Tips Persiapan Puasa Hari Pertama di Bulan Ramadan 2020

Oleh: Endah Murniaseh - 14 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Menunaikan puasa sebulan penuh bukan hal yang mudah karena tubuh harus menyesuaikan pola makan dan kebiasaan selama berpuasa.
tirto.id - Bulan Ramadan 2020 akan tiba dalam beberapa hari kedepan. Menunaikan puasa di bulan yang penuh berkah ini merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam yang telah balig dan mampu melaksanakannya.

Selain akan mendapatkan pahala, berpuasa juga bermanfaat untuk kesehatan. Berpuasa juga dapat mencegah kolesterol tinggi, penyakit jantung serta meningkatkan kesehatan mental, sebagaimana ditulis Aljazeera dikutip Selasa (14/4/2020).

Akan tetapi, berpuasa selama satu bulan bukan hal yang mudah bagi tubuh. Sebab, tubuh harus menyesuaikan kembali pola makan dan kebiasaan selama melaksanakan puasa.

Agar tubuh siap untuk berpuasa dan tidak kaget, berikut cara yang dapat diterapkan, sebagaimana dilansir dari Al Arabiya, terkait tips persiapan puasa khususnya untuk hari pertama:

1. Membatasi Porsi Makan

Cobalah untuk mengurangi porsi makan agar pencernaan menjadi terbiasa saat sedang berpuasa. Jika tidak dibiasakan, maka akan sering merasakan lapar saat belum memasuki waktu berbuka puasa.

2. Sarapan Lebih Pagi

Saat berpuasa, sahur adalah hal yang baik untuk dilakukan agar tubuh kuat untuk menjalani puasa, tetapi tidak semua orang bisa sahur karena terkadang mereka tidak memiliki nafsu untuk makan.

Untuk meminimalisir hal itu maka cobalah untuk sarapan lebih pagi daripada biasanya sebelum bulan puasa. Ini dapat membuat seseorang terbiasa makan di pagi hari.

3. Menghindari Ngemil

Saat hari biasa, seringkali mengkonsumsi makanan ringan di luar porsi makan tiga kali sehari adalah hal yang sering kita temui. Agar terbiasa untuk makan hanya di saat buka puasa dan sahur, cobalah untuk berhenti ngemil. Sebab, kebiasaan ngemil dapat membuat seseorang memiliki porsi makan yang besar.

4. Kurangi Minum Kopi

Meski kopi memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, seseorang akan sulit terlepas dari kopi jika mereka telah kecanduan.

Mengurangi minum kopi saat berpuasa adalah perilaku yang bijak, karena perut akan kosong. Jika tetap minum kopi saat berbuka akan menyebabkan lambung produksi asam klorida dan cairan lambung di perut. Ini akan berdampak buruk bagi kesehatan.

5. Jangan Merokok

Jika sedang mencoba untuk terlepas dari rokok, mengurangi intensitas merokok jelang Ramadan adalah cara tepat yang bisa dilakukan. Sebab, saat berpuasa waktu untuk merokok hanyalah pada malam hari.

6. Mengatur Jam Tidur

Karena harus sahur saat dini hari, cobalah untuk mengatur jam tidur agar tidak terlalu larut dan bisa sahur tepat waktu.

7. Menyiapkan Bahan Makanan

Saat berpuasa maka tubuh menjadi kurang berenergi. Menyimpan bahan makanan untuk beberapa hari merupakan langkah yang baik untuk menghemat energi saat berpuasa.

Belanja lah kebutuhan dalam porsi banyak--bukan menimbun--sekaligus, misalnya, stok sepekan, daripada tiap hari ke supermarket agar tak menyia-nyiakan energi.

8. Konsultasi dengan dokter

Konsultasi dengan dokter sangat baik dilakukan jika memiliki penyakit seperti diabetes atau darah tinggi. Dengan memeriksakan diri, maka dapat mengetahui apa saja larangan yang harus dihindari agar tetap sehat saat berpuasa.

Sementara, pemerintah melalui Kemenag berencana menggelar sidang Isbat untuk menetapkan tanggal 1 Ramadan 1441 H pada 23 April 2020 mendatang.

Hingga hari ini, baru Muhammadiyah yang telah menetapkan tanggal 1 Ramadan 1441 H yaitu jatuh pada 24 April 2020.

Belum lama ini, Menteri Agama Fachrul Razi telah merilis panduan bagi umat muslim di Indonesia dalam melaksanakan ibadah di tengah situasi pandemik corona.


Baca juga artikel terkait RAMADAN 2020 atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Ibnu Azis
DarkLight