Tradisi Perayaan Tahun Baru di Sejumlah Negara

Oleh: Yulaika Ramadhani - 31 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Perayaan tahun baru ini sudah ada sejak zaman bangsa Mesopotamia, tepatnya pada 2000 sebelum masehi
tirto.id - Pesta kembang api, beragam konser musik di sudut-sudut kota, serta sejumlah agenda malam tahun baru telah mulai digelar menyambut Tahun Baru 2019.

Perayaan tahun baru ini sudah ada sejak zaman bangsa Mesopotamia, tepatnya pada 2000 sebelum masehi dan dirayakan hingga saat ini dengan tradisi berbeda-beda di setiap negara. Mulai dari tradisi membunyikan lonceng 108 kali di Jepang sampai dengan tradisi memasang bawang di pintu-pintu rumah Yunani. Berikut beberapa tradisi perayaan tahun baru menarik di sejumlah negara:

Spanyol

Di Spanyol terdapat tradisi memakan 12 buah anggur - satu buah setiap kali jam tengah malam pada Malam Tahun Baru. Sebagaimana dilansir Worldsrides, setiap anggur mewakili keberuntungan untuk satu bulan di tahun mendatang. Semmentara itu, di kota-kota besar seperti Madrid dan Barcelona, ​​orang-orang berkumpul di lapangan utama untuk makan anggur bersama dan membagikan botol-botol cava.


Jepang

Orang Jepang memiliki sejumlah tradisi unik ketika datang ke perayaan Tahun Baru. Perayaan malam Tahun Baru di Jepang dikenal dengan istilah Omisoka. Sebagaimana dilansir Times of India tradisi Omisoka dilakukan dengan membunyikan lonceng di kuil-kuil Buddha persis 108 kali. Arti 108 adalah jumlah keinginan manusia, yang menjadi penyebab penderitaan dalam kepercayaan mereka. Dengan membunyikan lonceng sejumlah 108 kali, diharapkan dapat menghilangkan semua emosi negatif. Sementara itu, tempat terbaik di Jepang saat perayaan Omisoka adalah Kuil Zojoji di Tokyo.


Berlin

Saat Tahun Baru, Berlin punya tradisi unik yaitu lari maraton dengan membalikkan panekuk sepanjang jalan. Para pelari akan menggunakan busana mewah mengikuti rute yang telah ditetapkan, sekitar 15 kilometer di Grunewalk yang terkenal artistik di Berlin.

Dilansir Stuff, pada malam hari, sekitar satu juta orang akan berkumpul di sekitar Brandenburg Gate dan Victory Column untuk salah satu pesta jalanan terbesar di Eropa, menampilkan band dan DJ. Orang-orang akan berpesta hingga matahari terbit.

Filipina

Anda akan menemukan benda-benda berbentuk bundar di seluruh Filipina pada Malam Tahun Baru sebagai perwakilan koin untuk melambangkan kemakmuran di tahun mendatang. Selain itu, banyak keluarga memajang tumpukan buah di meja makan mereka. Beberapa di antaranya adalah 12 buah bulat (anggur menjadi yang paling umum).

Yunani

Bawang secara tradisional digantung di pintu depan rumah-rumah Yunani pada Tahun Baru. Bahkan di Yunani, bambang diartikan sebagai simbol kelahiran kembali di Tahun Baru. Pada Tahun Baru, biasanya orang tua membangunkan anak-anak mereka dengan mengetuk kepala mereka dengan bawang.


Baca juga artikel terkait PERAYAAN TAHUN BARU atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Gaya Hidup)


Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani