain trofi juara Bundesliga Jerman, Bayern masih berpeluang memburu dua gelar lainnya untuk memenuhi target treble winners pada musim 2019/2020.

Di ajang DFB Pokal, Thomas Müller dan kolega berhasil lolos ke babak final. Mereka akan meladeni perlawanan Bayer Leverkusen dalam laga pemungkas yang digelar 5 Juli 2020 mendatang.

Sementara di Liga Champions, satu kaki diinjakkan Die Roten pada perempat final lantaran sudah berhasil mencuri kemenangan 0-3 di kandang Chelsea pada leg pertama babak 16 besar.

Melakoni laga kedua di markas sendiri dengan keunggulan selisih tiga gol pun tentu memudahkan Bayern menuju fase selanjutnya di Liga Champions.

"Kami sudah mendapatkan gelar pertama, berikutnya adalah piala (DFB POKAL). Anda memang tidak bisa merencanakan untuk trofi Liga Champions. Kami perlu melewati satu pertandingan lagi. Kami harus dalam kondisi yang bagus ketika waktunya sudah datang," kata Hansi Flick, dikutip laman resmi klub, pada Rabu (17/6/2020).

Dua klub Eropa lainnya yang berpeluang meraih treble winners pada tahun ini adalah Juventus dan Paris Saint-Germain (PSG).

Di Serie A Italia 2019/2020, Juventus menduduki puncak klasemen melalui torehan 62 poin dari 26 laga dan masih ada 12 pertandingan sisa. La Vecchia Signora harus menghadapi persaingan sengit melawan Lazio selaku runner-up, karena kedua tim kini hanya selisih satu angka saja.

Sedangkan di ajang Coppa Italia, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan sudah lolos ke final. Mereka dijadwalkan meladeni Napoli pada partai puncak yang digelar pada Kamis dini hari (18/6/2020).

Sementara di Liga Champions, Juventus perlu melakoni leg kedua di kandang melawan Olympique Lyon. Saat ini, agregat masih 0-1 dengan keunggulan untuk sang lawan. Namun, dengan bermain di kandang, Juventus masih memiliki peluang besar untuk melaju ke fase berikutnya.

Sementara PSG sudah menjadi jawara Ligue 1 2019-2020 sejak Mei lalu. Les Parisiens dinobatkan sebagai juara setelah kompetisi teratas di Prancis tersebut dihentikan karena pandemi corona.

Di ajang Coupe de France, klub besutan Thomas Tuchel juga melangkah ke partai final dan akan menghadapi Saint-Étienne demi meraih trofi keduanya.

PSG juga sudah memastikan lolos ke babak perempat final Liga Champions setelah unggul agregat gol 2-3 atas Borussia Dortmund. Artinya, fokus Neymar dan kolega kini tertuju pada final Coupe de France dan lanjutan kompetisi Liga Champions saja.


Peluang Gelar Bagi Barcelona, Real Madrid dan Liverpool

Bagi 2 klub raksasa asal Spanyol, Barcelona dan Real Madrid, peluang meraih treble winners pada musim ini sudah pupus. Pasalnya, keduanya tidak lolos final Copa del Rey 2019/2020.

Bahkan, Madrid dan Barca tersingkir sebelum mampu melangkah ke fase semifinal. Real Madrid kalah 3-4 atas Real Sociedad dan Barcelona digasak Athletic Bilbao dengan skor 1-0.

Menariknya, tim yang menyisihkan Barca serta Madrid pada babak perempat final itu justru akan tampil dalam partai final.

Sementara di Liga Champions, Los Blancos harus melakoni pertandingan leg kedua babak 16 besar melawan Manchester City yang digelar di kandang lawan. Pada laga pertama, mereka kalah 1-2.

Sedangkan Blaugrana juga masih perlu tampil di fase yang sama. Namun, Lionel Messi dan kolega bakal menjamu Napoli di kandang sendiri usai bermain imbang 1-1 pada leg pertama.

Persaingan sengit Barca dengan Madrid terjadi dalam ajang La Liga Spanyol 2019/2020. Barcelona masih memimpin klasemen dengan torehan 64. Unggul lima angka atas sang rival sebagai runner-up sementara, Barca masih memiliki satu sisa pertandingan lebih banyak.

Dari Premier League, Liverpool yang saat ini menguasai puncak klasemen dengan raihan 82 poin, memang berpeluang besar meraih gelar juara Liga Inggris musim ini. Dengan keunggulan angka 25 poin atas pesaing terberatnya, Manchester City, seharusnya Liverpool tidak kesulitan menjadi juara Premier League.

Namun, di Liga Champions, sang juara bertahan tersebut sudah gagal melaju ke fase selanjutnya karena disisihkan oleh Atletico Madrid pada babak 16 besar.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Addi M Idhom
DarkLight