Cara Melihat Jadwal Vaksin ke-2 via SMS & Kartu Vaksinasi COVID-19

Oleh: Ibnu Azis - 28 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Bagi yang tidak dapat mengakses PeduliLindungi melihat jadwal vaksin ke-2 bisa lewat kartu vaksinasi COVID-19 dosis 1 dan pemberitahuan dari SMS.
tirto.id - Jadwal vaksin ke-2 atau pemberian vaksin dosis 2 dapat diketahui melalui kartu vaksinasi COVID-19 dosis 1 dan pemberitahuan dari SMS selain lewat aplikasi dan website PeduliLindungi.

Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa jarak pemberian dosis 1 dan 2 bergantung pada jenis vaksin yang diterima pertama kali. Oleh karenanya, jadwal vaksin ke-2 setiap orang bisa jadi berbeda-beda.

Dikutip dari situs resmi Satgas COVID-19, untuk vaksin produksi Sinovac dan Bio Farma waktu terbaik menerima dosis 2 adalah 28 hari setelah penyuntikan pertama. Sedangkan untuk vaksin produksi AstraZeneca dosis kedua diterima 12 minggu setelah dosis pertama.

Vaksin dosis kedua ditujukan sebagai booster atau meningkatkan kekuatan vaksin sehingga antibodi yang telah terbentuk semakin kuat dan optimal.


Cara Melihat Jadwal Vaksin ke-2

Cara paling umum melihat jadwal vaksin ke-2 adalah melalui aplikasi dan website PeduliLindungi. Layanan ini adalah sistem informasi dari pemerintah untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait penanganan COVID-19, termasuk jadwal vaksinasi.

Untuk mengetahui cara melihat jadwal vaksin dosis 2 melalui PeduliLindungi silakan cek di sini.

Bagi warga yang tidak dapat mengakses PeduliLindungi dapat menggunakan cara lain, yakni melihat informasi jadwal vaksin ke-2 melalui pemberitahuan dari SMS dan dari kartu vaksinasi COVID-19 dosis 1.

SMS tersebut akan dikirimkan ke penerima vaksin saat mendekati pelaksanaan vaksinasi ke-2, yang isinya kurang lebih sama dengan pemberitahuan vaksinasi pertama. Dalam SMS ini akan tertera nama dan NIK penerima vaksin serta jadwal vaksinasi ke-2.

Sementara pada kartu vaksinasi COVID-19 dosis pertama, jadwal vaksinasi ke-2 dapat dijumpai pada tabel “Riwayat Pemberian Vaksin COVID-19” pada kolom keterangan atau sebelah kanan kolom lokasi menerima. Di sana akan tertulis jadwal pelaksanaan vaksinasi dosis kedua.

Adapun kartu vaksinasi tersebut didapatkan penerima vaksin dosis pertama setelah divaksinasi. Kartu vaksinasi ini dicetak oleh petugas di meja 2 lalu diberikan ke penerima setelah observasi selesai.

Pemerintah saat ini sedang menjalankan vaksinasi tahap 3 yang menyasar masyarakat rentan, masyarakat umum lainnya, dan anak usia 12-17 tahun. Pemerintah menargetkan percepatan vaksinasi di Agustus sampai 2 juta dosis per hari.

Sementara itu, data terbaru Satgas COVID-19 per 27 Juli 2021, bertambah secara harian 550.229 orang yang telah menerima vaksinasi ke-1 dan 536.465 orang mendapatkan dosis vaksin ke-2. Adapun target sasaran vaksinasi nasional sebanyak 208.265.720 orang.


Baca juga artikel terkait VAKSIN COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Ibnu Azis
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight