Cara Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93 pada 28 Oktober 2021

Oleh: Yantina Debora - 27 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Cara memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 yang masih dalam suasana pandemi sehingga tetap menggunakan protokol kesehatan.
tirto.id - Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-93 pada 28 Oktober 2021 masih dalam suasana pandemi Covid-19. Sama seperti tahun lalu, peringatan Sumpah Pemuda digelar dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Berdasarkan panduan penyelenggaraan Hari Sumpah Pemuda 2021 yang dikeluarkan Kemenpora, bakal digelar secara nasional di tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Perwakilan Indonesia di luar negeri.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 ini diselenggarakan secara terarah dan terpadu dengan membentuk panitia pada setiap tingkatan mulai dari panitia nasional hingga panitia tingkat provinsi.

Upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda juga bakal digelar di beberapa wilayah dengan syarat:

1. Dilaksanakan di zona hijau atau daerah/wilayah pada PPKM level I dengan pertimbangan di daerah/wilayah;
2. Acara peringatan HSP Ke-93 Tahun 2021 yang dilaksanakan dalam bentuk Upacara Bendera sesuai dengan protokol Covid-19;
3. Ditetapkan oleh Pimpinan Daerah;
4. Berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat;
5. Menjaga protokol Covid-19 secara ketat.

Apabila pacara tidak dapat dilakukan di lapangan terbuka, maka dapat dilaksanakan di ruang tertutup dengan Bendera Merah Putih terlebih dahulu sudah berkibar di atas tiang (pengibaran bendera tidak dilaksanakan). Acara pokok diikuti dengan penyesuaian acara seperlunya atau sesuai keperluan daerah masing-masing.

Upacara tingkat nasional dapat dilakukan oleh masing-masing instansi pemerintah atau swasta tingkat nasional, termasuk daerah yang telah disepakati dan ditunjuk untuk peringatan acara puncak Hari Sumpah Pemuda.

Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota/Kecamatan dilaksanakan oleh pemerintah daerah/organisasi/lembaga swasta setempat. Di luar negeri dilaksanakan oleh masing-masing Kantor Perwakilan RI setempat.

Puncak acara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 Tahun 2021 secara nasional dilaksanakan Kementerian Pemuda dan Olahraga secara virtual yang disiarkan secara lansung melalui stasiun televisi nasional.

Logo dan Twibbon Hari Sumpah Pemuda 2021


Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengusung tema "Bersatu, Bangkit dan Tumbuh." Tema ini tertera di logo Hari Sumpah Pemuda ke-93.

Bersatu artinya spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia. Bangkit bermakna Pemuda sebagai spirit partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi Covid-19.

Sedangkan Tumbuh berarti upaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan pemuda.

Sementara Hari Sumpah Pemuda menggunakan logo angka 93 yang ditulis sambung atau tanpa putus. Arti logo ini yaitu komitmen pemuda Indonesia untuk BERSATU dalam melawan pandemi Covid-19.

Bagi Anda yang ingin meramaikan peringatan Hari Sumpah Pemuda 2021, berikut link Twibbon yang bisa digunakan:

  1. Twibbon Hari Sumpah Pemuda 2021
  2. Twibbon Hari Sumpah Pemuda 2021
  3. Twibbon Hari Sumpah Pemuda 2021
  4. Twibbon Hari Sumpah Pemuda 2021
  5. Twibbon Hari Sumpah Pemuda 2021
  6. Logo Sumpah Pemuda 2021
  7. Logo Sumpah Pemuda 2021

Baca juga artikel terkait HARI SUMPAH PEMUDA 2021 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight