Cara Mengganti Nama di Google Classroom dengan 8 Langkah

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 15 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cara mengubah nama di Google Classroom dapat dilakukan hanya dalam 8 langkah mudah. Ikuti petunjuknya supaya proses belajar mengajar menjadi lebih mudah.
tirto.id - Selama pandemi COVID-19, para siswa dan mahasiswa melakukan sesi belajar secara virtual dengan berbagai aplikasi penunjang termasuk Google Classroom. Pemerintah Indonesia melalui Kemendikbud pun menyebut Google Classroom sebagai salah satu platform pembelajaran daring terkait imbauan belajar dari rumah.

"Beberapa pihak yang fokus mengembangkan sistem pendidikan secara daring antara lain Google Indonesia, Kelas Pintar, Microsoft, Quipper, Ruangguru, Sekolahmu, dan Zenius," tulis Kemendikbud dalam pernyataannya.

Google Classroom adalah bagian dari G Suite for Education yang hadir dalam versi aplikasi seluler. Selain melalui ponsel, Google Classroom juga dapat diakses menggunakan internet di komputer dengan aplikasi penelusuran apapun seperti Chrome, Firefox, atau Internet Explorer.

Proses pembelajaran melalui Google Classroom dapat juga memanfaatkan layanan Drive, Calender, Form, Jamboard, Hangouts Meet, Docs, Sheets, Slide, atupun Gmail. Hal tersebut lantaran Google Classroom merupakan bagian dari G Suite.

Untuk mengaksesnya, pengajar dan siswa wajib memiliki akun Google agar saling terhubung dengan mudah. Namun, apabila Anda telah memiliki akun Google, Anda dapat masuk di laman Google Classroom menggunakan akun tersebut.

Cara Mengubah Nana di Google Classroom


Sementara itu, beberapa orang mungkin telah mengatur nama untuk akun Google mereka saat mendaftar atau bahkan mendapatkan nama yang acak. Namun, Anda juga dapat mengganti lagi nama tampilan di Google Classroom tersebut. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk di Google Classroom Anda
  2. Pada bagian kiri atas, Anda akan menemukan tiga baris horizontal yang bisa Anda pilih
  3. Ada beberapa menu dalam ikon tersebut, pilihlah menu “Setting”
  4. Selanjutnya, klik “Kelola” pada bagian setelan akun
  5. Klik menu “Info Pribadi” pada deretan menu di bagian atas
  6. Klik nama untuk mengubah nama sesuai dengan yang Anda inginkan
  7. Setelah mengganti nama Anda, klik “Simpan”
  8. Pergantian nama hanya bisa dilakukan tiga kali dalam waktu 90 hari.
Mengutip Ted, Anda juga bisa mengganti nama Google Classroom melalui G+. Untuk melakukannya, buka browser yang Anda gunakan, lalu masuk ke akun Google Anda. Setelah berhasil. Klik ikon kotak kotak di pojok kanan atas yang ada di kiri foto profil. Selanjutnya, klik menu Google+.

Setelah masuk ke akun Google+, klik bagian foto profil Anda. Pilih “Google+ Profile” dan klik “About”. Pada tampilan, klik ikon pensil pada bagian kanan layar lalu akan muncul kotak untuk edit nama Anda. Klik “OK” bila penyuntingan telah selesai dan pastikan nama telah terganti.


Baca juga artikel terkait GOOGLE CLASSROOM atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Agung DH
DarkLight