Cara Buat Ucapan Lebaran 2021 & Selamat Idul Fitri dengan Aplikasi

Oleh: Ega Krisnawati - 12 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Canva menawarkan cara mudah untuk membuat kartu ucapan Lebaran 2021 dengan ratusan desain template Idulfitri unik.
tirto.id - Berdasarkan kalender Masehi hari Lebaran akan jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021 sampai Jumat, 14 Mei 2021. Untuk merayakannya, Anda dapat membuat kartu ucapan Lebaran yang lucu dan unik menggunakan Canva.

Lebaran atau Idulfitri 1 Syawal adalah momentum yang istimewa bagi umat Islam. Idulfitri biasanya diisi untuk mengungkapkan rasa sayang, memanjatkan syukur, doa, serta menyampaikan permintaan maaf atas segala kesalahan kepada sesama.

Laman Canva menawarkan cara mudah untuk membuat kartu ucapan Idulfitri dengan ratusan desain yang bisa dibuat kapan pun dan dimana pun secara gratis.

Anda dapat memilih berbagai format desain dan ditambahkan dengan beberapa fitur seperti teks, foto, ikon, stiker dan efek lainnya. Tanpa menunggu waktu yang lama, desain yang telah dibuat bisa langsung dikirimkan melalui email maupun media sosial lainnya.

Lantas bagaimana caranya?

Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran 2021 dengan Canva

1. Akses Canva.

Canva bisa diakses melalui website maupun aplikasi Canva di laptop dan di handphone.

2. Pilih format desain (template) kartu Lebaran gratis.

Untuk memilihnya, Anda dapat mengetik kata "lebaran" pada bilah pencarian. Lalu, pilih template ucapan Idulfitri yang disukai. Template tersedia dari ukuran untuk Instagram post, poster, hingga Insta Story.

3. Personalisasi ucapan Anda

Dengan menggunakan Canva, Anda bisa mengedit template kartu ucapan yang telah dibuat sesuka hati. Beberapa fitur edit yang bisa digunakan adalah ganti warna, teks, foto, ilustrasi, dan seterusnya. Bahkan, terdapat pula fitur untuk mengunggah foto.

4. Tambah elemen desain menarik lainnya

Untuk membuat ucapan Idulfitri yang menarik, Anda dapat menambahkan dengan efek animasi. Efek animasi yang digunakan di antaranya stiker gif, video, hingga efek suara.

5. Bagikan ucapan selamat Idulfitri

Simpan dan bagikan ucapan selamat hari raya Idulfitri secara online. Selain itu, Anda juga bisa mengundang teman, kerabat, hingga klien untuk mengakses desain.

6. Cetak desain kartu ucapan Idulfitri

Untuk mencetak desain kartu ucapan idulfitri, Anda dapat memanfaatkan fitur Canva Print. Caranya dengan memesan kartu ucapan yang berkualitas tinggi untuk dicetak. Lalu, kirim melalui pos.

Ucapan Selamat Idulfitri 1442 H

Ucapan Lebaran 2021 bisa menggunakan berbagai bahasa. Ada beberapa ucapan Idulfitri yang umum disampaikan orang-orang, yakni "mohon maaf lahir dan batin" atau "sugeng riyadi".

Berikut adalah beberapa ucapan yang bisa digunakan sebagai ide untuk membuat ucapan selamat Idulfitri. Ucapan ini dapat Anda bagikan kepada teman dan keluarga untuk menyebarkan ungkapan kebahagiaan dan perayaan, seperti dilansir Times of India.

- Dalam setiap senyum dan tawa bersama; Dalam setiap doa hening yang dijawab; Dalam setiap kesempatan yang menghampiri - semoga Allah selalu memberkahi di Idulfitri.

- Semoga Allah memberi Anda kegembiraan, kebahagiaan, kedamaian, dan kemakmuran pada kesempatan yang diberkahi ini. Selamat Idulfitri untuk Anda dan keluarga.

- Untuk semua salah yang pernah ada dan khilaf yang sempat terucap, semoga pintu maaf selalu ada. Selamat Idulfitri!

- Selamat Idulfitri, semoga hidupmu dipenuhi kebaikan sepanjang tahun. Happy Ied Mubarak!

- Tak ada perbuatan yang termulia selain memaafkan. Selamat Idulfitri.

6. Sucikan jiwa, bersihkan hati, di hari yang Fitri. Bukakan pintu maaf atas segala kesalahan, kekhilafan, dan kekeliruan selama ini. Happy Ied Mubarak!


Baca juga artikel terkait LEBARAN 2021 atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Ibnu Azis
DarkLight