Menuju konten utama

Contoh Pengumuman Pengambilan Raport & Akhir Tahun Pelajaran

Contoh pengumuman pengambilan raport & akhir tahun pelajaran berikut ini bisa jadi acuan. Simak selengkapnya di sini.

Contoh Pengumuman Pengambilan Raport & Akhir Tahun Pelajaran
Guru menyerahkan rapor hasil semester ganjil kepada orang tua murid di Sekolah Dasar Negeri I Banda Aceh, Aceh, Jumat (18/12/2020). Antara Aceh/Ampelsa

tirto.id - Akhir tahun pelajaran umumnya ditandai dengan pembagian raport oleh pihak sekolah kepada wali murid. Momen ini menjadi salah satu momen penting karena wali murid dapat mengetahui nilai serta aktivitas siswa selama setahun sebelumnya.

Berdasarkan raport yang sudah diperoleh, wali murid bisa mengukur kemampuan dan capaian siswa di sekolah selama satu semester. Dengan begitu, wali murid memiliki acuan untuk mengevaluasi siswa dan memberinya motivasi sebelum memasuki tahun pelajaran baru.

Bagi pihak sekolah, pembagian raport bisa menjadi kesempatan mereka untuk bertemu dengan wali murid. Interaksi yang terjalin di antara kedua belah pihak dapat menjaga hubungan satu sama lain, di samping membahas perkembangan siswa dari segi akademik maupun nonakademik.

Contoh Pengumuman Pembagian Raport

Pembagian raport umumnya digelar oleh pihak sekolah. Lokasi pembagian raport biasanya berada di sekolah itu sendiri. Wali murid akan diundang ke sekolah untuk mengikuti pembagian raport anak mereka.

Agar informasi mengenai pembagian raport bisa diketahui oleh wali murid, pihak sekolah mesti menyebarkan pengumuman jadwal pembagian raport terlebih dahulu. Dengan demikian, proses pembagian raport bisa terjadwal dengan baik.

Berikut ini adalah contoh pengumuman pembagian raport:

Kepada Yth.,

Orang Tua/Wali Murid

di Tempat

Dengan hormat, kami mengundang orang tua/wali murid SMP Negeri 3 untuk menghadiri acara pembagian raport semester di akhir tahun pelajaran.

Adapun detail acara dan ketentuan pengambilan raport adalah sebagai berikut:

1. Pengambilan raport dilakukan orang tua/wali murid pada hari Jumat, 21 Juni 2024 pukul 09.00-selesai di sekolah.

2. Syarat pengambilan raport adalah membayar uang daftar ulang sebesar Rp80.000 (Rp50.000 untuk tabungan siswa, sedangkan Rp30.000 untuk iuran OSIS selama 1 semester).

3. Sebelum pengambilan rapor, peserta didik diharapkan dapat menyelesaikan proses administrasi dengan sekolah.

4. Pada jadwal pengambilan rapor, peserta didik tetap hadir ke sekolah dengan memakai seragam sekolah.

Demikian pengumuman ini kami sampaikan, supaya menjadi perhatian seluruh peserta didik. Atas perhatian dan kehadiran Orang Tua/Wali Murid/Siswa, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Nama Kepala Sekolah

Contoh Pengumuman Libur

Usai pembagian raport dilaksanakan pihak sekolah, para siswa kemudian akan memasuki musim libur akhir tahun ajaran. Durasi libur sekolah di tahun ajaran baru dapat bervariasi, mulai dari 2 minggu hingga 3 minggu.

Pihak sekolah bisa membuat pengumuman libur akhir tahun ajaran agar bisa diketahui oleh siswa. Adanya pengumuman, disertai dengan tanggal libur akhir tahun ajaran, bisa jadi acuan siswa sebelum kembali masuk ke sekolah.

Berikut ini adalah contoh pengumuman libur:

Kepada Yth. :

Orang tua/wali siswa SMP Negeri 10

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan berakhirnya kegiatan belajar-mengajar pada Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 dan selesainya pembagian raport kenaikan kelas, perkenankan kami untuk menyampaikan beberapa hal berikut ini:

  1. Kami ucapkan selamat disertai harapan pada tahun pelajaran yang akan datang kepada siswa yang berhasil naik kelas ke jenjang lebih tinggi. Bagi siswa yang tinggal kelas, kami berharap mereka tidak berkecil hati dan menjadikan pengalaman ini sebagai pelajaran demi masa depan.

  2. Libur akhir tahun ajaran baru akan dimulai tanggal 24 Juni hingga 13 Juli 2024. Semoga libur akhir tahun ajaran ini bisa diisi oleh siswa dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat.

  3. Awal tahun ajaran baru 2024/2025 bakal dimulai tanggal 15 Juli 2024.

  4. Bersamaan dengan ini, kami sampaikan pula bahwa pelaksanaan daftar ulang untuk Tahun Ajaran 2024/2025 dengan membayar biaya pendidikan tahap I akan berlangsung tanggal 20-26 Juni 2024.
Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Kepala Sekolah.

Baca juga artikel terkait TAHUN AJARAN BARU 2024 atau tulisan lainnya dari Ahmad Yasin

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Ahmad Yasin
Penulis: Ahmad Yasin
Editor: Yulaika Ramadhani