7 Rekomendasi Menu Sahur Sehat & Praktis Selama Puasa Ramadan 2020

Oleh: Cornelia Agata Wiji Setianingrum - 18 April 2020
Dibaca Normal 2 menit
Rekomendasi menu sahur sehat selama bulan Ramadan: dari pare jagung manis hingga tim ikan.
tirto.id - Bulan April menjadi bulan istimewa bagi umat Muslim. Pasalnya pada bulan ini, umat Muslim akan memasuki bulan Ramadan yang tinggal menghitung hari.

Muhammadiyah telah mempublikasikan penetapan Ramadan melalui Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2020. Surat tersebut berisikan keputusan bahwa 1 Ramadan 1441 H akan jatuh pada tanggal 24 April 2020.

Sedangkan Sidang Isbat Ramadan 2020 akan dilaksanakan oleh Kementerian Agama pada tanggal 23 April 2020.

Ramadan yang tinggal menghitung hari tentunya membuat umat Muslim mulai menyiapkan berbagai hal yang dapat menunjang kelancaran ibadah puasa.

Mulai dari menyiapkan hati, pikiran dan tenaga menjadi hal penting agar ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar.

Hati yang bersih, bersikap baik dalam menjalani puasa, beramal dan membantu orang lain menjadi beberapa aktifiatas yang baik untuk dilakukan.

Untuk dapat melaksanakan hal tersebut tentunya kita perlu menjaga tubuh tetap sehat agar bisa menjalankan berbagai aktifitas. Kesehatan tubuh bisa diperoleh dengan tetap menjaga kesimbangan gizi yang masuk dalam tubuh.

Meski jadwal makan berubah ketika berpuasa, tetapi dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang akan bisa membantu tubuh tetap sehat.


Jam makan sahur bisa menjadi kunci kelancaran saat berpuasa. Menu makan sahur yang bergizi seimbang tentunya dapat memberi kekuatan dan energi bagi tubuh untuk terjaga, tidak cepat lelah dan tetap bugar meski berkegiatan dalam masa puasa.

Namun, jam makan sahur yang terlalu sempit sering menjadi tantangan untuk dapat menyajikan berbagai macam menu yang mengandung gizi kompleks.

Maka, perlu juga mempertimbangkan untuk memasak menu-menu sahur yang praktis dan sederhana, tetapi tetap sehat bagi tubuh sehingga mampu menunjang kelancaran menjalankan ibadah puasa.

Menu Sahur Sehat Bulan Ramadan


Ada beberapa resep masakan dari Bango yang bisa dipilih menjadi menu sahur yang praktis dan sehat saat berpuasa di antaranya:

1. Pare Udang Jagung Manis

Pare Udang Jagung Manis merupakan menu masakan praktis yang bisa dibuat hanya dalam waktu 35 menit. Bahan-bahan yang digunakan serta cara memasak bisa Anda lihat pada laman Bango.

2. Tumis Terong

Menu ini merupakan menu rumahan yang bergizi dan praktis dalam pemasakan. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak menu ini hanya 25 menit saja.

Bahan-bahannya pun mudah hanya perlu menyiapkan terong, bumbu tumis, dan bumbu penyedap yang bisa didapatkan dengan harga maksimal 15 ribuan.

3. Cah Kangkung Manis

Cah Kangkung Manis
menjadi menu yang ramah dengan semua kalangan. Menu ini dapat disajikan dalam waktu 20 menit saja dengan bahan-bahan yang tentunya mudah didapatkan.

Selain menu-menu dari Bango, ada juga menu praktis dan sehat lainnya yang berasal dari rekomendasi Dapur Kobe, di antaranya:

4. Tahu Cabe Garam

Bagi yang menyukai makanan pedas, menu ini mungkin bisa dijadikan pilihan untuk sahur. Bahan utamanya hanya tahu, bawang putih dan jeruk nipis. Cara memasak menu ini bisa dilihat pada laman Dapur Kobe.

5. Cah Brokoli Wortel

Menu ini merupakan menu sehat karena mengandung sayuran-sayuran yang memiliki banyak manfaat.

Dengan mengonsumsi banyak sayuran tentunya gizi yang diterima tubuh semakin banyak dan semakin siap menghadapi ibadah puasa.

Selain kebutuhan vitamin yang diperlukan tubuh, protein juga menjadi hal penting yang perlu dikonsumsi agar sistem kekebalan tubuh tetap baik pada saat menjalankan ibadah puasa.

Tupperware juga memberikan beberapa resep masakan olahan protein yang praktis untuk menu sahur di antaranya:

6. Sup Ikan Kuah Asam

Ikan kakap bisa dijadikan pilihan untuk menu masakan ini. Hal ini dikarenakan ikan kakap mengandung sumber protein tinggi dengan kadar kalori rendah yang bermanfaat bagi kesehatan, dan juga mengandung lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Proses memasaknya pun mudah dan cepat, hanya dengan mengkombinasikan ikan dengan beragam rempah yang disatukan dalam wadah berisi air dengan proses perebusan sekitar 15 hingga 30 menit.

7. Tim Ikan

Selain diolah menjadi sup, ikan juga bisa diolah dengan cara ditim. Ikan patin bisa dijadikan pilihan untuk menu ikan tim, hal ini dikarenakan ikan patin memiliki tekstur yang lembut dan aman untuk dikonsumsi seluruh anggota keluarga.

Selain itu, ikan patin juga mengandung nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan, terutama menjaga kadar kolesterol dan lemak.


Baca juga artikel terkait MENU SEHAT atau tulisan menarik lainnya Cornelia Agata Wiji Setianingrum
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Penulis: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight