Daftar Negara dengan Paspor Bebas Visa versi Henley Passport Index

Oleh: Abdul Hadi - 11 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Indonesia harus puas menduduki peringkat paspor dari 72 dari 200 negara melalui rangking Henley Pasport Index.
tirto.id - Indonesia menduduki peringkat 72 bersama dengan Cina dan Kenya melalui rangking paspor Henley Pasport Index.

Pemeringkatan yang dilakukan oleh Departemen Riset Henley & Partners ini diukur berdasarkan jumlah negara yang dapat diakses pemegang paspor dengan kemudahan visa, baik itu fasilitas bebas visa, saat kedatangan (visa on-arrival), maupun visa elektronik (e-Visa). Paspor Indonesia memperoleh akses bebas visa dengan destinasi ke 71 negara.

Henley Pasport Index merangking peringkat paspor negara dihitung dari data yang dikumpulkan Otoritas Transportasi Udara Internasional (IATA) yang mencakup 200 negara dan 227 tujuan perjalanan. Data tersebut diperbarui secara real time dan terus menerus sepanjang tahun, serta dipantau sejak perubahan kebijakan visa mulai berlaku.

Peringkat Indonesia naik tiga peringkat dari 75 per Juli 2019 menjadi 72 per Januari 2020. Awalnya destinasi bebas visa Indonesia hanya dapat diakses ke 96 negara, yang kini mencapai 71 negara.

Dilansir dari Antara, kenaikan rangking ini disebabkan dimudahkannya pemberian bebas visa bagi e-paspor, selain juga sudah menerapkan kebijakan bebas visa on-arrival dan e-Visa.

Posisi Indonesia masih di bawah negara-negara berkembang dari benua Afrika seperti Lesotho (69), eSwatini (70), dan Malawi (71).

Sementara itu, urutan teratas daftar Henley Pasport Index diisi oleh dua negara di kawasan Asia Timur yaitu Jepang dan Singapura. Negara-negara Asia lainnya dengan peringkat tertinggi adalah Malaysia (13), Hongkong (20), dan Brunei (23).

Jepang tercatat sebagai negara dengan sistem paspor terbaik di dunia dengan destinasi bebas visa sebanyak 191 negara. Negeri Matahari Terbit ini bersaing ketat dengan Singapura di peringkat kedua, berbeda satu poin dengan jumlah destinasi bebas visa sebanyak 190 negara.

Berikut adalah daftar 21 negara dengan peringkat tertinggi.
  1. Jepang
  2. Singapura
  3. Jerman
  4. Korea Selatan
  5. Finlandia
  6. Italia
  7. Denmark
  8. Luksemburg
  9. Spanyol
  10. Prancis
  11. Swedia
  12. Austria
  13. Irlandia
  14. Belanda
  15. Portugal
  16. Swiss
  17. Belgia
  18. Yunani
  19. Norwegia
  20. Britania Raya
  21. Amerika Serikat
Selepas Jepang dan Singapura yang memperoleh rangking satu dan dua, Jerman dan Korea Selatan secara bersamaan memperoleh peringkat tiga dengan destinasi bebas visa sebanyak 190 negara.

Adapun Finlandia dan Italia memperoleh peringkat empat dengan jumlah destinasi negara bebas visa sebanyak 188 negara. Denmark, Luksemburg, dan Spanyol memperoleh memperoleh peringkat lima dengan destinasi sebanyak 187 negara.

Sedangkan Prancis dan Swedia memperoleh peringkat enam dengan jumlah destinasi negara bebas visa sebanyak 186 negara. Di bawahnya, Austria, Belanda, Portugal, Irlandia, dan Swiss memperoleh peringkat tujuh dengan destinasi sebanyak 185 negara.

Sementara itu, Belgia, Yunani, Norwegia, Britania Raya, dan Amerika Serikat memperoleh peringkat delapan dengan destinasi bebas visa sebanyak 184 negara.


Baca juga artikel terkait PASPOR atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight