Tips Mengenalkan Angka pada Anak: Waktu dan Cara yang Tepat

Oleh: Endah Murniaseh - 15 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini tips mengenalkan angka pada anak, waktu serta cara yang tepat.
tirto.id - Masa kanak-kanak yang menyenangkan tidak hanya bisa diisi dengan bermain, namun bisa juga untuk memulai proses pembelajaran yang sederhana.

Mengenalkan angka merupakan salah satu pembelajaran dasar yang sederhana namun akan memudahkan anak saat akan masuk sekolah nantinya.

Dilansir dari laman Parenting Science mengenalkan angka pada anak tentu tidak mudah, namun orang tua dapat memulainya dengan hal yang kecil dan menyenangkan.

Selain itu, sikap sabar juga diperlukan agar anak tidak merasa tertekan saat belajar. Judith A.Hudson, seorang psikolog dari Rutgers University menyampaikan bahwa proses mengenalkan angka kepada anak dapat dimulai saat anak berusia 12 bulan.

Berikut adalah cara mengenalkan angka yang mudah kepada anak yang dilansir dari Foundation Education.

1. Membuat karya berbentuk angka

Agar lebih mudah untuk membuat anak memikirkan tentang angka, cobalah untuk mengajak anak membuat sebuah karya yang berbentuk angka.

Melukis merupakan salah satu cara untuk anak dapat mengetahui bentuk, cara menggambar serta mewarnai angka tersebut.

Meskipun hal ini tidak membuat anak akan hafal semua angka. Orang tua dapat meminta anak untuk mengulangi penyebutan angka, hingga akhirnya anak dapat hafal dengan angka yang mereka lukis.

2. Menghubungkan titik-titik

Teknik menyambungkan titik merupakan cara yang sudah lama digunakan. Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk orang tua menggunakan cara ini.

Selain sederhana, cara ini bagus untuk mengajarkan angka pada anak. Orang tua dapat membuat tiga titik hingga sepuluh titik, mintalah anak untuk menyambungkan titik tersebut.

Orang tua dapat menambahkan jumlah titik serta bentuk dari titik tersebut seiring dengan perkembangan kemampuan anak.

3. Merapikan barang sambil berhitung

Jika anak memiliki mainan yang selalu berantakan setelah mereka menggunakannya. Cobalah untuk meminta mereka merapikan mainannya dan menghitung jumlah barang tersebut dengan suara keras.

Berilah respons untuk setiap hitungan yang anak lakukan, seiring bertambahnya kemampuan menghitungnya lihatlah berapa banyak mainan yang dapat mereka hitung dengan benar. Kegiatan ini dapat menjadi aktivitas bermain, bersih-bersih dan belajar.

4. Mengenalkan angka yang anak lihat

Aktivitas mengenalkan angka pada anak tidak hanya bisa dilakukan di rumah. Proses belajar yang sederhana dapat dilakukan dengan mengenalkan angka atau jumlah benda yang anak lihat.

Misalkan, saat berada di jalan, cobalah untuk meminta anak menghitung jumlah kendaraan yang Ia lihat. Dengan begitu, proses belajarnya tidak akan membosankan.

5. Bernyanyi

Anak-anak akan menyukai nyanyian, cobalah untuk mengajak anak bernyanyi dengan lirik angka.

Hal ini akan memudahkan anak untuk menghafal jumlah angka. Jika Anda tidak mengetahui lagu tersebut, cobalah untuk mencari referensi di internet.

6. Menggambar sesuai jumlah angka

Mintalah anak untuk menggambar benda sesuai dengan jumlah yang telah Anda tentukan. Selain tidak membosankan, teknik belajar ini juga akan membuat anak lebih kreatif karena dapat menggambarkan benda yang anak sedang pikirkan.


Baca juga artikel terkait ANAK BELAJAR ANGKA atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight