Cetak Wirausaha Baru, Pemerintah Ajak Mahasiswa Manfaatkan KUR

Reporter: Dwi Aditya Putra - 28 Jun 2022 13:35 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Menko Perekonomian Airlangga Hartaro mengingatkan pentingnya penciptaan wirausaha baru yang berkualitas berasal dari lingkungan perguruan tinggi.
tirto.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan pentingnya penciptaan wirausaha baru yang berkualitas berasal dari lingkungan perguruan tinggi. Karena itu, dia berharap mereka bisa memanfaatkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk meningkatkan modal usaha.

"Fokus pembiayaan KUR salah satunya adalah untuk mendorong wirausaha baru, dan pemberian KUR kepada wirausaha baru. Tentunya kita berharap adanya KUR bisa mendorong para wirausaha baru meningkatkan modal usaha, meningkatkan investasi, dan secara bertahap para wirausaha bisa naik kelas," kata Airlangga dalam keterangannya, Senin (28/6/2022).

Sebab itu, Airlangga mendorong mahasiswa yang telah memiliki usaha dapat mengakses pembiayaan melalui KUR Super Mikro. KUR ini bisa diperoleh jika usahanya membutuhkan pembiayaan hingga Rp10 juta.

Dia juga menjelaskan mahasiswa yang telah memiliki usaha bisa mengakses pembiayaan melalui KUR Mikro untuk pembiayaan diatas Rp10 juta sampai dengan Rp100 juta. Selain itu mahasiswa juga bisa mengakses pembiayaan KUR Kecil untuk pembiayaan diatas Rp100 juta sampai dengan Rp500 juta.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir menjelaskan saat program KUR terdiri dari KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Penempatan Pekerja Migran Indonesia, dan KUR Khusus dengan plafon sampai dengan Rp100. Di mana pembiayaannya bisa diakses cukup dengan usaha yang dibiayai tanpa memerlukan agunan tambahan.

"Program kewirausahaan di kampus merupakan salah satu kunci utama penciptaan lapangan kerja. Sumber daya manusia generasi muda yang berkualitas tinggi akan mendorong aktivitas kewirausahaan, sehingga dapat mempercepat penciptaan lapangan kerja," kata Iskandar.




Baca juga artikel terkait KREDIT USAHA RAKYAT atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight