Cara Sederhana Agar Keuangan Finansial Aman di Usia 30-an

Oleh: Fadila Armadita - 23 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Apa sajakah langkah sederhana yang bisa dilakukan agar aman finansial di usia 30-an?
tirto.id - Bebas finansial di atas usia 30-an adalah impian banyak orang. Keuangan aman atau bebas finansial ini bisa dipahami ketika sudah memiliki tabungan yang cukup dan juga tempat tinggal.

Akan tetapi tidak sedikit yang masih merasa kesulitan menabung dan menyisihkan uang. Akhirnya mereka belum memiliki apa-apa ketika usia 40-an. Mempersiapkan dana pensiun bagi mereka yang bekerja di sektor swasta bisa dipersiapkan sejak awal bekerja. Ini juga bisa membantu seseorang berada di zona aman finansial ketika usia 30-an.

Berikut ini adalah langkah sederhana menuju aman finansial di usia 30-an, seperti dilansir investopedia.

  • Kenali Aset dalam Diri
Keterampilan dan pengetahuan adalah aset seseorang. Itu sebabnya mengembangkan dan meningkatkan kemampun secara terus menerus. Mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang lebih baik membuat seseorang akan menabung dan berinvestasi lebih besar lagi.

  • Rencanakan Keuangan
Kegagalan finansial bisa disebabkan karena seseorang tidak memiliki rencana keuangan yang matang. Penting bagi seseorang untuk memiliki rencana keuangan, agar lebih mudah untuk mewujudkan rencana tersebut. Ini penting untuk menuju peningkatan dan keamanan finansial seseorang. Anda bisa membuat rencana keuangan bulanan, tiga bulanan, dan tahunan.

  • Lunasi Utang Segera
Salah satu kendala bebas finansial adalah utang atau pinjaman dari bank dengan bunga yang tinggi. Segera lunasi dan bayar tagihan kartu kredit agar tidak semakin menumpuk dan menggagalkan rencana finansial. Demikian pula dengan cicilan rumah, mobil, dan lainnya.

  • Punya Target Menabung dan Investasi
Menabung itu bukan dari sisa penghasilan, buatlah target berapa dana yang dialokasikan untuk tabungan setiap bulannya. Ketika penghasilan meningkat, tambah juga jumlah tabungan setiap bulannya. Tabungan dan investasi akan berguna sebagai dana pensiun, bagi mereka yang bekerja di sektor swasta dan tidak mendapatkan uang pensiun setiap bulannya.

Moneyunder30.com menulis, salah satu investasi yang paling mudah adalah reksadana, yaitu salah satu instrumen investasi yang menggabungkan antara saham dan obligasi. Tak perlu repot-repot memikirkan keuntungan atau cara kerja karena ada manajer investasi yang akan menjalankan dana yang Anda titipkan.

Apabila ingin menjalankan investasi sendiri, pilihlah investasi yang aman dan terpercaya seperti emas dan saham, serta yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jika ingin memulai investasi saham, bisa memilih perusahaan sekuritas yang membuka rekening investasi dari Rp100.000.

  • Gaya Hidup Sederhana
Seseorang yang baru bekerja gaya hidupnya pasti meningkat. Membeli pakaian baru, sepatu, aksesori, dan lain-lain sepertinya tidaklah besar namun tanpa disadari akan membuat uang Anda cepat habis. Gaya hidup perlu ditekan dan tidak perlu ikut-ikutan naik kendati gaji juga meningkat. Apalagi ketika gaji masih tetapnamun gaya hidup tinggi, ini akan menimbulkan masalah baru. Tidak menutup kemungkinan seseorang akan berutang untuk memenuhi gaya hidupnya.

  • Melek Finansial
Belajarlah tentang finansial dari buku atau media sosial. Melek finansial adalah sesuatu yang penting, terutama bagi pemula. Bukan hanya belajar mengelola keuangan akan tetapi juga memilih investasi yang tepat.


Baca juga artikel terkait INVESTASI atau tulisan menarik lainnya Fadila Armadita
(tirto.id - Ekonomi)

Penulis: Fadila Armadita
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight