Apa Saja Manfaat Yoga Sebelum Tidur Bagi Kesehatan Tubuh?

Kontributor: Cicik Novita, tirto.id - 25 Jan 2023 11:26 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Yoga baik dilakukan kapan saja selama dijadikan rutinitas dan konsisten. Salah satu waktu terbaik melakukan yoga adalah sebelum tidur malam hari.
tirto.id - Yoga merupakan latihan yang menggunakan gabungan kekuatan tubuh dan pikiran. Ketika melakukan yoga, seseorang melatih teknik pernapasan, kelenturan otot untuk melakukan pose fisik, serta kemampuan fokus untuk meditasi sehingga membantu tubuh jadi rileks dan sehat.

Yoga identik dengan India, karena olahraga ini memang berasal dari negara tersebut dan ditengarai sudah ada sejak 5.000 tahun lalu di bagian India Utara.

Kata yoga pertama kali ditemukan dalam kitab Rig Veda, sebuah kumpulan teks kuno yang menggunakan bahasa Sansekerta. Asal kata yoga adalah “yuj” yang maknanya penyatuan atau bergabung.


Barat mulai mengenal yoga sekira tahun 1890-an, ketika biksu India datang dan menyebarkan ajaran mereka di wilayah tersebut. Yoga pun berkembang menjadi modern dan populer sebagai olahraga sejak tahun 1970-an di Barat.

Mengacu pada survei nasional yang dilansir laman Medical News Today, menyebutkan bahwa satu dari tujuh orang dewasa di Amerika melakukan yoga dalam 12 bulan terakhir.

Yoga yang dilakukan rutin akan memberi manfaat berupa meningkatnya daya tahan tubuh, kekuatan, ketenangan dan fleksibilitas serta kesehatan.

Cara melakukan yoga sederhana di rumah



Guna bisa mendapatkan manfaat yoga, kuncinya adalah konsisten dalam latihan. Jika terkendala untuk pergi ke pusat latihan yoga, maka latihan bisa dilakukan di rumah sendiri.


Ekhart Yoga melansir cara melakukan yoga sederhana di rumah seperti berikut ini:

1. Siapkan tempat yang nyaman


Yoga adalah olahraga yang memerlukan konsentrasi dan ketenangan, sehingga perlu ruangan khusus untuk melakukannya. Siapkan sebuah spot lapang yang mendukung, lalu gelar matras yoga di tengahnya.

Jauhkan meja atau kursi yang dapat mencederai tubuh saat sedang melakukan gerakan yoga. Lilin dan dupa dapat ditambahkan hanya sebagai aksesoris.

2. Utamakan keselamatan

Beberapa gerakan yoga memiliki resiko terhadap area rentan di tubuh seperti lutut, pinggul, tulang belakang dan leher. Selalu utamakan keselamatan area rentan tersebut, dan hindari memaksakan diri demi melakukan gerakan yoga yang sulit.

3. Pilih jenis yoga yang aman

Ada beberapa jenis yoga yang dapat dipilih, sehingga selalu sesuaikan dengan usia, tipe tubuh dan target capaian. Misalnya, apakah jenis yoga yang kalem dan tenang yang diperlukan saat ini, ataukah jenis yoga yang aktif dan bersemangat.

Makin mengenal yoga, maka Anda makin paham bahwa latihan yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda pula.

4. Konsisten

Konsistenlah dalam berlatih dan buat jadwal rutin. Melakukan yoga sepekan sekali pun akan memberi manfaat, apalagi jika dilakukan 3 kali sepekan. Buat target yang ingin dicapai, misalnya menurunkan berat badan atau meningkatkan kesehatan.

Manfaat yoga sebelum tidur


Yoga baik dilakukan kapan saja selama dijadikan rutinitas dan konsisten. Salah satu waktu terbaik melakukan yoga adalah sebelum tidur malam hari. Apa saja manfaat yang dapat diperoleh jika yoga dikerjakan sebelum beristirahat, laman
Northshore melansir seperti berikut:
  1. Meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh
  2. Merilekskan otot dan melepas ketegangan
  3. Menghilangkan stres
  4. Meningkatkan kualitas tidur
  5. Pernapasan yang dilakukan pada yoga secara alami memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah serta membantu untuk tidur lebih mudah.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Cicik Novita
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Cicik Novita
Penulis: Cicik Novita
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight