Menuju konten utama

Contoh Surat Lamaran dan Pernyataan CPNS 2024 Kemenkumham

Contoh surat lamaran dan surat pernyataan CPNS 2024 Kemenkumham ini dapat diunduh melalui tautan yang tersedia dalam artikel ini.

Contoh Surat Lamaran dan Pernyataan CPNS 2024 Kemenkumham
Warga mengantri seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) di Surabaya, Jawa Timur, Senin (22/10/2018). ANTARA FOTO/Didik Suhartono/hp.

tirto.id - Surat lamaran dan surat pernyataan CPNS 2024 Kemenkumham adalah salah satu dokumen administrasi yang perlu dipersiapkan saat mendaftar.

Total formasi CPNS 2024 di Kemenkumham berjumlah 9.070, dengan mayoritas formasi sebanyak 7.214 diperuntukkan bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, terutama untuk posisi penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian pemula.

Alokasi formasi CPNS 2024 Kemenkumham ini tersebar di 11 Unit Pusat Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia serta 33 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di berbagai daerah.

Pendaftaran CPNS 2024 telah dimulai sejak 19 Agustus dan akan berlangsung hingga 2 September 2024 melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/.

Syarat Dokumen CPNS Kemenkumham

Pelamar wajib mengunggah dokumen pada laman https://daftar-sscasn.bkn.go.id/ berupa:

1. Dokumen Persyaratan Kebutuhan Jabatan Non SLTA

a. Kebutuhan Umum

  • Scan berwarna Surat Lamaran yang diketik menggunakan komputer atau ditulis tangan yang ditujukan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia di Jakarta, dibubuhi e-meterai Rp10.000,- (dapat diperoleh melalui https://meterai-elektronik.com) serta ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format surat lamaran dapat diunduh pada laman https://casn.kemenkumham.go.id).
  • Scan berwarna Surat Pernyataan yang diketik menggunakan komputer atau ditulis tangan, dibubuhi e-meterai Rp10.000,- (dapat diperoleh melalui https://meterai-elektronik.com) dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format surat pernyataan dapat diunduh pada laman https://casn.kemenkumham.go.id).
  • Scan berwarna Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) atau Surat Keterangan Perekaman e-KTP yang masih berlaku yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) / Instansi yang berwenang.
  • Scan berwarna Akta Kelahiran / Surat Keterangan Lahir dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
  • Pas foto terbaru dengan pakaian formal dan latar belakang berwarna merah.
  • Scan berwarna Ijazah sesuai dengan jabatan yang dilamar.
  • Scan berwarna Transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2.75 (dua koma tujuh lima).
  • Scan berwarna Surat penyetaraan Ijazah dan Transkrip Nilai dari Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri (dokumen digabungkan dengan Ijazah atau Transkrip Nilai).
  • Cetakan tangkapan layar (screen capture) Direktori Hasil Akreditasi Program Studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang memuat status akreditasi program studi pelamar, diunduh dari https://banpt.or.id atau surat akreditasi yang dikeluarkan oleh Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi yang dimiliki Perguruan Tinggi pelamar.
  • Scan berwarna Surat Tanda Registrasi yang masih berlaku yang diterbitkan oleh Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia, khusus untuk kebutuhan Jabatan Tenaga Kesehatan.

b. Kebutuhan Putra/Putri Kalimantan

  • Scan berwarna Surat Lamaran yang diketik menggunakan komputer atau ditulis tangan yang ditujukan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia di Jakarta, dibubuhi e-meterai Rp10.000,- (dapat diperoleh melalui https://meterai-elektronik.com) serta ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format surat lamaran dapat diunduh pada laman https://casn.kemenkumham.go.id).
  • Scan berwarna Surat Pernyataan yang diketik menggunakan komputer atau ditulis tangan, dibubuhi e-meterai Rp10.000,- (dapat diperoleh melalui https://meterai-elektronik.com) dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format surat pernyataan dapat diunduh pada laman https://casn.kemenkumham.go.id).
  • Scan berwarna Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dengan domisili Kalimantan atau Surat Keterangan Perekaman e-KTP yang masih berlaku dan menerangkan pelamar merupakan penduduk Kalimantan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) / Instansi yang berwenang.
  • Scan berwarna Akta Kelahiran / Surat Keterangan Lahir dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
  • Pas foto terbaru dengan pakaian formal dan latar belakang berwarna merah.
  • Scan berwarna Ijazah sesuai dengan jabatan yang dilamar.
  • Scan berwarna Transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2.75 (dua koma tujuh lima).
  • Scan berwarna Surat penyetaraan Ijazah dan Transkrip Nilai dari Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri (dokumen digabungkan dengan Ijazah atau Transkrip Nilai).
  • Cetakan tangkapan layar (screen capture) Direktori Hasil Akreditasi Program Studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang memuat status akreditasi program studi pelamar, diunduh dari https://banpt.or.id atau surat akreditasi yang dikeluarkan oleh Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi yang dimiliki Perguruan Tinggi pelamar.
  • Scan berwarna Surat Tanda Registrasi yang masih berlaku yang diterbitkan oleh Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia, khusus untuk kebutuhan Jabatan Tenaga Kesehatan.

