Urutan Menonton Film Fast and Furious, dari 2001 hingga 2021

Oleh: Sirojul Khafid - 21 September 2020
Dibaca Normal 3 menit
Berikut ini urutan menonton film Fast and Furious, dari 2001 hingga 2021.
tirto.id - Film yang telah memiliki banyak seri, tahun rilis film belum tentu sesuai dengan urutan cerita dalam film, salah satunya waralaba Fast and Furious. Antara urutan tahun rilis dan cerita dalam film merupakan hal yang berbeda.

Mungkin kita tetap bisa menikmati, namun tidak jarang terjadi kebingungan. Misal karakter ini telah meninggal di film yang rilis tahun sebelumnya, tapi kemudian muncul lagi di tahun berikutnya.

Dilansir dari Digitalspy dan Screenrant, berikut urutan cerita waralaba Fast and Furious.

The Fast and the Furious (2001)

Film pertama ini memperkenalkan empat karakter kunci yang akan menonjol sepanjang waralaba: Dominic Toretto, Letty, Mia Toretto, dan Brian O'Conner.

Dom dan Brian bermula dari saling bermusuhan. Kala itu Dom dan saudara perempuannya, Mia, memiliki usaha bengkel dan toko bahan makanan di Echo Park.

Sementara itu Dom dan Letty juga memiliki tim kecil. Mereka mencari uang dengan cara merampok. Brian merupakan petugas Los Angeles Police Department (LAPD) yang sedang menyamar.

Dia mencoba mendapatkan kepercayaan Dom agar dapat mengamatinya lebih dekat. Usaha itu dia lakukan untuk mengungkap kasus perampokan yang sering terjadi.

Turbo-Charged Prelude to 2 Fast 2 Furious (2003)

Turbo-Charged Prelude merupakan film pendek enam menit tentang Brian. Akan ada penjelasan kenapa dia berubah dari petugas LAPD menjadi penjahat. Fokus cerita pada kerjasama antara Brian dan Dom sebelum mereka pindah ke Miami.

2 Fast 2 Furious (2003)

Di film kali ini, Brian sudah menjadi mantan polisi serta tinggal dan bekerja di Miami. Saat itu, dia mendapat kabar dari mantan koleganya di LAPD, Bilkins, yang membutuhkan bantuan. Mereka ingin menangkap bandar narkoba lokal bernama Carter Verone.

Brian yang telah banyak belajar tentang perampokan dari Dom kemudian membentuk timnya sendiri. Salah satu anggota tim yaitu teman semasa kecil bernama Roman Pearce.

Ada pula Tej Parker, seorang pembalap jalanan yang ahli teknologi. Roman dan Tej kemudian menjadi bagian inti dari tim Fast and Furious.

Los Bandoleros (2009)

Los Bandoleros merupakan film pendek 20 menit yang berfokus pada Dom. Akan ada penggambaran kisah romansa Dom dan Letty.

Mereka kemudian menjadi pasangan dan menjadi salah satu penggerak di film waralaba ini.

Fast & Furious (2009)

Karakter Han mulai masuk melalui film Fast & Furious. Melihat bahwa dia masih hidup, waktu film ini bisa jadi sebelum Tokyo Drift.

Awal film ini Brian dan Dom masih terpisah, menjalani kehidupan kriminal masing-masing.

Suatu ketika, Dom dan krunya dari Republik Dominika berpisah, usaha untuk mengamankan diri dari serangan balasan lawan. Dom juga meninggalkan Letty. Sayangnya, setelah itu Dom mendapat kabar dari Mia bahwa Letty terbunuh.

Kabar ini membuat Dom menyelidiki kasus pembunuhan Letty, momen yang membuatnya kembali bertemu dengan Brian. Kala itu Brian bekerja untuk FBI dan sedang dalam penyelidikan kartel narkoba yang dipimpin oleh Arturo Braga.

Dom dan Brian menyusup ke operasi Braga dengan bekerja untuknya. Dalam proses itu, Dom akan mendapat informasi tentang pembunuh Letty.

Fast Five (2011)

Mia, Brian, dan anggota lainnya memulai petualangan dengan melepaskan Dom dari bus tahanan. Setelah itu, mereka terlibat dalam pencurian mobil milik Hernan Reyes yang merupakan sitaan pihak keamanan.

Ternyata di salah satu mobil terdapat chip yang berisi informasi tentang operasi dan kekayaan Reyes.

Kemudian tim memutuskan untuk merampok kekayaan Reyes. Pada film ini pula karakter Luke Hobbs yang merupakan pihak keamanan internasional mulai muncul.

Fast & Furious 6 (2013)

Kini tim Fast & Furious akan melawan Owen Shaw, seorang tentara bayaran yang bekerja atas nama Braga. Dahulu, Braga terpenjara karena ulah dari tim Fast & Furious.

Sesuatu yang mengejutkan, ternyata Letty masih hidup dan membantu Owen. Ada informasi bahwa Letty selamat dari kecelakaan namun dia hilang ingatan.

Hobbs yang sebelumnya merupakan lawan Dom dan kawan-kawan menawarkan kerjasama. Mereka akan bekerja sama untuk menghentikan Owen.

The Fast and the Furious: Tokyo Drift (2006)

Secara garis besar, Tokyo Drift bercerita tentang Sean Boswell, seorang remaja nakal Amerika yang pindah ke ke rumah orangtuanya di Tokyo.

Sean dengan cepat menemukan arena balap bawah tanah dengan juara lokal bernama Takashi.

Di arena balap ini pula dia bertemu dengan Han. Pada momen berikutnya, Han menjadi mentor dari Sean untuk menghadapi Takashi di pertandingan balap. Di akhir film terlihat kemunculan Deckard Shaw, saudara laki-laki Owen.

Dia merupakan pembunuh Han dalam sebuah kecelakaan. Deckard kemudian menelepon Dom bahwa Han telah meninggal.

Furious 7 (2015)

Film bermula saat Deckard menelepon Dom dan memberi tahu bahwa Han telah meninggal. Deckard akan membunuh Dom dan kawan-kawan lantaran mereka yang bertanggungjawab atas kematian Owen.

Dalam film ini pula terlihat bahwa Owen masih hidup, dia mendapat perawatan intensif di rumah sakit.

Deckard mengirim bom ke rumah Dom dan Hobbs. Dia juga mengirim bom ke orang-orang terdekat mereka. Dom dan kawan-kawan mendapat tawaran bantuan untuk menangkap Deckard dari Mr. Nobody.

Syaratnya, mereka harus menyelamatkan peretas Ramsey terlebih dahulu. Ramsey merupakan pencipta program bernama God's Eye, alat untuk melacak orang di manapun dia berada. Namun dalam upaya penyelamatan Ramsey, karakter Deckard justru turut hadir.

Pada masa produksi film ini, tepatnya tahun 2013, Paul Walker yang memerankan Brian meninggal dunia.

The Fate of the Furious (2017)

Setelah Brian dan Mia yang pensiun, Dom kembali liar. Dia mengkhianati keluarga dan timnya dengan bergabung bersama penjahat besar bernama Cipher.

Mr. Nobody minta bantuan Deckard dan Hobbs untuk melacak Dom serta mengalahkan Cipher.

Fast & Furious: Hobbs & Shaw (2019)

Pada film spin-off ini, Hobbs dan Shaw terpaksa bekerja sama untuk menjatuhkan orang jahat yang punya kekuatan dari genetik siber, Brixton (Idris Elba).

Mereka perlu mengambil sebuah benda yang bisa menjadi ancaman biologis bagi umat manusia.

Fast and Furious 9 (2021)

Setelah peristiwa The Fate of the Furious, Dom dan timnya harus menghadapi adiknya sendiri bernama Dominic Jakob.

Dia seorang pembunuh yang mematikan, yang bekerja dengan musuh lama Dom bernama Cipher.


Baca juga artikel terkait URUTAN MENONTON FAST AND FURIOUS atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight