Menuju konten utama

5 Contoh Umpan Balik Penguasaan Kompetensi Guru Penggerak

Umpan balik guru penggerak berperan sebagai refleksi dan evaluasi guru dalam menjalankan program sehingga mampu mengembangkan kemampuan mengajar.

5 Contoh Umpan Balik Penguasaan Kompetensi Guru Penggerak
Ilustrasi guru berkonsentrasi menggunakan komputer . FOTO/iStockphoto

tirto.id - Umpan balik menjadi salah satu komponen penting dalam pelaksanaan program guru penggerak. Umpan balik dapat diberikan guru penggerak di akhir pembelajaran hingga trimester pertama pelaksanaan program.

Umpan balik guru penggerak berperan sebagai refleksi dan evaluasi guru dalam menjalankan program sehingga mampu mengembangkan kemampuan mengajar. Umpan balik guru penggerak dapat diberikan kepada peserta didik, fasilitator, rekan sejawat guru, dan kepala sekolah.

Format umpan balik guru penggerak diunduh melalui Learning Management System (LMS) yang merupakan fitur di platform Merdeka Mengajar (PMM). Adapun empat unsur utama dalam format umpan balik guru penggerak sebagai berikut:

  • Umpan balik secara umum terkait penguasaan kompetensi guru penggerak.
  • Perilaku yang perlu CGP terus lanjutkan.
  • Perilaku yang perlu CGP hentikan.
  • Perilaku yang perlu CGP mulai lakukan.

Contoh Umpan Balik Penguasaan Kompetensi Guru Penggerak

Dalam proses pengisian, tidak ada salahnya guru penggerak memberikan contoh pengisian umpan balik guru penggerak sebagai acuan. Berikut ini contoh umpan balik guru penggerak:

1. Dari Rekan Guru Sejawat

A. Umpan balik secara umum terkait penguasaan kompetensi guru penggerak:

Sejauh ini, Bu [.......] telah melakukan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi peserta didik. Selain itu, Bu [.......] memiliki kesabaran yang luar biasa dalam mengajari yang peserta didik yang masih kurang paham dalam pembelajaran.

B. Perilaku yang perlu CGP terus lanjutkan:

Harapan saya, Bu [......] dapat terus memberikan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga peserta didik nyaman dan tidak tegang dalam mengikuti proses belajar.

C. Perilaku yang perlu CGP hentikan: -

D. Perilaku yang perlu CGP mulai lakukan:

Bu [......] mungkin dapat menebar pengalaman mengajarnya kepada guru teman sejawat di kantor.

2. Dari Kepala Sekolah

A. Umpan balik secara umum terkait penguasaan kompetensi guru penggerak:

Saya selaku kepala Sekolah [.....], bangga kepada prestasi yang diperoleh Bu [.....] selama mengikuti program guru penggerak. Bu [.....] telah banyak melakukan perubahan positif di sekolah kami seperti mensosialisasikan pembelajaran berdiferensiasi dan kse hingga mengajarkan teknik stop kepada anak-anak dan orang lain.

B. Perilaku yang perlu CGP terus lanjutkan:

Semoga Bu [......] tetap bersabar dalam mengajar peserta didik serta membagi pengalaman mengajarnya kepada sesama guru.

C. Perilaku yang perlu CGP hentikan:-

D. Perilaku yang perlu CGP mulai lakukan:

Harapan saya, Bu [.....] dapat membagikan pengetahuannya tentang pembelajaran yang membangun. Di samping itu, dapat menjadi motivasi, sehingga guru lain tergerak mengikuti program guru penggerak.

3. Dari Fasilitator

A. Umpan balik secara umum terkait penguasaan kompetensi guru penggerak:

Bapak [....] mampu menyelesaikan tugas-tugas LMS selalu tetap waktu. Selain itu dalam ruang kolaborasi, baik diskusi maupun presentasi, Bapak [......], mampu memberikan saran dan usulan yang membangun kepada kelompok.

B. Perilaku yang perlu CGP terus lanjutkan:

Semoga Bapak [....] tetap aktif dalam menyampaikan saran-saran yang membangun di dalam kelompok.

C. Perilaku yang perlu CGP hentikan:-

D. Perilaku yang perlu CGP mulai lakukan:

Bapak [.....] mungkin dapat membuat program baru yang mampu menjadi solusi dalam pembelajaran di era globalisasi.

4. Dari Peserta Didik 1

A. Umpan balik secara umum terkait penguasaan kompetensi guru penggerak:

Bu [........] dalam menjelaskan runtut dan mudah dipahami peserta didik.

B. Perilaku yang perlu CGP terus lanjutkan:

Tetap bersabar dalam mengajar peserta didik yang belum paham.

C. Perilaku yang perlu CGP hentikan:

Kalau mendikte jangan cepat-cepat.

D. Perilaku yang perlu CGP mulai lakukan:

Perbanyak memberikan contoh konkrit fungsinya suatu materi mata pelajaran dalam kehidupan sehari-hari.

5. Dari Peserta Didik 2

A. Umpan balik secara umum terkait penguasaan kompetensi guru penggerak:

Bu [.......] tegas dalam mengajar, sehingga pembelajaran dapat berlangsung efisien.

B. Perilaku yang perlu CGP terus lanjutkan:

Jangan bosan-bosan memberi kami motivasi.

C. Perilaku yang perlu CGP hentikan:

Pemberian Pekerjaan Rumah (PR) mungkin dapat dikurangi.

D. Perilaku yang perlu CGP mulai lakukan:

Semoga Bu [......] dapat mengenal lebih dekat seluruh siswa di kelas.

Baca juga artikel terkait SUPPLEMENT CONTENT atau tulisan lainnya dari Syamsul Dwi Maarif

tirto.id - Edusains
Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yulaika Ramadhani