tirto.id - Contoh deskripsi ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Quran (BTQ) jenjang SD, SMP, dan SMA dapat digunakan para guru dalam menyusun penilaian ekstrakurikuler rapor siswa.
BTQ merupakan kegiatan ekstrakurikuler bersifat tambahan dan berada di luar jam pelajaran utama. Tujuan BTQ adalah mengajarkan siswa tentang cara membaca, menulis, dan memahami Al-Quran dengan baik dan benar.
Ekstrakurikuler BTQ sendiri mulai diterapkan di tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Kegiatan ini diyakini bisa membekali siswa dengan keterampilan keagamaan.
Kumpulan Contoh Deskripsi Raport Nilai Ekskul Baca Tulis Al-Qur'an
Ekstrakurikuler BTQ memberikan kontribusi besar dalam pembentukan karakter dan pengembangan kemampuan spiritual siswa. Deskripsi rapor nilai ekskul BTQ menjadi hal krusial yang disampaikan dalam rapor agar para siswa dan orang tua mengetahui pencapaian selama ini.
Sejumlah manfaat mengikuti ekstrakurikuler BTQ diantaranya adalah sebagai berikut:
Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran
Siswa diajarkan membaca Al-Quran dengan tajwid yang benar, memperbaiki cara membaca mereka, dan menghafal surat-surat pendek.
Menguatkan Pemahaman Agama
Ekstrakurikuler BTQ juga membantu siswa dalam memahami isi dan makna Al-Quran. Lalu dapat memperdalam iman dan meningkatkan karakter religius.
Membangun Akhlak yang Baik
Siswa diharapkan mengimplementasikan nilai-nilai moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari.
Meningkatkan Keterampilan Menulis
Selain membaca, ekskul BTQ juga melibatkan kegiatan menulis ayat-ayat Al-Quran. Nantinya bisa meningkatkan keterampilan siswa.
Membentuk Kedekatan Agama
BTQ membantu siswa merasa lebih dekat dengan agama Islam dan menjalani kehidupan yang lebih seimbang secara spiritual dan sosial.
Berikut ini adalah contoh deskripsi raport nilai ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Quran (BTQ) yang bisa menjadi referensi berdasarkan kategori "Sangat Baik", "Baik", Cukup Baik", "Perlu Peningkatan", dan "Kurang":
Sangat Baik
1. "Aisyah menunjukkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an dengan sangat baik. Ia memiliki tartil yang indah, pemahaman tajwid yang sangat baik, serta konsisten dalam menghafal ayat-ayat pendek. Aisyah juga berperan aktif dalam membimbing teman-temannya yang membutuhkan bantuan."
2. "Farhan menunjukkan kemampuan luar biasa dalam membaca Al-Qur'an dengan tajwid yang sempurna. Ia sangat fokus dalam setiap pelajaran dan mampu menghafal surat-surat panjang dengan cepat. Farhan juga aktif membantu teman-temannya yang kesulitan dalam menghafal."
3. "Zahra menunjukkan pemahaman tajwid yang sangat baik dan dapat membaca Al-Qur'an dengan lancar dan tartil. Zahra selalu hadir tepat waktu dan memberikan contoh yang baik kepada teman-temannya, terutama dalam menghafal surat-surat panjang."
Baik
4. "Hafidz memiliki kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an dengan baik. Ia memahami tajwid dan berusaha menerapkannya dengan benar. Hafidz juga rajin mengikuti kegiatan dan terus berusaha meningkatkan hafalan surat-surat pendeknya."
5. "Fajar telah menunjukkan kemajuan yang baik dalam membaca dan menulis Al-Qur'an. Ia berusaha memahami dan mempraktikkan tajwid dengan lebih baik. Fajar juga mengikuti kegiatan dengan penuh semangat dan terus meningkatkan kemampuan hafalannya."
6. "Rizky memiliki pemahaman yang baik tentang tajwid dan cukup lancar dalam membaca Al-Qur'an. Ia juga aktif dalam mengikuti setiap latihan dan berusaha untuk memperbaiki bacaannya. Rizky menunjukkan kemajuan yang memuaskan dalam hal hafalan surat-surat pendek."
Cukup Baik
7. "Nabila menunjukkan kemajuan dalam membaca Al-Qur'an dengan memahami dasar-dasar tajwid. Namun, ia perlu lebih konsisten dalam berlatih menulis ayat-ayat Al-Qur'an dan meningkatkan kefasihan dalam membaca. Diharapkan Nabila lebih rajin mengulang pelajaran di rumah."
8. "Siti menunjukkan kemajuan dalam membaca Al-Qur'an, namun ia masih perlu berlatih lebih giat untuk menguasai tajwid dengan sempurna. Siti juga harus lebih fokus dalam kegiatan menulis dan menghafal untuk meningkatkan kemampuannya."
9. "Amira menunjukkan usaha yang baik dalam belajar membaca Al-Qur'an, meskipun kadang masih terdapat kekeliruan dalam penerapan tajwid. Amira perlu lebih fokus dalam berlatih agar dapat memperbaiki teknik membaca dan menulisnya."
Perlu Peningkatan
10. "Arif telah berusaha untuk mengikuti kegiatan BTQ, namun ia perlu meningkatkan fokus dan ketelitiannya dalam membaca serta menulis Al-Qur'an. Arif diharapkan lebih rajin berlatih dan memperhatikan bimbingan yang diberikan oleh pembina."
11. "Jamal menunjukkan ketertarikan pada ekstrakurikuler BTQ, tetapi ia masih kesulitan dalam membaca dan menulis Al-Qur'an dengan benar. Diperlukan usaha lebih keras agar Jamal dapat memperbaiki teknik membaca dan menulisnya, serta lebih rajin mengikuti sesi latihan."
12. "Sofyan perlu lebih berusaha dalam mengikuti kegiatan BTQ. Ia sering kesulitan dengan tajwid dan membutuhkan perhatian lebih dari pembina. Diharapkan Sofyan lebih fokus dalam berlatih dan memperbaiki kesalahan dalam membaca dan menulis Al-Qur'an."
Kurang
13. "Rahma jarang mengikuti kegiatan BTQ sehingga belum menunjukkan perkembangan yang berarti dalam membaca dan menulis Al-Qur'an. Diharapkan Rahma lebih berkomitmen untuk hadir dan memanfaatkan bimbingan dari pembina agar kemampuannya meningkat."
14. "Vira belum menunjukkan perkembangan yang memadai dalam mengikuti kegiatan BTQ. Ia jarang hadir dan tidak serius dalam berlatih. Diharapkan Vira lebih giat berlatih dan memperhatikan pembinaan agar kemampuannya dalam membaca dan menulis Al-Qur'an dapat meningkat."
15. "Shabrina belum menunjukkan kemajuan yang memadai dalam membaca dan menulis Al-Qur'an. Ia sering absen dari kegiatan dan belum menunjukkan usaha maksimal dalam memperbaiki bacaannya. Diharapkan Shabrina lebih aktif dalam latihan dan mengikuti bimbingan secara rutin."
Penulis: Robiatul Kamelia
Editor: Beni Jo & Fitra Firdaus