Tiga Parpol KIB Daftar Bareng ke KPU Hari Ini Demi Pamer Kesolidan

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 10 Agu 2022 10:57 WIB
Para elite parpol KIB mulai dari ketua umum, bendahara umum, hingga sekjen akan ikut mendaftarkan sebagai peserta Pemilu 2024 ke Gedung KPU.
tirto.id - Tiga partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mendaftar menjadi peserta Pemilu 2024. Tiga partai politik itu yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Golkar hari ini, Rabu (10/8/2022) akan bersama-sama mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kami akan mendaftar ke KPU secara bersama-sama sebagai bentuk unjuk kesolidan dari KIB," kata Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto di Gedung DPR pada Selasa (9/8/2022) kemarin.

Proses pendaftaran akan dilakukan ada pukul 10.00 WIB. Yandri menjawab ada makna yang terkandung di balik waktu proses pendaftaran tersebut.

"Kami mendaftar secara bersamaan pada pukul 10.00 tanggal 10, dan semoga menjadi tanggal dan waktu baik bagi kami," jelasnya.

Walaupun mendaftar bersama-sama di KPU dan menunjukkan aksi solid kebersamaan mereka. Namun KIB belum mau mengungkapkan kandidat calon presiden yang mereka usung.

"PAN memiliki mekanisme dalam proses menjadikan capres, selain itu juga harus koordinasi dengan KIB selaku koalisi," ujarnya.

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani menambahkan bahwa nantinya dalam proses pendaftaran akan ada elite dari masing-masing partai yang ikut ke KPU.

"Nanti semua unsur KIB dari ketua umum, bendahara umum hingga Sekjen akan hadir semua dari masing-masing partai," terangnya.

Proses pendaftaran akan seperti parpol lainnya dimeriahkan dengan sejumlah parade dan atraksi. Adapun urutannya akan dimulai dari PAN lalu dilanjutkan Golkar dan diakhiri PPP.


Baca juga artikel terkait PENDAFTARAN PARTAI POLITIK atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight