Top Skor Piala AFF U16 2019 Terbaru: Marselino Bisa Geser Freitas

Oleh: Beni Jo - 5 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Marselino Ferdinan, pemain andalan Timnas Indonesia U-15 bersaing ketat dengan Paulo Freitas (Timor Leste) untuk posisi puncak daftar top skor Piala AFF u-15 2019.
tirto.id - Pemain timnas Indonesia U-15 Marselino Ferdinan sudah mengoleksi lima gol di Piala AFF U-15 2019 hingga laga kelima pada Minggu (5/8/2019). Gelandang bernomor punggung 10 itu pun masih berpeluang untuk menduduki posisi puncak top skor turnamen yang hingga kini masih ditempati oleh Paulo Freitas (Timor Leste).

Memimpin daftar puncak top skor Piala AFF U-15 2019, Paulo Freitas mengoleksi tujuh gol. Namun, raihan pemain asal Timor Leste itu tidak mungkin bertambah mengingat negaranya sudah tersingkir di babak penyisihan grup. Timor Leste hanya ada di urutan ketiga Grup A, di bawah Indonesia dan Vietnam.

Sebaliknya, Marselino Ferdinan yang menempati posisi runner-up dengan lima gol, berpeluang menambah perbendaharaannya. Setidaknya, Marselino punya dua laga untuk menyalip catatan Freitas.

Indonesia akan bermain di semifinal Piala AFF U15 2019, menghadapi runner-up Grup B. Andai menang, mereka akan bertanding lagi di parta final. Andaipun kalah, Garuda Asia tetap akan memiliki satu laga tambahan, yaitu perebutan tempat ketiga.

Jika dilihat dari rincian gol sepanjang Piala AFF tahun ini, Marcelino sangat konsisten. Adik kandung pemain sayap Persebaya Oktafianus Fernando ini selalu mencetak gol di lima pertandingan fase grup.

Di posisi ketiga daftar top skor Piala AFF U-15 2019, terdapat dua pemain yang sama-sama mengoleksi empat gol. Mereka adalah Alexandro Kefi (Timor Leste) dan Cai Van Quiy (Vietnam).

Kefi tidak akan bisa menambah golnya dengan tersingkirnya Timor Leste. Sementara Cai Van Quiy masih berpeluang untuk kembali mencetak gol mengingat Vietnam juga lolos semifinal.

Sementara itu, tidak hanya Marselino yang masuk bursa perebutan top skor Piala AFF U-15 tahun ini. Ada Mochammad Faizal Shaifullah yang menorehkan catatan tiga gol. Dua laga yang tersisa bagi Indonesia jadi kesempatan menunjukkan ketajaman di depan gawang lawan.

Hingga pertandingan yang digelar pada Minggu (4/8/2019), Piala AFF U-15 2019 telah menghasilkan 91 gol yang dicetak dalam 27 pertandingan. Dengan demikian, rata-rata tercipta 3,37 gol di tiap laga.

Tim yang paling produktif sejauh ini adalah Indonesia dan Timor Leste yang melesakkan 15 gol di lima laga. Sementara Malaysia dan Thaliand menciptakan masing-masing 14 gol dalam empat penampilan.



Berikut Daftar Top Skor Piala AFF U-15 2019 hingga Laga Minggu (4/8).

Nama Negara Jumlah Gol
Paulo Freitas Timor Leste 7 Gol
Marselino Ferdinan Indonesia 5 Gol
Alexandro Kefi Timor Leste 4 Gol
Cai Van Quiy Vietnam 4 Gol

Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-15 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Beni Jo

DarkLight