8 Warga Brebes Kontak Erat TKI Positif Corona Varian B117

Reporter: Antara - 4 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Kontak erat kasus Corona B117 asal Inggris di Indonesia ada delapan orang.
tirto.id - Berdasar penelusuran kontak erat buruh migran asal Karawang, Jawa Barat yang positif Corona varian B117, terdapat 8 orang di Brebes, Jawa Tengah menjalani tes. Asal usul kontak erat karena satu dari dua buruh migran tersebut berasal Brebes dan sempat pulang menemui orang tuanya setelah tiba di Indonesia. Buruh migran asal Brebes, kini tinggal di Karawang, Jabar bersama suaminya. Kedua TKI juga dilaporkan sudah sembuh.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan 8 warga yang terpapar kontak erat tersebut sudah menjalani isolasi mandiri.

"Sudah saya cek tadi, sudah dilakukan tracing kurang lebih ada delapan orang yang berhubungan erat dan sudah dites semuanya pagi tadi dan hasilnya dikirim langsung ke Jakarta sehingga nanti kita akan nunggu hasilnya beberapa hari lagi," kata Ganjar, Kamis (4/3/2021).

Delapan warga tersebut kini dalam pemantauan ketat oleh petugas kesehatan di Brebes. Ganjar menyarankan mereka diisolasi dalam satu tempat demi memudahkan pemantauan kesehatan.

"Untuk sementara kita karantina yang betul-betul mereka tidak berhubungan dengan orang lain sambil dipantau, tapi gak perlu ditakut-takuti, yang penting dipantau saja dibantu segala sesuatunya agar nyaman," katanya.

Terlepas dari itu, Ganjar mengimbau masyarakat, tidak hanya di Kabupaten Brebes, agar tetap menjaga kedisiplinan penerapan protokol kesehatan agar penularan dapat dicegah sembari mempercepat vaksinasi pada lansia yang berisiko tinggi tertular.

"Masyarakat tetap jaga protokol kesehatan, dan mereka yang lansia ada kesempatan sekarang vaksinasi segera daftar agar bisa lebih cepat mereka mendapatkan vaksinasi sehingga setidaknya itu bisa memperkuat daya tahan tubuhnya, tapi apapun yang terjadi juga itu mesti dipantau terus menerus," ujarnya.



Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Antara
Editor: Zakki Amali
DarkLight