Menuju konten utama

25 Contoh Soal PPPK Tenaga Administrasi Sekolah & Jawabannya

Kumpulan contoh soal tes kompetensi PPPK 2024 untuk formasi tenaga Administrasi Sekolah yang bisa dijadikan bahan belajar. Berikut selengkapnya.

25 Contoh Soal PPPK Tenaga Administrasi Sekolah & Jawabannya
Ilustrasi dokumen atau surat lamaran kerja. (FOTO/iStockphoto)

tirto.id - Ada sejumlah contoh soal tes kompetensi PPPK 2024 untuk formasi tenaga Administrasi Sekolah yang bisa dijadikan bahan belajar.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah merilis jadwal seleksi PPPK 2024 melalui Surat Nomor 6610/B-KS.04.01/SD/K/2024. Seleksi PPPK tahun 2024 dijadwalkan berlangsung dua periode.

Periode I yang dimulai 1 Oktober 2024, dibuka untuk Pelamar Prioritas (Pelamar Prioritas Guru dan D-IV Bidan Pendidik Tahun 2023), Eks Tenaga Honorer Kategori II (eks THK-II), dan Tenaga non ASN yang terdata dalam pangkalan data (database) BKN.

Kemudian, pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Periode I dijadwalkan berlangsung pada 2 - 19 Desember 2024. Sedangkan pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK Periode II akan dimulai pada 17 April hingga 16 Mei 2025

Di bawah ini merupakan 25 contoh soal pilihan ganda beserta jawabannya seleksi kompetensi PPPK Formasi tenaga administrasi sekolah yang dapat dijadikan bahan ajar sebelum menghadapi tes seleksi kompetensi.

25 Contoh soal Seleksi Kompetensi PPPK 2024 Formasi Administrasi Sekolah

1. Dalam menjalankan tugasnya, seorang tenaga administrasi sekolah menemukan bahwa beberapa prosedur administrasi tidak efisien dan membutuhkan waktu yang lama. Prinsip administrasi perkantoran yang paling relevan untuk mengatasi masalah ini adalah

a. Prinsip sentralisasi

b. Prinsip spesialisasi

c. Prinsip standarisasi

d. Prinsip simplifikasi

e. Prinsip formalisasi

Jawaban D

2. Seorang pengadministrasi perkantoran ditugaskan untuk menganalisis dan meningkatkan efisiensi alur kerja di kantornya. Pendekatan yang paling komprehensif untuk melakukan tugas ini adalah

a. Analisis beban kerja

b. Analisis jabatan

c. Manajemen waktu

d. Sistem informasi manajemen

e. Manajemen proses bisnis

Jawaban E

3. Tenaga administrasi sekolah sedang merancang system pengarsipan digital untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan dokumen. Dalam konteks ruang lingkup administrasi perkantoran, kegiatan ini termasuk dalam area

a. Manajemen kearsipan

b. Manajemen perkantoran

c. Manajemen fasilitas

d. Manajemen informasi

e. Manajemen sumber daya manusia

Jawaban A

4. Pengadministrasi perkantoran di sebuah kementerian sedang mengimplementasikan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015. Prinsip administrasi perkantoran yang paling sesuai dengan upaya ini adalah

a. Prinsip efisiensi

b. Prinsip fleksibilitas

c. Prinsip standarisasi

d. Prinsip desentraslisasi

e. Prinsip koordinasi

Jawaban C

5. Seorang tenaga administrasi sekolah menghadapi dilema etis ketika diminta oleh kepala sekolah untuk mengubah beberapa data kehadiran siswa. Tindakan yang paling tepat sesuai dengan prinsip-prinsip administrasi perkantoran adalah

a. Menolak permintaan tersebut secara langsung

b. Mematuhi permintaan tanpa bertanya

c. Mengubah data tetapi menyimpan catatan asli

d. Mendiskusikan implikasi etis dan legal dengan kepala sekolah

e. Melaporkan permintaan tersebut ke dinas Pendidikan

Jawaban D

6. Dalam upaya meningkatkan efisiensi, pengadministrasi di sebuah perkantoran BUMN menerapkan system paperless office. Fungsi administrasi perkantoran yang paling terkait dengan inisiatif ini adalah

a. Fungsi rutin

b. Fungsi teknis

c. Fungsi analisis

d. Fungsi interpersonal

e. Fungsi manajerial

Jawaban B

7. Tenaga administrasi sekolah menemukan bahwa banyak guru mengalami kesulitan dalam menggunakan sistem informasi akademik baru. Pendekatan terbaik untuk mengatasi masalah ini sesuai dengan prinsip-prinsip administrasi perkantoran adalah

a. Menyederhanakan sistem agar lebih mudah digunakan

b. Memberikan pelatihan komprehensif kepada para guru

c. Kembali ke system manual untuk sementara waktu

d. Membentuk tim khusus untuk menangani input data

e. Mengoutsource pengelolaan sistem ke pihak ketiga

Jawaban B

8. Seorang pengadministrasi perkantoran di instansi pemerintah sedang merancang tata letak kantor baru. Faktor yang paling kritis untuk dipertimbangkan sesuai dengan prinsip-prinsip pengadminstrasi perkantoran modern adalah

a. Estetika dan kenyamanan visual

b. Keamanan dan privasi data

c. Alur kerja dan komunikasi antar departemen

d. Penghematan energi dan sustainability

e. Fleksibilitas untuk perubahan teknologi di masa depan

Jawaban C

9. Tenaga administrasi sekolah diminta untuk mengembangkan sistem evaluasi kinerja staf administrasi. Pendekatan yang paling sesuai dengan prinsip-prinsip administrasi perkantoran kontemporer adalah

a. Evaluasi berdasarkan senioritas

b. Penilaian 360 derajat

c. Evaluasi berbasis output kuantitatif

d. System ranking forced distribution

e. Penilaian tahunan oleh atasan langsung

Jawaban B

11. Dalam situasi kerja tim di mana terdapat perbedaan pandangan yang signifikan antara anggota tim, sikap yang paling tepat dilakukan seorang pengadministrasi sekolah adalah:

A. Menyampaikan pandangannya dan tetap pada keputusan awal

B. Mendengarkan semua pendapat dan mencari titik tengah

C. Mengabaikan perbedaan dan fokus pada hasil akhir

D. Memilih pendapat mayoritas

Jawaban B

12. Jika Anda ditunjuk menjadi ketua tim untuk sebuah proyek kantor, langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah:

A. Mengatur jadwal rapat rutin

B. Menganalisis tugas dan tanggung jawab setiap anggota tim

C. Meminta laporan mingguan dari anggota tim

D. Membagi tugas secara merata kepada semua anggota tim

Jawaban B.

13. Seorang Pengadministrasi Perkantoran perlu membuat agenda kegiatan rapat untuk manajer di kantor. Informasi penting apa saja yang harus dicantumkan dalam agenda tersebut?

A. Waktu, tempat, dan tema rapat

B. Nama peserta, waktu, tempat, tema, dan tujuan rapat

C. Waktu, nama pembicara, dan tema

D. Nama peserta dan tema

Jawaban B

14. Saat melakukan arsip dokumen kantor, sistem pengarsipan yang baik harus memperhatikan hal-hal berikut, kecuali:

A. Penomoran dokumen

B. Kategori dokumen

C. Ukuran dokumen

D. Urutan waktu dokumen

Jawaban C.

15. Untuk menilai efektivitas kerja, manajer perkantoran perlu?

A. Menghitung jumlah jam lembur

B. Menganalisis hasil kerja terhadap tujuan yang telah ditetapkan

C. Mengurangi biaya pelatihan

D. Meningkatkan anggaran pemasaran

Jawaban: B

16. Apa manfaat utama dari pengelolaan inventaris kantor yang efektif?

A. Mengurangi beban kerja karyawan

B. Menghindari kekurangan atau kelebihan persediaan

C. Meningkatkan kepuasan pelanggan

D. Mengurangi biaya pelatihan

Jawaban: B

17. Untuk melakukan pengendalian kualitas dalam pekerjaan administrasi, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah…

A. Membuat laporan akhir

B. Menetapkan standar kualitas

C. Melakukan pelatihan karyawan

D. Mengatur ulang jadwal kerja

Jawaban: B

18. Apa yang dimaksud dengan Administrasi Umum?

A. Pengelolaan keuangan perusahaan

B. Pengelolaan dokumen dan surat-menyurat

C. Pengorganisasian dan koordinasi aktivitas kantor

D. Pembuatan laporan keuangan

Jawaban: C

19. Dalam pengelolaan surat-menyurat, dokumen apa yang biasanya digunakan untuk mengkonfirmasi penerimaan surat resmi?

A. Nota Dinas

B. Laporan

C. Surat Balasan

D. Memo

Jawaban: C

20. Apa tujuan utama dari sistem pengarsipan dalam administrasi sekolah?

A. Mengurangi biaya operasional

B. Menyimpan dokumen secara aman dan teratur

C. Meningkatkan produktivitas karyawan

D. Mengurangi jumlah dokumen

Jawaban: B

21. Pada lembar kerja MS Excel apabila menekan tombol Ctrl+End maka akan pindah ke ....

a. Satu sel ke bawah

b. Posisi sel terakhir yang akan digunakan

c. Satu layar ke atas

d. Satu layer ke bawah

Jawaban B

22. Dana yang bersumber dari pendapatan tertentu APBN yang dialokasikan kepada daerah penghasil berdasarkan angka persentase tertentu dengan tujuan mengurangi ketimpangan kemampuan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah disebut dengan ....

a. Dana Alokasi

b. Dana Alokasi Umum

c. Dana Alokasi Khusus

d. Dana Bagi Hasil

Jawaban D

23. Dokumen yang menyangkut materi ukuran, tata letak, berat, sarana, prasarana dan lain sebagainya adalah...

a. Dokumen fisik

b. Dokumen aktif

c. Dokumen intelektual

d. Dokumen pasif

Jawaban A

24. Berikut ini adalah jenis dokumen berdasarkan pemakaiannya, kecuali...

a. Dokumen pribadi

b. Dokumen sejarah

c. Dokumen pemerintah

d. Dokumen biasa

Jawaban D

25. Kegiatan mencari, mengumpulkan, menyusun, menyelidiki, meneliti, dan mengelola serta memelihara dan menyiapkan dokumen baru sehingga lebih bermanfaat adalah pengertian dari...

a. Surat

b. Arsip

c. Dokumen

d. Dokumentasi

Jawaban D

Baca juga artikel terkait PPPK 2024 atau tulisan lainnya dari Sarah Rahma Agustin

tirto.id - Edusains
Kontributor: Sarah Rahma Agustin
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Yulaika Ramadhani