tirto.id - Arti red flag di MotoGP ketika balapan tengah berlangsung, merupakan sinyal bahwa pembalap diminta kembali ke pit atau garasi tim. Pengibaran bendera merah atau red flag menandakan sedang terjadi insiden di lintasan sirkuit, sehingga balapan mesti dihentikan sementara.
Selama balapan MotoGP tengah berlangsung, bendera selalu dikibarkan oleh tim Marshall di beberapa titik yang mudah dilihat oleh para pembalap. Jika red flag dikibarkan maka pembalap harus kembali ke pit, dan menunggu instruksi selanjutnya.
Salah satu insiden di MotoGP yang membuat red flag dikibarkan adalah saat MotoGP Austria 2020 silam, lantaran terjadi crash yang melibatkan banyak pembalap. Saat itu Franco Morbidelli yang berusaha menyalip Johann Zarco malah terjatuh, dengan motor masih melaju dengan kecepatan tinggi.
Akibat insiden tersebut balapan dihentikan selama beberapa menit. Lalu ketika balapan kembali dilanjutkan, para pembalap diklasifikasikan memulai start sesuai dengan urutan terakhir sebelum grand prix dihentikan.
Arti Red Flag dalam Balapan MotoGP
Mengutip laman resmi MotoGP, pengibaran red flag ketika balapan atau latihan bebas berarti sesi tersebut dihentikan dan pembalap diminta kembali ke pit. Red flag akan dikibarkan oleh marshall di sejumlah titik, dengan lampu merah yang berkedip (khusus sirkuit yang dilengkapi papan elektronik).
Apabila red flag dikibarkan saat balapan berlangsung, maka balapan dapat dihentikan jika sudah berjalan tiga perempat dari total jumlah keseluruhan laps di MotoGP. Sementara untuk kelas Moto2 dan Moto3 dapat dihentikan jika sudah berjalan dua per tiga dari total laps.
Adapun hasil balapan akan dihitung sesuai dengan klasifikasi terakhir posisi pembalap sebelum red flag dikibarkan. Para pembalap bakal mendapat poin yang sama dengan race MotoGP yang digelar normal.
Regulasi Warna Bendera di MotoGP
Selain red flag, masih ada bermacam bendera yang dikibarkan selama grand prix berlangsung. Mulai dari warna hijau, kuning, hingga hitam. Setiap pengibaran warna bendera oleh marshall, memiliki makna yang berbeda-beda.
Secara garis besar bendera tersebut diklasifikasi menjadi 2 jenis, yakni bendera yang memberi informasi umum dan peringatan untuk pembalap mengenai masalah yang ada di lintasan balap, serta bendera instruksional yang harus dipatuhi pembalap.
Green Flag
Green flag merupakan tanda kepada pembalap bahwa lintasan bersih dan siap digunakan. Green flag biasa dikibarkan marshall saat pembalap akan masuk ke lintasan, hingga balapan selesai.
Apabila terjadi masalah atau insiden di sirkuit, green flag akan diturunkan dan diganti dengan bendera peringatan lainnya. Saat lintasan kembali aman, green flag akan kembali dikibarkan.
Bendera Putih Bertanda 'X' Merah
Bendera putih dengan tanda 'X' berwarna merah berarti sebagian lintasan digenangi air hujan. Oleh karenanya pembalap diminta berhati-hati saat melewati titik tertentu di lintasan.
Bendera Garis Vertikal Merah dan Kuning
Bendera ini berarti sebagian area lintasan terdapat oli atau kerikil yang mengakibatkan lintasan menjadi licin. Pembalap diminta hati-hati saat melewati area tersebut.
Jika bendera putih dengan tanda 'X' merah dan bendera garis vertikal kuning merah dikibarkan bersamaan. Hal ini berarti sebagian sisi lintasan terkontaminasi oli pasir, serta air. Bendera tersebut hanya dikibarkan di area tertentu yang terkontaminasi.
Bendera Biru
Bendera biru berarti pembalap akan dilewati oleh pembalap lainnya, dan diminta untuk memberi jalur. Hal ini biasa terjadi pada sesi latihan bebas atau kualifikasi, ketika ada pembalap sedang berusaha memperbaiki catatan waktunya.
Namum bendera biru juga bisa dikibarkan saat balapan berlangsung. Biasanya pembalap yang berada di posisi terakhir, akan diminta membiarkan pembalap di posisi depan untuk lewat jika mereka terkena over lap.
Bendera Kotak-kotak Hitam Putih
Bendera ini digunakan untuk menandai bahwa balapan sudah berakhir, dan dikibarkan setelah pembalap menyelesaikan lap terakhir.
Bendera Kuning
Pengibaran bendera kuning dalam balapan MotoGP dapat memiliki beberapa arti yang tergantung kepada situasi. Jika bendera kuning dikibarkan pada satu baris grid sebelum balapan dimulai, berarti balapan ditunda.
Jika bendera kuning dikibarkan di satu grid tertentu di garis start, berarti pembalap di titik tersebut memiliki masalah. Pembalap yang mendapat peringatan tersebut dapat meninggalkan grid untuk mengganti motor dan start dari pitline.
Apabila bendera kuning dikibarkan marshall selama balapan berlangsung, berarti ada bahaya di salah satu titik lintasan. Jika 2 bendera yang dikibarkan, berarti ada bahaya atau penghalang di lintasan trek sehingga diminta berhati-hati.
Selama bendera kuning dikibarkan baik 1 maupun 2, pembalap dilarang menyalip dan diminta mengurangi kecepatan sampai bendera hijau dikibarkan. Jika terlanjur menyalip pembalap diminta untuk membiarkan disalip kembali oleh pembalap sebelumnya.
Jika tidak mengikuti instruksi tersebut, pembalap yang melanggar akan mendapat hukuman penalti berupa pengurangan waktu balapan, pengurangan poin, hingga diskualifikasi.
Sementara pelanggaran yang dilakukan selama sesi latihan bebas atau kualifikasi, maka waktu putaran tersebut dibatalkan.
Bendera Putih
Apabila bendera putih dikibarkan oleh marshall, pembalap diizinkan masuk ke pit untuk mengganti motornya. Hal ini biasa terjadi saat balapan dalam kondisi hujan, tetapi kemudian lintasan mengering atau sebaliknya.
Bendera Hitam
Bendera hitam akan dikibarkan oleh marshall bersama dengan nomor pembalap tertentu yang tidak diizinkan melanjutkan balapan, karena pelanggaran atau masalah lain. Hal ini berarti pembalap dinyatakan tidak menyelesaikan balapan (DNF).
Pembalap yang mendapat bendera hitam dengan nomor motornya, bisa mendapat hukuman atau tidak tergantung dari alasan bendera tersebut dikibarkan.
Bendera Hitam dengan Lingkaran Orange
Bendera tersebut berarti ada masalah pada motor pembalap yang mendapat peringatan. Mereka diminta ke pit, karena dapat membahayakan dirinya sendiri juga pembalap lain.
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Oryza Aditama