Menuju konten utama

Contoh Soal UP UKMPPG 2023 Matematika dan Kunci Jawaban

Berikut contoh soal Matematika untuk UP UKMPPG 2023 dan kunci jawabannya. 

Contoh Soal UP UKMPPG 2023 Matematika dan Kunci Jawaban
Sebanyak 313 orang dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Program Pendidikan Guru (PPG) Dalam Jabatan. (ANTARA) (ANTARA/)

tirto.id - Peserta yang lulus PPG Daljab 2023 angkatan 1 akan segera melaksanakan tes Matematika dalam ujian pengetahuan.

Ujian UP UKMPPG Daljab 2023 angkatan 1 ditujukan bagi mahasiswa lulus PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Gelombang II Tahun 2022, peserta retaker UP, dan UKIN UKMPPG yang telah memenuhi syarat.

Berdasarkan jadwalnya, peserta UKMPPG 2023 akan melaksanakan Uji Pengetahuan (UP) pada 26-27 Agustus 2023. Di tahap ini, mahasiswa PPG harus mengerjakan soal yang berkaitan dengan pembelajaran sebagai seorang guru seperti pelajaran Matematika.

Sebelum menjalani tahap tersebut, mahasiswa PPG dianjurkan untuk melakukan pelatihan terlebih dahulu agar berpotensi mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut contoh soal UP UKMPPG 2023 Matematika dan jawabannya yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran.

Kumpulan Contoh Soal UP UKMPPG 2023 Matematika dan Jawabannya

1. Dalam sebuah pembelajaran tentang bentuk aljabar, 2a + 3b diilustrasikan oleh siswa sebagai jumlahan dua buah apel dan tiga buah jeruk. Siswa lain mengilustrasikan jumlahan dari buah apel yang berada pada dua kardus besar dan tiga kardus kotak kecil. Tindakan yang tepat yang dapat dilakukan oleh guru untuk menangani perbedaan pendapat siswa tersebut ialah...

A. Menjelaskan bahwa kedua jawaban tersebut benar

B. Meminta siswa untuk melihat kembali tentang definisi variabel

C. Meminta siswa untuk melihat kembali unsur dari bentuk aljabar

D. Memberikan soal lain agar siswa dapat mendapatkan pola

E. Memberikan selamat bagi siswa yang menjawab dengan benar

Jawaban: (B)

2. Diketahui barisan 1 / 2, 1/4, 1/8, .... Tentukan suku ke 8 barisan tersebut. Dari pilihan jawaban berikut yang merupakan pengecoh yang kurang tepat adalah...

A. 1/128

B. 1/256

C. 1/512

D. 1/1024

E. 1/(2+2+2+2+2+2+2+2+2+2+2+2+2+2+2+2)

Jawaban (E)

3. Diketahui bahwa Pada suatu segitiga siku-siku, kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat sisi yang lain dalam segitiga tersebut. Soal yang paling cocok untuk mengukur penguasaan konsep tersebut adalah ....

A. Sebutkan 3 bilangan yang merupakan tripel phytagoras

B. Suatu segitiga ABC mempunyai sisi 12 cm, 13 cm, dan 15 cm. Apakah segitiga tersebut merupakan segitiga siku-siku?

C. Suatu segitiga ABC mempunyai sisi a= 2 cm, b=3 cm, dan c=25 cm. Apakah c merupakan sisi miring segitiga tersebut?

D. Sebutkan rumus phytagoras

E. Tuliskan teorema phytagoras.

Jawaban (C)

4. Pada saat siswa diberi soal tentang masalah kombinasi, siswa banyak yang salah dalam menjawab soal tersebut. Setelah dianalisis kesalahan mereka dikarenakan salah dalam menerapkan rumus dan menganggap permasalahan yang diberikan adalah masalah permutasi. Tindakan yang sesuai untuk menangani kesalahan siswa dalam menjawab soal-soal tersebut adalah ....

A. Memperbanyak contoh-contoh soal yang menggunakan rumus kombinasi

B. Memberikan latihan masalah-masalah kontekstual tentang permutasi

C. Memberikan latihan masalah masalah kontekstual yang dapat membedakan antara permutasi dan kombinasi

D. Membandingkan rumus permutasi dan kombinasi

E. Memperbanyak latihan soal menggunakan rumus kombinasi

Jawaban (C)

5. Dalam sebuah kelas, mayoritas siswa kurang aktif mengikuti pembelajaran sehingga siswa terlihat sering mengantuk ketika mengikuti pembelajaran. Diantara tujuan PTK berikut, yang sesuai dengan permasalahan ialah...

A. Meningkatkan keaktifan siswa melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik

B. Membandingkan keaktifan siswa sebelum dan sesudah penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik

C. Mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik

D. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa dalam pembelajaran

E. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar matematika

Jawaban (A)

6. Diketahui judul PTK :”Penerapan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir kritis Siswa Kelas 7A SMPN 1 Salatiga”

(1) Berpikir Kritis

(2) Problem based learning

(3) Pengajuan masalah

(4) Pembelajaran Matematika

Dari poin-poin materi tersebut, yang harus dibahas dalam kajian pustaka adalah ....

A. (1) dan (2) D. (1) dan (3)

B. (3) dan (4) E. Semua jawaban benar

C. (1), (2), dan (3)

Jawaban (A)

7. Garis menyinggung parabola y = x2 di titik (1,1). Persamaan garis singgungnya adalah...

A. y = 2x + 1

B. y = 2x - 1

C. y = -2x - 1

D. y = -2x + 1

E. y = -2x + 3

Jawaban (A)

8. Persegi berukuran 10cm x 10 cm telah terbagi menjadi lima persegipanjang yang luasnya sama, berapa panjang AB....

A. 5 1/3

B. 5 2/3

C. 6

D. 6 1/3

E. 6 2/3

Jawaban (A)

9. Diketahui kubus ABCD.EFGH degan rusuk 8 cm, M adalah titik tengah EH, jarak M ke AG adalah....

A. 4 √6 cm

B. 4 √5 cm

C. 4 √3 cm

D. 4 √2 cm

E. 4 cm

Jawaban (D)

10. Kubus ABCD.EFGH dengan R pada DC sehingga ER:RC = 2:1 perbandingan volume limas dan kubus adalah...

A. 1:3

B. 1:4

C. 1:6

D. 1:8

E. 1:9

Jawaban (E)

11. Persamaan bayangan garis y = 2x – 3 refleksi terhadap garis y = -x, dilanjutkan dengan refleksi terhadap y = x adalah...

A. y + 2x – 3 = 0

B. y – 2x – 3 = 0

C. 2y + x -3 = 0

D. 2y – x – 3 = 0

E. 2y + x + 3 = 0

Jawaban (B)

12. Dua puluh orang pramuka sedang berada di perkemahan. Empat dari 10 orang pramuka puteri merupakan Penggalang Ramu. Untuk suatu pekerjaan, 2 orang pramuka puteri diutus keluar perkemahan. Selanjutnya, pramuka kelompok ketiga ditugaskan untuk pekerjaan lain. Apakah pendapatmu tentang peluang pramuka kelompok ketiga ini dilihat dari jenis kelaminnya?

A. Kemungkinan besar pramuka ketiga tersebut adalah pramuka putera

B. Kemungkinan besar pramuka ketiga tersebut adalah pramuka puteri

C. Kemungkinan pramuka putera dan puteri sama besar

D. Tidak dapat ditentukan karena semua pramuka dapat ditugaskan

E. Kemungkinan pramuka puteri lebih besar

Jawaban (A)

13. Dua keluarga yang masing-masing terdiri dari 2 orang dan 3 orang ingin foto bersama. Banyak posisi foto yang berbeda dengan anggota keluarga yang sama selalu berdampingan adalah...

A. 24

B. 36

C. 48

D. 72

E. 96

Jawaban (A)

14. Negasi dari pernyataan “Matematika tidak mengasyikka atau membosankan” adalah...

A.Matematika mengasyikkan atau tidak membosankan

B. Matematika mengasyikkan atau membosankan

C. Matematika tidak mengasyikkan dan membosankan

D. Matematika tidak mengasyikkan dan tidak membosankan

E. Matematika mengasyikkan dan tidak membosankan

Jawaban (E)

15. Pernyataan yang ekuivalen dengan “Jika a anggota A maka a bukan anggota B” adalah...

A. Jika a bukan anggota A maka a anggota B

B. Jika a bukan anggota B maka a anggota B

C. a anggota A dan a bukan anggota B

D. a bukan anggota A atau a bukan anggota B

C. a anggota A atau a bukan anggota B

Jawaban (D)

16. Nilai konstanta A agar persamaan diferensial (x2 + 3xy)dx + (Ax2 + 4yy)dy = 0 eksak adalah...

A. 3

B. 2

C. 3/2

D. 1

E. 1/2

Jawaban (C)

17. Ratna, Bagus, dan Wayan pergi bersama ke toko buah. Ratna membeli 2 kg apel, 2 kg anggur, dan 1 kg jeruk dengan harga Rp67.000,00. Bagus membeli 3 kg apel, 1 kg anggur, dan 1 kg jeruk dengan harga Rp61.000,00. Wayan membeli 1 kg apel, 3 kg anggur, dan 2 kg jeruk dengan hbarga Rp80.000,00, harga 1 kg apel, 1 kg anggur, dan 4 kg jeruk adalah...

A. Rp42.000

B. Rp48.000

C. Rp52.000

D. Rp58.000

E. Rp62.000

Jawaban (D)

18. Bilangan 331 merupakan bilangan prima yang memiliki tepat dua angka kembar yakni 3. Banyak bilangan prima antara 300 dan 400 yang memiliki dua angka kembar adalah?

A. 5

B. 6

C. 7

D. 8

E. 9

Jawaban (D)

19. Jika bilangan bulat x dan y memenuhi kongruensi 3x = 5 mod 11, 2x = 7 mod 11, maka x + y, kongruensi modulo 11 dengan...

A, 5

B. 7

C. 9

D. 11

E. 13

Jawaban (B)

20. Jumlah dari semua nilai x yang memenuhi [2x + 3] – x = 6 adalah...

A. 3

B. 1

C. 0

D. -1

E. -3

Jawaban (C).

Baca juga artikel terkait AKTUAL DAN TREN atau tulisan lainnya dari Imanudin Abdurohman

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Imanudin Abdurohman
Penulis: Imanudin Abdurohman
Editor: Alexander Haryanto