Backyard Science Mola TV: Cara Mudah Belajar Sains untuk Anak

Oleh: Yantina Debora - 30 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Backyard Science yang tayang di Mola TV adalah acara edukasi untuk mengenalkan sains pada anak-anak.
tirto.id - Ilmu sains bisa dikenalkan sejak dini ke anak-anak dengan kemasan yang sederhana dan menyenangkan. Salah satu caranya dengan tontonan yang membahas sains.

Backyard Science yang tayang di Mola TV bisa menjadi pilihan untuk mengenalkan sains kepada anak-anak. Menariknya, dalam acara Backyard Science ini, pemirsa bakal disuguhi tontonan tentang sekelompok anak yang bereksperimen dengan benda yang sering digunakan dalam keseharian mereka.

Mereka akan menggunakan benda-benda itu untuk membuat sesuatu yang menyenangkan dan praktis serta memberikan wawasan ilmiah dalam dunia anak.

Misalnya pada season 1 episode pertama, sekelompok anak berusaha membuat sebuah kubah geodesik dengan menggunakan kertas koran daur ulang, cat, dan selotip.

Anak-anak juga melakukan sejumlah kegiatan ilmu pengetahuan dengan alat dan cara sederhana seperti membuat pesawat kertas, hingga menangkap serangga dengan cara mudah.

Salah satu yang menarik Backyard Science terdapat pada episode 5. Backyard Scienace menampilkan anak-anak yang bereksperimen membuat lonceng dari gantungan baju, mempelajari satu atau dua trik tali hingga membangun perahu bertenaga sabun.

Selain itu, ada juga eksperimen yang dilakukan anak-anak dalam mengetahui bagaimana hewan bisa tetap hangat meski berada di tempat terdingin dunia.

Hal ini untuk menjawab bagaimana beruang, anjing, rusa, kelinci artik hingga burung hantu salju yang mampu bertahan di kutub utara yang menjadi salah satu wilayah terdingin di dunia.

Melalui tontonan ini, Anda atau anak-anak juga akan belajar bagaimana telinga membantu Anda menemukan arah serta cara terbaik supaya uang tetap berada di saku dan mencoba mendengar suara detak jantung.

Anak-anak juga diajak bermain membuat roket buatan sendiri lengkap dengan landasan sederhana. Roket dibuat dari beberapa kertas, tabung plastik dan botol. Ini adalah misi anak-anak menjadi astronot pemula dan tampak sangat menyenangkan.

Kurt (salah satu anak dalam Backyard Science) dan teman-temannya, juga akan mengajak Anda bermain perang bola salju. Belajar cara melempar bola salju dengan benar dan membuat pertahanan yang kokoh di dalam permainan ini.

Mengapa Backyard Science Mola TV Layak Ditonton?

Dikutip dari Learning Liftoff, sains telah mendorong manusia untuk menghasilkan penemuan mulai dari gravitasi hingga ilmu kedokteran. Sehingga dianggap penting untuk untuk dikenalkan sejak dini kepada anak-anak.

Ketika anak-anak ingin belajar lebih banyak tentang dunia di sekitar mereka, sainslah yang sering kali memberi petunjuk dan pemahaman yang lebih baik.

Ilmu pengetahuan, secara langsung dan tidak langsung, memengaruhi semua aspek kehidupan sehari-hari. Dari makanan yang dimakan hingga cara Anda bepergian, sains ada di mana-mana.

Ketika anak-anak mulai dikenalkan dengan sains sejak dini, sains membantu membentuk perkembangan mereka.

Sains membantu anak-anak mengembangkan keterampilan hidup utama, termasuk kemampuan untuk berkomunikasi, tetap terorganisir dan fokus, dan bahkan mengambil kesimpulan berdasarkan observasi mereka.

Oleh karena itulah serial Backyard Science yang merupakan acara televisi pendidikan anak-anak Australia ini layak ditonton. Serial edukasi yang didasarkan pada buku-buku Dorling Kindersley ini bahkan telah disiarkan di berbagai stasiun televisi di dunia.

Acara ini dipandu oleh Tarun Victor Gordon dan Dana Kronental diproduksi bersama oleh Beyond Television Productions dan Penguin Television. Total terdapat 78 episode. Acara yang baik bagi tumbuh kembang anak ini di Indonesia hanya bisa dinikmati di Mola TV.

Baca juga artikel terkait MOLA TV atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight