7 Makanan Sahur Sehat yang Mudah Ditemui: dari Telur hingga Alpukat

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 28 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Menu sahur sehat Ramadan yang mudah ditemui dan gampang disajikan saat puasa: dari telur hingga alpukat.
tirto.id - Ketika berpuasa, menjaga tubuh untuk berenergi adalah hal yang penting agar bisa tetap melakukan kegiatan sehari-sehari, meskipun belakangan ini kondisi terbatas, karena selalu berada di dalam rumah akibat pandemi COVID-19.

Namun, memilih jenis makanan yang tepat saat sahur akan membuat tetap berenergi setiap waktu. Jenis makanan di bawah ini cenderung mudah ditemui dalam keseharian. Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir Antara yang mengutip Gulf News:

1. Telur

Telur menjadi salah satu makanan paling bergizi dan sangat tinggi protein. Mengonsumsi telur adalah cara terbaik untuk tetap kenyang lebih lama dan rasanya enak.

Cobalah membuat orak-arik telur dengan bayam yang dibungkus tortilla gandum utuh untuk menu sahur atau kreasikan menu telur sesuai selera.

2. Muffin

Makanan ini tinggi serat dan biji-bijian yang berkontribusi untuk diet sehat dan mengurangi rasa lapar di waktu puasa bulan Ramadan yang panjang.

3. Greek yogurt

Makanan ini memiliki kandunngan protein yang sempurna untuk mempersiapkan puasa.

Greek yogurt juga dikemas dengan probiotik dan memiliki jumlah protein dua kali lipat dari yogurt biasa.

Sedikit protein tambahan tersebut bisa membantu untuk membuat kenyang. Greek yogurt juga rendah karbohidrat dan juga membantu mengurangi rasa haus.

4. Salmon asap

Salmon menjadi bagian penting dari diet yang sehat, karena merupakan sumber protein, vitamin dan mineral, asam lemak omega-3, yang merupakan asam lemak esensial untuk fungsi otak yang sehat.

5. Quinoa (sereal pengganti nasi)

Quinoa bebas gluten, tinggi protein dan memiliki nutrisi dari semua asam amino esensial.

Fleksibilitasnya juga sangat bagus, karena cocok dengan banyak bahan lainnya, maka memungkinkan dimakan untuk berbagai situasi, dan yang terpenting, bisa membuat kenyang untuk waktu yang lama.

6. Selai kacang

Selai kacang tinggi protein bisa membuat orang merasa kenyang. Minyak sehat dalam selai kacang membantu menurunkan berat badan dan diabetes.

Selain itu, selai kacang juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung.

7. Alpukat

Buah yang sangat bernutrisi ini, harus menjadi perhatian saat sahur. Alpukat juga menambah tekstur dan rasa yang kaya pada hidangan apa pun.

Buah ini tinggi kandungan seratnya, yang bisa berkontribusi besar dalam penurunan berat badan dan juga mengurangi lonjakan gula darah.

Manfaat lainnya, bisa membuat kenyang lebih lama, sehingga energi dilepaskan perlahan sepanjang hari.


Baca juga artikel terkait MENU RAMADAN atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight