Menuju konten utama
Work & Money

7 Tanda Anda Diremehkan dan Tidak Disukai di Tempat Kerja

Berikut ini tanda-tanda Anda diremehkan, kurang dihargai dan tidak disukai di tempat kerja.

7 Tanda Anda Diremehkan dan Tidak Disukai di Tempat Kerja
Ilustrasi diremehkan di tempat kerja. foto/istockphoto

tirto.id - Apakah Anda pernah merasa diremehkan, kurang dihargai atau bahkan tidak disukai di tempat Anda bekerja?

Ternyata Anda tidak sendiri, karena ada banyak pekerja di banyak perusahaan yang meski telah bekerja sepenuh hati, namun masih tidak dihargai oleh rekan kerja maupun senior di kantor.

Tentu saja kondisi tersebut jadi membuat kurang nyaman, bahkan dapat menyebabkan ketidakpuasan selama berada di tempat kerja.

Meskipun banyak pihak menilai bahwa, kurangnya kemajuan kinerja individu dapat menjadi faktor terbesar dalam masalah tersebut. Tetapi, masih ada beberapa faktor lain yang dapat menentukan perasaan kurang dihargai bahkan diremehkan di tempat kerja.

Dilansir dari laman Huff Post, ada beberapa hal yang dapat menjadi tanda bahwa Anda tidak disukai di tempat kerja, di antaranya:

Tanda Anda Diremehkan di Tempat Kerja Beserta Solusinya

1. Kehadiran dan pendapat Anda tidak disikapi secara serius

Ilustrasi Diremehkan

Ilustrasi diremehkan di kantor. foto/istockphoto

Ketika menghadiri rapat atau pertemuan tertentu, kehadiran bahkan pendapat Anda tidak dihargai secara serius.

Rekan kerja sering mengabaikan pemikiran dan ide Anda selama pertemuan berlangsung. Hal tersebut dapat disikapi dengan memastikan bahwa komunikasi Anda tersampaikan dengan efektif terhadap kolega Anda.

2. Dijauhkan dari orang lain

BERGOSIP

Ilustrasi merasa asing di kantor. Getty Images/iStockphoto

Setiap orang memiliki kebutuhan untuk merasa terhubung dengan orang lain. Ketika kita menjauh atau dijauhkan dari orang lain, akan membuat kita tidak diperhatikan bahkan tidak dihargai.

Hal tersebut dapat disikapi dengan merenungkan kembali bahwa hal tersebut murni dari perasaan Anda atau merupakan bukti yang terjadi disekitar Anda.

3. Diandalkan namun tidak dipromosikan

Ilustrasi lelah bekerja

Ilustrasi lelah bekerja. FOTO/iStockphoto

Jika terus-menerus dilibatkan dan diandalkan menangani tugas-tugas kantor, namun tidak dilibatkan pada tugas-tugas lain yang dapat mempromosikan posisi Anda, ini dapat menjadi tanda bahwa Anda tidak dihargai oleh tempat kerja Anda sendiri.

Hal tersebut dapat disikapi dengan membuat prioritas serta berani mengatakan “tidak” pada pekerjaan-pekerjaan yang bukan merupakan tanggung jawab Anda.

Jika Anda tidak memiliki kemandirian yang kuat, Anda akan terus-menerus diatur untuk mengerjakan hal-hal di luar tanggung jawab Anda.

Selain itu, penting untuk mencari tahu keselarasan antara pekerjaan Anda dengan tanggung jawab yang dibebankan kepada Anda.

4. Diawasi secara mikro

Ilustrasi gosip di kantor

Ilustrasi. Getty Images/iStockphoto

Kemudian tanda bahwa Anda diremehkan di tempat kerja adalah ketika atasan lebih sering mengawasi daripada mengelola kinerja Anda selama berada di tempat kerja.

5. Kinerja maksimal namun gaji masih minimal

Ilustrasi Gajian

Ilustrasi menerima gaji. Getty Images/iStockphoto

Gaji merupakan indikator penting seberapa besar atasan menghargai kinerja dan kontribusi Anda selama ini.

Terlebih jika Anda selama ini masih menerima gaji rendah dan tak sebanding dengan kinerja yang telah dikerjakan selama ini.

Maka penting untuk mengetahui data mengenai kisaran gaji untuk posisi yang Anda tempati saat ini.

Setelah data tersebut diperoleh, maka akan dengan mudah untuk membicarakan hal tersebut di hadapan atasan.

6. Umpan balik yang diterima nihil

Ilustrasi mengantuk

Ilustrasi lelah bekerja. foto/istockphoto

Selain gaji, umpan balik berupa ulasan serta bentuk apresiasi lainnya dapat menentukan seberapa besar kehadiran Anda dihargai di tempat kerja.

Jika tidak mendapatkan umpan balik tersebut, dapat menjadi indikasi bahwa kinerja Anda selama ini sedang diabaikan di tempat kerja.

Hal tersebut dapat disikapi dengan meminta umpan balik secara langsung terhadap atasan dan memastikan bahwa umpan balik yang diberikan tersebut dapat mengevaluasi kinerja Anda ke depannya.

7. Merasa diremehkan

Ilustrasi gosip di kantor

Ilustrasi. Getty Images/iStockphoto

Perasaan sejatinya tidak pernah berbohong. Perasaan diremehkan dapat muncul ketika terdapat beberapa hal yang membuat Anda merasa tidak nyaman.

Apalagi jika perasaan tersebut terjadi secara berulang-ulang.

Hal tersebut dapat disikapi dengan menyadari dan menerima perasaan tersebut, kemudian mengolah dan mempertimbangkan ulang hal-hal yang telah terjadi pada Anda dan lingkungan kerja selama ini.

Inforgafik SC Tanda Kamu diremehkan

Inforgafik SC Tanda Kamu diremehkan. tirto.id/Fuad

Baca juga artikel terkait TANDA DIREMEHKAN DI TEMPAT KERJA atau tulisan lainnya dari Mohamad Ichsanudin Adnan

tirto.id - Gaya hidup
Kontributor: Mohamad Ichsanudin Adnan
Penulis: Mohamad Ichsanudin Adnan
Editor: Dhita Koesno

Artikel Terkait