SKB Kemenlu 2021

Cara Cek Lokasi SKB Kemenlu, Materi Ujian, Jadwal, & Syarat Dokumen

Oleh: Abdul Hadi - 22 November 2021
Dibaca Normal 3 menit
Cara cek lokasi SKB Kemenlu 2021 melalui portal SSCASN atau situs resmi rekrutmen CPNS Kemenlu.
tirto.id - Cara cek lokasi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kemenlu 2021 dapat dilakukan dengan mengakses laman https://data-sscasn.bkn.go.id/ujian. Selain melalui portal SSCASN, pengecekan titik lokasi (tilok) SKB Kemenlu juga bisa dilihat melalui situs rekrutmen instansi resminya.

Dari 5.854 peserta yang mengikuti ujian SKD CPNS Kemenlu 2021, terdapat 967 peserta yang lulus seleksi dan berhak mengikuti SKB. Seluruh peserta yang dinyatakan lulus SKD dan berhak mengikuti SKB akan mengikuti sejumlah tahapan tesnya.

Tahapan-tahapan tes SKB Kemenlu adalah tes kesehatan fisik dan psikis, tes substansi jabatan berbasis computer assisted test (CAT), tes kemampuan bahasa asing, serta tes esai dan wawancara.

SKB Kemenlu 2021 dijadwalkan berlangsung pada kisaran waktu antara 17 November - 18 Desember 2021. Agenda yang saat ini sedang berlangsung adalah tes psikis dan tes kemampuan bahasa asing.

Penjelasan lengkap mengenai tes psikis dan kemampuan bahasa asing CPNS Kemenlu 2021 dapat dilihat di sini.


Cara Cek Lokasi SKB Kemenlu 2021


Titik lokasi ujian ditetapkan setelah peserta memilih lokasi ujian yang ia inginkan. Kendati demikian, bagi peserta yang tidak memilih sendiri lokasi ujiannya, maka akan ditetapkan oleh panitia.

Ada dua cara untuk mengecek lokasi SKB Kemenlu 2021, yaitu melalui portal SSCASN dan situs resmi rekrutmen CPNS Kemenlu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Buka situs https://data-sscasn.bkn.go.id/ujian/
2. Ketikkan "Kementerian Luar Negeri" di kolom pencarian
3. Laman akan menampilkan sejumlah titik lokasi ujian.

Cara kedua adalah dengan langsung mengunjungi situs resmi CPNS Kemenlu di alamat: https://e-cpns.kemlu.go.id/

Jadwal SKB CPNS Kemenlu 2021


Tes SKB Kemenlu 2021 terdiri dari beberapa tahapan tes, sebagaimana merujuk pada Pengumuman Nomor: 00028/KP/11/2021/03. Seluruh tahapan tes SKD dijadwalkan berlangsung dari 17 November - 18 November 2021.

Rincian mengenai jadwal tahapan-tahapan tes tersebut adalah sebagai berikut.

1. Tes kesehatan psikis (22-26 November 2021)
2. Tes kemampuan bahasa asing (23-24 November 2021)
3. Tes kesehatan fisik (jadwal belum diumumkan)
4. Tes substansi jabatan menggunakan CAT BKN (jadwal belum diumumkan)
5. Tes esai dan wawancara (jadwal belum diumumkan)

Saat ini, Kemenlu sudah merilis dua jadwal SKB yang segera diselenggarakan, yaitu SKB tes kesehatan psikis dan SKB tes kemampuan bahasa asing.

Tes kesehatan psikis SKB Kemenlu 2021 dilangsungkan secara daring. Terkait prosedurnya, masing-masing peserta akan menerima panduan teknis dan tautan pendaftaran tes psikis melalui surat elektronik (surel) pada tanggal 18 hingga 20 November 2021.

Apabila peserta belum menerima surel panduan teknis hingga tanggal 20 November, peserta wajib menghubungi panitia pelaksana melalui email informasicpns@kemlu.go.id dan kemlu@experd.com dengan mencantumkan nama lengkap, nomor peserta, dan nomor KTP atau NIK.

Berikut ini tautan untuk mengunduh jadwal SKB tes kesehatan psikis.

Download Jadwal SKB Tes Kesehatan Psikis

Selanjutnya, untuk tes kemampuan bahasa asing diberikan kepada seluruh peserta yang melamar pada jabatan fungsional diplomat, penata kanselerai, dan pranata informasi diplomatik.

Sebagaimana disebutkan di atas, tes kemampuan bahasa asing akan diselenggarakan dalam dua hari, 23-24 November 2021, serta pelaksanaannya diselenggarakan secara daring.

Kelak, sebelum tes berlangsung, peserta wajib mengikuti readiness check pada 21 hingga 22 November 2021. Tautan untuk readiness check akan disampaikan ke email masing-masing peserta sesuai dengan yang terdaftar di SSCASN

Kelompok bahasa asing yang akan diujikan pada setiap peserta mencakup bahasa Arab, Cina, Inggris, Jepang, Korea, Rusia, dan Spanyol. Ketujuh kelompok tes bahasa asing tersebut disesuaikan dengan kualifikasi masing-masing peserta.

Berikut ini tautan untuk mengunduh jadwal SKB tes kemampuan bahasa asing.

Download Jadwal SKB Tes Kemampuan Bahasa Asing

Materi Ujian SKB Kemenlu 2021


Materi ujian SKB Kemenlu 2021 adalah soal-soal yang diteskan dalam computer assisted test (CAT) dari BKN.

Selain itu, berdasarkan pengumuman nomor 00028/KP/11/2021/03, tes yang akan diujian dalam SKB Kemenlu adalah tes kesehatan dan psikis, tes substansi jabatan menggunakan CAT BKN, tes kemampuan bahasa asing, serta tes esai dan wawancara.

Tes SKB CPNS Kemenlu merupakan kunci penting menentukan kelulusan peserta CPNS 2021. Sebab, bobot nilai SKB adalah 60 persen, sementara SKD adalah 40 persen dari keseluruhan nilai seleksi CPNS.

Karena tes yang diujikan spesifik sesuai jabatan, maka pelamar untuk jabatan penata kanselerai akan menerima soal-soal yang berkaitan dengan prosedur perencanaan dan penganggaran instansi pemerintah.

Sementara itu, peserta yang melamar untuk jabatan pranata informasi diplomatik akan menerima soal-soal yang berkaitan dengan komunikasi data, jaringan, hingga konsep keamanan informasi.

Durasi ujian SKB CAT harus diselesaikan peserta dalam waktu 90 menit. Sementara itu, peserta dengan disabilitas sensorik netra akan diberikan tambahan durasi waktu pengerjaan menjadi 120 menit.

Sebagai acuan, berikut ini tautan kisi-kisi materi SKB yang dirilis panitia CPNS Kemenlu 2021.

Materi Ujian SKB CPNS Kemenlu 2021

Syarat Dokumen SKB Kemenlu 2021


Peserta CPNS yang layak mengikuti SKB Kemenlu 2021 adalah mereka yang mencapai nilai tertinggi SKD, memenuhi nilai ambang batas (passing grade), serta masuk dalam kuota 3 kali jumlah kebutuhan jabatan.

Untuk mengikuti tes, terdapat sejumlah dokumen yang harus disiapkan peserta. Dokumen-dokumen pendukung itu dilansir KemenpanRB sebagai berikut.

1. KTP asli atau surat keterangan pengganti KTP, Kartu Keluarga (KK) asli, atau salinan KK yang dilegalisir basah oleh pejabat berwenang

2. Kartu peserta ujian

3. Formulir deklarasi sehat yang bisa diunduh dari akun SSCASN

4. Sertifikat vaksin minimal dosis pertama Hasil negatif COVID-19 melalui tes RT-PCR yang dilakukan pada 2x24 jam sebelum ujian atau tes antigen dalam waktu 1x24 jam sebelum ujian


Baca juga artikel terkait SKB KEMENLU 2021 atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Abdul Hadi
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight