Menuju konten utama

Bank Soal Tryout PPPK Guru SMP 2023 PDF dan Jawabannya

Bank soal tryout PPPK Guru SMP 2023 PDF dan jawabannya dapat dipakai sebagai bahan latihan peserta seleksi. Berikut adalah soal dan jawaban selengkapnya.

Bank Soal Tryout PPPK Guru SMP 2023 PDF dan Jawabannya
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon PNS dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non Guru di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/9/2021). ANTARA FOTO/Maulana Surya/aww.

tirto.id - Bank soal tryout PPPK Guru SMP 2023 PDF dan jawabannya dapat dipakai sebagai bahan latihan peserta seleksi.

Salah satu materi ujian tes kompetensi PPPK Guru 2023 adalah tes kompetensi teknis sesuai dengan bidangnya. Seleksi tersebut berlaku untuk seluruh formasi yang dibuka, termasuk seleksi untuk guru SMP.

Berdasarkan jadwal pelaksanaan, seleksi kompetensi PPPK dilaksanakan pada 10 November—4 Desember 2023. Usai seleksi kompetensi, agenda selanjutnya adalah pelaksanaan seleksi kompetensi teknis tambahan yang berlangsung pada 15 November hingga 6 Desember 2023.

Persiapan menjelang seleksi kompetensi PPPK dapat ditempuh dengan latihan soal kompetensi. Melalui latihan soal, diharapkan pendaftar PPPK bisa memiliki gambaran terkait soal yang akan dikerjakan pada seleksi kompetensi.

Adapun bagi pelamar PPPK Guru kategori prioritas 2 dan 3 akan terdapat tes situasional kerja sederhana. Seleksi tes situasional kerja ditujukan bagi pelamar dari kategori eks THK-II dan guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dan memiliki masa kerja minimal tiga tahun.

Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SMP 2023 dan Jawabannya

Contoh soal kompetensi teknis PPPK Guru SMP 2023 bisa dimanfaatkan oleh pelamar PPPK kategori Guru SMP. Latihan soal hadir bersama jawabannya sehingga guru diharapkan bisa mengevaluasi hasil latihan soal dengan baik.

Berikut contoh soal kompetensi teknis PPPK Guru 2023 dan jawabannya.

1. Salah satu indikator pembelajaran adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis. Untuk mencapai indikator tersebut, Bu Dina melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Kegiatan megkomunikasikan tentang perbedaan tumbuhan yang diletakkan di tempat gelap dan terang dalam diskusi kelas yang paling efektif adalah....

a. Siswa melaporkan proses dan hasil pengamatan

b. Siswa mengumpulkan laporan percobaan

c. Siswa menyajikan tabel hasil pengamatan

d. Siswa mengumpulkan laporan pengamatan

Kunci jawaban C

2. Peristiwa kejahatan yang terjadi di masyarakat mengenai keterlibatan siswa usia sekolah dasar baik sebagai pelaku. Hal itu menjadi suatu hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus bagi masyarakat pendidikan. Sebagai guru maka dalam menyikapi hal tersebut harus memiliki prinsip kebenaran yang ...

a. Kewajiban guru sebatas dalam pemberian pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik

b. Pendidikan yang cukup diberikan untuk mencerdaskan peserta didik

c. Pendidikan moral sebaiknya diberikan di keluarga masing-masing

d. Pentingnya pendidikan karakter ditanamkan dalam diri peserta didik sedini mungkin

Kunci Jawaban D

3. Dalam pengembangan pembelajaran, sebaiknya guru dapat memahami karakteristik anak Dibawah ini adalah salah satu dari karakteristik siswa SD, yaitu ....

a. Pengetahuan yang diperoleh diberikan secara abstrak.

b. Kemampuan berpikir secara kompleks.

c. Kemampuan berpikir secara parsial.

d. Cenderung bermain sambil belajar.

Kunci Jawaban D

4. Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui, memahami, mengaplikasi, menyelidiki dan menginformasikan suatu hal secara jelas. Pada penilaian proyek, hal yang perlu dipertimbangkan adalah ...

a. Relevansi bidang ilmu

b. Perintah kerja

c. Pemberian skor hasil belajar

d. Penilaian diri

Kunci Jawaban A

5. Pencapaian aspek keterampilan dalam proses pembelajaran sangat ditentukan oleh hal-hal sebagai berikut ...

a. Tergantung pada sikap kritis siswa

b. Terlibatnya siswa secara langsung dalam proses pembelajaran

c. Terlibat langsung dalam kegiatan ekstrakurikuler

d. Terlibat secara individual

Kunci Jawaban B

6. Pelajaran IPA hari ini tentang pemantulan cahaya. Pak Agung mengajak siswa melakukan kegiatan praktikum pemantulan pada cermin datar. Penilaian yang diterapkan tidak hanya ranah kognitif, tetapi juga psikomotorik. Berikut ini rubrik untuk menilai keterampilan siswa menggunakan busur derajat ketika mengukur besarnya Sudut datang dan memiliki skor rendah adalah

A. membaca hasil pengukuran busur derajat dari arah kanan

B. meletakkan posisi nol busur derajat pada garis normal

C. meletakkan titik tengah busur derajat berimpit dengan perpotongan sinar pantul dan garis normal

D. mengukur besar sudut antara garis normal dengan sinar datang

E. menghitung sudut datang

Kunci Jawaban E

7. Untuk mengembangkan konsep penjumlahan pecahan, alat peraga matematika yang paling tepat adalah...

A. Gambar beberapa persegi di papan tulis

B. Potongan sama besar model kue pizza

C. Lempengan persegi yang dipotong-potong vertikal dan horizontal

D. Potongan model buah apel

E. Garis bilangan

Kunci Jawaban B

8. Ibu dia adalah guru SD kelas V. Beliau akan mengajarkan materi “Peninggalan Sejarah”. Kegiatan siswa adalah mengamati tayangan video tentang benda-benda peninggalan sejarah. Langkah selanjutnya yang seharusnya dilakukan siswa adalah...

A. membuat karangan tentang peninggalan sejarah yang telah diamati

B. saling bercerita tentang pengalaman dari tayangan video dengan teman semeja

C. setiap siswa menyebutkan berbagai macam benda peninggalan sejarah dalam laporan sederhana

D. menggambar salah satu benda peninggalan sejarah

E. guru membimbing siswa untuk melakukan diskusi kelompok tentang tayangan video

Kunci Jawaban E

9. Salah satu contoh rumusan tujuan pembelajaran yang baik adalah....

A. siswa mampu menirukan tulisan yang dicontohkan guru

B. siswa mampu menulis tegak bersambung dengan rapi dan bersih

C. siswa mampu mengungkapkan gagasan dan perasaan dalam bentuk tulisan

D. siswa mampu menjiplak dan menebalkan tulisan yang dicontohkan guru

E. siswa mampu menulis kalimat sederhana sesuai gambar yang diamati

Kunci Jawaban C

10. Pak Deni akan mengajar tema “Sumber daya alam” ia berusaha agar siswa aktif maka ia mempunyai rencana kegiatan yang sekiranya dapat dilaksanakan. Ia berusaha menggunakan benda sebenarnya sebagai media pembelajaran ketika menjelaskan tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Oleh karena itu ia membawa benda benda tersebut di depan kelas seperti...

A. minyak tanah, batubara timah dan sayuran

B. emas, timah, batubara dan pasir kuarsa

C. sayuran, buah-buahan, emas dan intan

D. sayuran, bunga, minyak tanah dan pasir

E. batubara, nikel, bauxit dan tumbuhan

Kunci Jawaban B

Bank soal seleksi kompetensi guru SMP bisa diakses lebih detail melalui tautan berikut:

BANK SOAL SELEKSI KOMPETENSI GURU SMP (1)

BANK SOAL SELEKSI KOMPETENSI GURU SMP (2)

Baca juga artikel terkait CPNS 2023 atau tulisan lainnya dari Nurul Azizah

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Yulaika Ramadhani