c. Kebutuhan Penyandang Disabilitas

  • Seluruh dokumen persyaratan sebagaimana dimaksud pada huruf a angka 1) s.d. 9).
  • Scan berwarna Surat Keterangan Dokter yang menerangkan jenis disabilitas paling tinggi tingkat/derajat 1 (satu) dari Rumah Sakit Pemerintah atau Rumah Sakit TNI/Polri.
  • Video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar. Pada video tersebut, pelamar harus memperlihatkan kondisi fisik sebagai media untuk panitia dalam melakukan verifikasi dengan mengetahui jenis dan tingkat/derajat kedisabilitasan pelamar secara visual. Dokumen video tersebut diunggah melalui akun Youtube masing-masing pelamar dan selanjutnya menyampaikan tautan (link) video tersebut pada akun pendaftaran SSCASN 2024 masing-masing pelamar.

2. Dokumen Persyaratan Kebutuhan Jabatan SLTA

a. Scan berwarna Surat Lamaran yang diketik menggunakan komputer atau ditulis tangan yang ditujukan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia di Jakarta, dibubuhi e-meterai Rp10.000,- (dapat diperoleh melalui https://meterai-elektronik.com) serta ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format surat lamaran dapat diunduh pada laman https://casn.kemenkumham.go.id).

b. Scan berwarna Surat Pernyataan yang diketik menggunakan komputer atau ditulis tangan, dibubuhi e-meterai Rp10.000,- (dapat diperoleh melalui https://meterai-elektronik.com) dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format surat pernyataan dapat diunduh pada laman https://casn.kemenkumham.go.id).

c. Scan berwarna Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) atau Surat Keterangan Perekaman e-KTP yang masih berlaku yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) / Instansi yang berwenang.

d. Scan berwarna Akta Kelahiran / Surat Keterangan Lahir dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

e. Pas foto terbaru dengan pakaian formal dan latar belakang berwarna merah.

f. Dokumen kelulusan pendidikan, yang terdiri dari:

  • Scan berwarna Ijazah.
  • Scan berwarna Transkrip / Daftar Nilai.
  • Scan berwarna Surat Penyetaraan Ijazah dan Transkrip Nilai dari Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi bagi lulusan Luar Negeri atau Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama bagi lulusan pesantren/madrasah (dokumen digabungkan dengan Ijazah atau Transkrip/Daftar Nilai).
g. Scan berwarna Surat Keterangan Domisili yang

Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenkumham 2024 Non SMA

Surat lamaran untuk CPNS Kemenkumham 2024 harus disampaikan kepada unit kerja yang sesuai dengan jabatan yang dilamar, sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam pengumuman. Surat tersebut mencakup informasi pribadi, seperti penulisan nama, tempat dan tanggal lahir, hingga alamat email aktif.

Surat lamaran ini juga mencantumkan maksud dan tujuan, yaitu untuk melamar sebagai CPNS Kemenkumham 2024. Selain itu, surat tersebut menyertakan daftar lampiran sebagai bahan pertimbangan, diakhiri dengan penutup dan tanda tangan yang dibubuhi materai. Berikut tautan untuk mengunduh contoh format surat lamaran CPNS Kemenkumham 2024.

Link Download Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenkumham 2024

Link Surat Penyataan CPNS Kemenkumham 2024

Pendaftar CPNS 2024 Kemenkumham harus memenuhi persyaratan umum yang telah ditetapkan. Mereka kemudian harus menyatakan kebenaran informasi yang diberikan melalui sebuah surat pernyataan.

Terdapat dua jenis surat pernyataan yang perlu diisi, yaitu Surat Pernyataan 5 Poin dan Surat Pernyataan 11 Poin.

Berikut adalah tautan untuk mengunduh PDF Surat Pernyataan CPNS Kemenkumham 2024:

Link Download PDF Surat Pernyataan CPNS Kemenkumham 2024

Baca juga artikel terkait CPNS 2024 atau tulisan lainnya dari Ruhma Syifwatul Jinan

tirto.id - Aktual dan Tren
Kontributor: Ruhma Syifwatul Jinan
Penulis: Ruhma Syifwatul Jinan
Editor: Dipna Videlia Putsanra